Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 22/02/2024

Article Category : News

Dibalik penampilan artis atau penyanyi yang memukau, terdapat permintaan yang jarang terungkap dari kehidupan para bintang, yaitu riders. Sebelum tampil pada sebuah panggung atau acara, biasanya artis atau penyanyi memiliki permintaan khusus mulai dari fasilitas, makanan, minuman, larangan, dan hal lainnya. Permintaan ini harus dipenuhi oleh pihak yang mengundang atau menyelenggarakan acara. Apa sih riders itu? Simak penjelasan ini beserta daftar 7 riders artis Indonesia yang unik banget!

Apa itu riders?

Dalam dunia musik, riders adalah permintaan khusus atau persyaratan tertentu yang diajukan oleh band atau artis sebelum mereka setuju untuk tampil di suatu acara atau konser. Riders ini bisa mencakup permintaan spesifik seperti jenis makanan atau minuman yang harus disediakan, ruang ganti, persyaratan teknis untuk menggung, peralatan audio, transportasi, dan permintaan khusus lainnya.

Riders artis atau band biasanya berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan preferensi artis atau band yang lo undang. Ada artis yang ridersnya unik dan ribet banget, tapi ada juga artis atau band yang ridersnya simple banget.

Kenapa sih artis butuh riders? Artis atau band meminta riders untuk memastikan kenyamanan, kesehatan, dan kebutuhan pribadi mereka terpenuhi sebelum tampil di atas panggung. Dengan memenuhi riders ini, artis atau band bisa fokus dan ngasih penampilan yang maksimal buat penonton.

7 Riders artis Indonesia yang unik

Setelah tahu apa itu riders band atau artis, yuk intip 7 contoh riders artis Indonesia yang paling beda:

  1. Yura Yunita

Image source: antaranews.com

 

Yura Yunita terkenal karena lirik lagu-lagunya yang sarat makna dan suara yang khas. Baru-baru ini, Yura Yunita sempat membagikan ridersnya sebelum manggung lewat TikTok pribadinya. Permintaan Yura sebelum manggung cukup simple tapi unik, lho. Yura minta panitia acara yang mengundangnya untuk menyediakan kencur.

Sebelum tampil, Yura Yunita akan memakan potongan kencur yang sudah dikupas dan dibersihkan. Buat Yura Yunita, mengunyah kencur ngasih rasa lega ke tenggorokannya dan bisa bikin dia narik nafas lebih dalam. Unik banget, kan?

  1. Tulus

Image source:situstulus.com

Tulus, pelantun lagu Hati-Hati di Jalan ini juga memiliki riders yang unik tapi sederhana. Ketika diundang untuk tampil di luar kota Jakarta, Tulus meminta disediakan makanan khas tiap daerah yang ia kunjungi. Tapi, Tulus tidak mau ada makanan yang mengandung kambing atau udang. Tim manajemen Tulus juga mengungkapkan bahwa nggak ada makanan cepat saji yang boleh disajikan untuk Tulus.

  1. Sheila on 7

Sheila On 7 dikenal dengan riders yang sederhana, tapi penting dan unik. Dalam ridersnya, Duta dan timnya memprioritaskan keamanan dengan meminta tenaga medis, pemadam kebakaran, dan mobil ambulans. Ini semua penting untuk memastikan keselamatan personel dan penonton. Mereka juga meminta adanya fasilitas laundry yang bisa memberi layanan same day.

Terkait makanan, tim manajemen Sheila On 7 meminta disiapkan uang makan sebesar Rp150.000 ribu per hari untuk 6 orang dan Rp100.000 untuk keperluan kru dan rombongan sebanyak 11 orang. Cukup unik dan detail, tapi nggak ribet kan Superfriends?

  1. Denny Caknan

Image source: epape.mediaindonesia.com

Denny Caknan adalah seorang penyanyi dangdut yang lagi naik daun juga punya riders yang unik. Meskipun ia seorang perokok, permintaannya nggak terlalu banyak dan ribet kok. Denny meminta dua bungkus Esse Change Juice, dua bungkus Gudang Garam Surya 12, dan satu bungkus LA Bold 20, dua bungkus Sampoerna Mild, dan satu bungkus Marlboro Ice Blast. Selain beberapa jenis rokok di atas, Denny juga meminta disediakan wedang jahe panas dalam termos.

  1. Ghea Indrawari

Image source: tagar.id

Ghea Indrawari, salah satu penyanyi jebolan Indonesian Idol ini punya riders yang cukup unik. Salah satu camilan favorit Ghea harus ada setiap kali ia tampil yaitu Chiki Balls rasa coklat. Selain itu, Ghea juga meminta air mineral dengan merk tertentu dan spesifik karena tenggorokannya cukup sensitif. Ghea juga meminta satu camilan lagi yaitu Pocky Jepang.

Permintaan Ghea akan snack Jepang ini sempat jadi sorotan karena dianggap merepotkan. Tapi, Ghea menjelaskan kalau jajanan Jepang itu nggak ada, boleh kok diganti dengan merk yang sama dari Indonesia.

  1. Gigi

Image source: hot.detik.com

GIGI punya riders yang cukup detail terutama di peralatan musik yang akan digunakan dalam pertunjukan. Ketika akan tampil, GIGI akan membawa rombongan 15 orang, oleh karena itu mereka meminta tiket penerbangan PP untuk 15 orang dengan maskapai Garuda Indonesia (4 business class dan 11 economy class). 1 mobil box untuk membawa peralatan GIGI, 4 mobil Kijang Innova atau sejenisnya untuk membawa blower AC plus driver selama di kota pertunjukan. 6 kamar King-Bed non smoking, 5 kamar twin bed smoking dengan minimal hotel bintang 4.

Untuk uang makan atau konsumsi, GIGI juga menetapkan budget yang berbeda untuk acara di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa untuk semua rombongan.

  1. Tri Suaka

Image source: celebrity.okezone.com

Terakhir adalah riders dari Tri Suaka yang sempat ramai karena riders yang menghebohkan. Apa sih ridersnya? Tri Suaka meminta tiket pesawat PP untuk 8 orang, protokol bandara dan dijemput dari bandara ke hotel. Mereka juga meminta hotel bintang 4 atau 5 dengan kamar twin bed dan suite room. Untuk konsumsi, Tri Suaka meminta meal bandara sebesar Rp300.000 dan meal di lokasi per hari sebesar Rp 300.000.

Ada beberapa minuman dan camilan yang harus ada seperti air mineral 600ml 5 botol, 1 slop rokok dengan merk tertentu, 5 minuman vitamin, 5 susu, buah kelengkeng, buah apel, cokelat, snack, tisu wajah, tisu basah, pijat refleksi, dan gitar akustik.

Gimana menurut lo? Di antara 7 artis atau penyanyi di atas, mana sih yang ridersnya paling unik dan ribet? Coba share di kolom komentar atau sebutin artis lain yang ridersnya lebih ribet ya!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Musik Indonesia #Konser Musik

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Pamungkas Rilis Single “Putus” yang Lahir dari Rasa Khawatir dalam Hubungan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hal Merilis "Bagaimana Bisa Seseorang" Kisah Cinta yang Tak Terjangkau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Majesty Lepas Karya Baru Lewat Single "I Know"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

NERIAH Bahas Cinta Musim Panas di Single "Driving Weather"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Destroy Boys Rilis Lagu dan Video Klip ala Film Horror untuk "Should've Been Me"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kalamesa Lepas Single Baru Berjudul 5%

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bareng Gulf of Meru, Reruntuh Rilis EP Kolaborasi Bertajuk Jenjam

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ben Böhmer dan Lykke Li Kolaborasi di Single "Hiding"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zealous Lepas Karya Baru dalam Bentuk Single Berjudul Toxic

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Beranda Rumah x Mr. and Mrs. Muffins Lepas Single Kolaborasi, “Forkman In the Soup World"

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /