Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 06/09/2023

Article Category : News

Peralatan musik atau gear music, punya peran penting buat ngasilin suara yang memukau dan musikalitas yang menginspirasi. Merawat gear music jadi kunci buat ngejaga kinerja optimal dan umur panjang peralatan kerja lo. Dari gitar elektrik sampai keyboard elektronik, semua peralatan butuh perhatian khusus biar tetap dalam kondisi prima. 

 

Contoh gear music misalnya keyboard elektronik, synthesizer, drum machine, gitar elektrik, perangkat audio seperti mixer dan pengeras suara, perangkat lunak produksi musik seperti Digital Audio Workstation (DAW), dan lain sebagainya.

 

Gear music penting karena berperan ngasilin dan ningkatin kualitas musik yang dihasilkan oleh musisi, produser, dan seniman musik. Nah, gimana cara merawat gear music agar awet? Ini tips yang bisa lo cobain!

1. Disimpan dengan tepat

 

Menyimpan gear music di lingkungan yang sesuai adalah hal penting untuk mencegah kerusakan karena perubahan suhu dan kelembaban yang ekstrem. Hindari tempat yang terpapar langsung sinar matahari atau suhu panas yang berlebihan. Ruangan yang lembab juga harus dihindari, karena kelembaban bisa merusak komponen elektronik. Pilih tempat yang stabil dalam suhu dan kelembaban, sehingga peralatan tetap aman dan stabil.

 

Ini ada beberapa tips buat nyimpen gear music lo:

  • Pilih lokasi yang kering, bebas dari kelembaban, dan terhindar dari paparan langsung sinar matahari.
  • Hindari tempat yang memiliki perubahan suhu ekstrem, seperti dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung atau dekat peralatan pemanas atau pendingin udara.
  • Simpan gear music terpisah dari sumber potensi kerusakan seperti cairan, makanan, atau barang-barang berat yang dapat jatuh dan merusak peralatan.
  • Gunakan kotak penyimpanan atau tas pelindung yang dirancang khusus untuk peralatan musik.
  • Hindari menumpuk barang di atasnya.
  • Simpan kabel dan aksesori dengan rapi bersama peralatan yang sesuai untuk memastikan semuanya tersedia saat diperlukan.

 

2. Pembersihan rutin

 

Membersihkan gear music secara rutin juga bisa ngejaga gear music tetap awet. Bersihkan gear music dengan kain microfiber atau kuas yang lembut. Hindari pakai bahan kimia keras yang bisa ngerusak permukaan atau komponen elektronik, ya. 

 

Seberapa sering gear music harus dibersihkan? Ini tergantung seberapa sering lo menggunakannya, lingkungan penyimpanan, dan jenis alat yang lo punya. Bisa dibersihkan setiap selesai dipakai, dibersihkan tiap seminggu atau dua minggu sekali, sebulan sekali, atau deep cleaning secara berkala.

Pastikan untuk selalu merujuk pada panduan pengguna dari produsen peralatan. Beberapa gear music mungkin punya petunjuk khusus tentang cara pembersihan dan perawatan yang perlu diikuti. Kalau lo ngerasa nggak yakin tentang gimana cara membersihkan gear music, lebih baik berkonsultasi sama teknisi atau ahli yang berpengalaman dalam perawatan gear music.

3. Perlindungan dari debu

 

Debu dan kotoran bisa ngerusak komponen internal gear music. Untuk itu, jangan lupa pakai penutup pelindung yang sesuai buat melindungi gear music dari akumulasi debu dan kotoran saat peralatan musik nggak digunakan. Penutup ini bakal bantu menjaga peralatan tetap bersih dan bebas dari masalah yang diakibatkan oleh debu.

4. Service rutin