Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Gitar adalah salah satu alat musik yang banyak banget orang punya. Gitar juga jadi salah satu alat musik yang ada di tongkrongan karena mudah dibawa dan bisa digunakan untuk memainkan berbagai lagu. Main gitar dan nyanyi bareng temen-temen di tongkrongan pasti seru banget. Selain dimainkan bareng temen, gitar juga seru dimainkan sendirian di kamar atau rumah. Nggak heran banyak orang yang mau belajar bermain gitar. Apakah lo salah satunya? Kalau iya, lo ada di artikel yang tepat! Kali ini, SuperMusic bakal ngasih lo cara belajar memainkan gitar buat pemula. Yuk, simak tipsnya!

Cara memainkan gitar untuk pemula:

Berikut adalah 8 cara memainkan alat musik gitar untuk pemula, simak ya!

  1. Pahami bagian-bagian gitar

Pertama, lo perlu belajar memahami bagian-bagian gitar seperti:

  • Neck (leher gitar): tempat lo menempatkan jari-jari untuk menekan senar.

  • Fret (bundaran): ini adalah batas antara dua kotak di leher gitar, digunakan untuk mengubah nada dengan menekan senar.

  • Body (badan gitar): bagian besar yang menghasilkan suara pas senar dipetik.

Mengetahui fungsi dan peran setiap bagian gitar ngebantu lo lebih mudah beradaptasi dan tahu cara gitar berfungsi. Pemahaman ini juga ngebantu lo buat ngerawat dan menyetel gitar agar tetap dalam kondisi yang baik.

  1. Pelajari nama senar dan chord dasar

Selanjutnya adalah pelajari nama senar dan chord dasar. Misalnya, EADGBE adalah urutan senar dari atas ke bawah. Jangan lupa buat mulai dari chord yang relatif mudah untuk pemula seperti Em, C, G, dan D. Agar makin lancar, lakukan latihan perpindahan dari satu chord ke chord lainnya.

Belajar senar dan chord dasar adalah langkah penting sebelum bermain gitar karena bantu ngebentuk dasar pemahaman yang krusial buat pemula. Ini juga ngebantu lo buat paham struktur lagu dan memainkan berbagai melodi nantinya.

  1. Mulai dengan teknik dasar petik dan strumming

Next, lo bisa mulai belajar teknik dasar petik dan strumming. Kedua teknik ini ngebentuk dasar dinamika dan ritme musikal. Teknik petik memungkinkan penonjolan melodi sementara strumming ngasih dasar ritme yang kuat. Teknik petik dan strumming membantu menciptakan ritme dalam bermain gitar, yang penting untuk memainkan lagu dengan baik.

  1. Latihan pergantian chord

Latihan pergantian chord juga penting dalam perjalanan belajar bermain gitar. Pergantian chord ini mencakup transisi dari satu formasi chord ke formasi chord lainnya dengan mulus. Latihan ini juga mengembangkan kecekatan jari, memori otot, dan koordinasi tangan yang dibutuhin banget dalam bermain gitar.

Kemampuan buat melakukan pergantian chord dengan lancar ini memastikan permainan gitar tetap terdengar mulus dan tidak terputus-putus saat memainkan lagu. Latihan konsisten bisa bantu lo buat lebih akrab dengan berbagai chord dan ningkatin kemampuan dalam menghadapi transisi chord yang lebih sulit.

  1. Gunakan metronome untuk latihan

Metronome adalah alat yang bantu ngejaga ritme dan kecepatan bermain dengan ngasih ketukan yang teratur. Dengan menggunakan metronome, lo bisa ngembangin keterampilan ritme dan memastikan konsistensi dalam tempo.

Latihan dengan metronome ngebantu ningkatin presisi dalam penekanan not dan ketepatan waktu, yang jadi aspek penting dalam bermain gitar. Nggak hanya itu, metronome juga bantu lo buat mengukur kemajuan dari waktu ke waktu. Ini nggak hanya memperbaiki ritme tapi juga ngebentuk fondasi yang kuat buat permainan gitar yang lebih mulus dan terstruktur.

  1. Pelajari lagu sederhana

Buat ngebiasain tangan dan bikin permainan lo lebih lancar, lo bisa latihan dengan mempelajari chord lagu sederhana. Lagu-lagu dengan struktur yang mudah bantu lo buat fokus ke pengembangan pergantian chord.

Selain itu, lo bisa mengenali pola chord umum, membangun keterampilan mendengarkan, dan memotivasi diri dengan berhasil memainkan lagu-lagu yang sederhana. Ini ngasih pengalaman nyata dalam bermain musik dan mempersiapkan lo buat ngembangin keahlian secara bertahap.

  1. Berlatih dengan konsistensi dan kesabaran

Kunci biar jago main gitar adalah belajar dan latihan dengan konsisten. Coba siapin waktu harian buat latihan main gitar, nggak usah terlalu keras sama diri sendiri. Jadi lo bisa belajar main gitar dengan santai dan nggak ngerasa tertekan.

Latihan yang rutin bantu lo nguasain chord dan teknik bermain gitar. Meskipun pelan, tapi pasti lama-lama lo bisa jago main gitarnya!

  1. Perhatikan postur tubuh saat bermain

Selain belajar soal chord dasar dan teknik-teknik dasar gitar, lo juga perlu memperhatikan teknik pernapasan dan postur tubuh pas bermain. Pernapasan yang teratur bantu menjaga konsentrasi dan ketenangan saat bermain, sementara postur tubuh yang baik mencegah kelelahan dan cedera.

Hal ini sering dilupain, tapi penting banget buat pengalaman bermain yang lebih baik. Pemula disarankan buat duduk atau berdiri dengan nyaman, memastikan bahu dan punggung tetap lurus. Memahami dan menghargai peran pernapasan dan postur tubuh ini sejak awal akan membantu pembelajaran gitar menjadi lebih efektif dan menyenangkan, sambil menjaga kesehatan dan kenyamanan fisik dalam jangka panjang.

Ingat ya, belajar memainkan gitar adalah perjalanan yang berkelanjutan. Semoga 8 cara di atas bisa lo terapin dan bermanfaat ya. Semangat belajar main gitarnya! Baca tips menarik lainnya soal dunia musik hanya di SuperMusic!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

# belajar gitar pemula #kunci gitar pemula #Gitaris Pemula

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Mea Shahira Kembali Hadirkan Karya Baru Lewat Single Come ‘n Find Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

BLEKI Lepas Single Terbaru Berjudul Percaya Akan Bersinar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RADWIMPS Umumkan Konser di Jakarta bulan Mei 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Stereocloud Rilis Karya Terbarunya yang Berjudul Validasi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

The Soegenk Rilis Single Terbaru Bertajuk Rela

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gisela Sabrina Keluarkan Single Terbarunya Berjudul Telusuri

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sungkeh dan Soome Lepas Single Berjudul Fairy Tale

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Glory of Love Rilis Ulang Single “Rasa Ini (tak) Ada Lagi”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hongjoin Rilis Single Terbaru yang Bertajuk Enough For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rasyiqa Lepas Single Terbaru yang Berjudul Two Shades of Blue

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /