Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 05/09/2023

Article Category : News

Buat lo yang hobi dan sangat dekat dengan musik, alat musik gitar tentunya sangat nggak asing untuk menciptakan instrumen pada musik dengan berbagai susunan nada. Gitar dimainkan dengan memetik 6 senar dengan tingkat kesulitan kunci yang berbeda-beda, meskipun kunci dasar hanya berupa kunci A sampai G. 

 

Bagi pemula yang tertarik untuk belajar memainkan alat musik gitar, selain bikin lo makin keren, ternyata ada banyak manfaat dari mempelajari dan memperkuat skill bermain gitar. Apa saja sih?

 

a. Lo semakin terpacu untuk bisa memainkan berbagai kunci, yang artinya dapat membentuk rasa disiplin dalam belajar apapun.

b. Mungkin lo baru mahir dalam bermain kunci dasar, tetapi lo berusaha untuk terus mencoba memainkan beberapa nada menjadi sebuah lagu. Artinya, lo sedang memperdalam kreativitas dalam bermusik.

c. Kemampuan kognitif, analitik, motorik, dan logika lo juga ikut terasah, karena bermain akor dalam gitar memiliki tingkat kesulitan yang beragam, kemudian lo terus memacu diri untuk mempelajarinya.

d. Bermain gitar bisa menjadi peluang lo untuk menambah relasi dan pengetahuan akan lagu, genre, dan grup musik.

e. Dengan bermain gitar, lo punya kesenangan sendiri karena bisa menciptakan atau memainkan berbagai lagu.

 

Nggak cuma itu saja, guys. Percaya nggak, kalau lo makin lihai memetik gitar, lo jadi semakin keren kayak George Harrison atau Eric Clapton?

 

Cara memilih gitar yang bagus untuk pemula

 

 

Untuk lo yang tertarik dalam mempelajari alat musik gitar, lo bisa memiliki gitar terlebih dulu agar dapat bereksperimen dengan berbagai nada dari beragam kunci. 

 

Ternyata, memilih gitar yang bagus buat lo yang baru ingin belajar bermain gitar perlu memperhatikan beberapa hal, nih.

 

1. Pilih gitar yang berkualitas

 

Alat musik gitar bisa menjadi investasi hingga beberapa puluh tahun. Untuk itu, pilih gitar yang berkualitas, kokoh, dan tahan lama. Lo bisa juga mencari referensi gitar berkualitas baik dari teman, tokoh gitaris kesukaan, sampai melihat review di internet. 

 

2. Pilih jenis gitar sesuai kebutuhan

 

Bukan cuma kualitas yang dilihat, tetapi lo wajib tahu gitar apa yang sedang lo butuhkan. Misalnya, lo baru mulai ingin belajar gitar dan mempelajari kunci dasar, gitar klasik bisa lo pilih. 

 

Gitar sendiri umumnya ada 3 jenis: Gitar klasik, gitar akustik, dan gitar listrik. 

 

Gitar akustik dan gitar listrik kurang cocok untuk pemula karena jenis senar yang berbeda. Kemudian, kedua gitar ini juga dibutuhkan untuk pendukung genre musik tertentu, misalnya rock, blues, pop, jazz. 

 

3. Perhatikan jenis kayu gitar

 

Selain kokoh dan kekuatan gitar hingga bertahun-tahun, kayu pada gitar bagian atas ternyata memberi pengaruh pada suara. Jenis kayu yang menghasilkan suara jernih misalnya kayu spruce dan kayu cedar. 

 

4. Sesuaikan dengan budget

 

Gitar klasik yang cocok bagi pemula punya harga dan kualitas yang bervariasi, bergantung pada merk yang lo percayakan. Tentunya, harga gitar dari setiap merk juga berbeda. Makanya, lo perlu banget untuk menyesuaikan budget untuk membeli gitar sesuai kebutuhan. 

 

Kalau lo baru mulai belajar gitar, gitar klasik dengan rentang harga Rp. 500.000 - 1.000.000 juga sudah cukup untuk latihan mengenal kunci dan memainkan berbagai lagu. 

 

Apabila lo baru mulai belajar gitar, tapi ingin model gitar yang sederhana dan mudah dibawa kemanapun, lo bisa coba siapkan anggaran untuk membeli guitalele. Ukurannya seperti ukulele, tapi tetap memiliki 6 senar. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 600.000.

 

5. Cek fisik gitar

 

Setelah memiliki budget yang cukup, lo bisa mengunjungi toko musik untuk cek fisik gitar yang lo ingin miliki. Apa saja sih yang harus lo ketahui dari fisik gitar yang berkualitas bagus? 

 

Perhatikan kualitas kayu gitar, jarak senar, fret, ketebalan leher gitar, sampai goresan atau keretakan pada bagian gitar. 

 

Boleh banget jika lo ingin menguji kualitas gitar dengan mencoba memetik atau memainkan setiap gitar yang ada di toko.

 

6. Banyak bertanya

 

Jika lo belum yakin dengan pilihan gitar yang ada di toko musik, lo bisa banyak bertanya dengan teman yang mengerti tentang gitar, komunitas, atau di forum online sering membahas tentang musik. 

 

Dari sana, lo bisa mendapat banyak rekomendasi, referensi, dan saran dari banyak teman yang memang lebih mengerti gitar yang bagus untuk pemula. Mereka juga tidak segan untuk memberikan tips membeli gitar yang bagus dan berkualitas. 

 

7. Pertimbangkan untuk beli aksesoris tambahan

 

Buat pemula yang ingin memaksimalkan permainan gitar, pasti jadi makin kepengen untuk punya segala aksesoris gitar. Misalnya, pick gitar atau plektrum, strap untuk mengalungkan gitar, capo, sampai tuner. 

 

Tapi, lo jangan terlalu gegabah untuk segera mempunyai semua aksesoris gitar. Pertimbangkan budget yang lo punya saat ini dan kemampuan bermain gitar. 

 

Nah, itu tadi tips dan cara memilih gitar yang bagus untuk pemula yang baru terjun ke dalam alat musik gitar. Jadi, cara memilih gitar yang bagus itu mudah, tetapi kembali lagi kepada kualitas gitar serta anggaran yang lo punya untuk membeli gitar tersebut. 

 

Kemudian, setelah lo memilih gitar yang bagus dan menjadi dambaan lo sejak lama, jangan lupa untuk perhatikan cara perawatan gitar agar tetap kokoh dan tahan lama hingga menginjak usia puluhan tahun, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Musik #Gitar

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Grup Band .FEAST Merilis Official Music Video Lagu “POLITRIK”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

NERIAH Buka Era Baru Lewat Single "First Time"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arash Buana Memantapkan Pesan Album Kedua Lewat Perilisan Single “Take Me Home”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

The Lofty Rilis Single Perdana Berjudul "Tanda Tanya"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

T-Five Remake Lagu Hits "You" Milik Ten2Five

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ten2Five Hadirkan Versi Baru dari Lagu "Kau" Milik T-Five

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

LØLØ Rilis Album Perdana 'falling for robots & wishing i was one'

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Balik ke Eropa, Burgerkill Gelar Euro Rampage Tour

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Danesa Lepas Maxi Single Bertajuk Years to Keep dan About Time

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pluviophile Single Terbaru Bertajuk L.E.S

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /