Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 23/02/2024

Article Category : News

Superfriends yang menggemari musik indie Indonesia, tentu udah nggak asing lagi sama kehadiran beberapa band indie yang mencuri perhatian. Dari panggung lokal sampai internasional, band-band indie Indonesia udah ngebawa warna dan semangat yang unik dalam dunia musik. Nah, kali ini kita bakal ngebahas 5 band indie Indonesia tahun 2000an yang punya lagu-lagu unik dan nyentrik. Yuk, simak!

1. SORE

Image source: cnnindonesia,com 

Band indie Indonesia yang pertama adalah SORE atau dikenal juga sebagai Sore Ze Band, band ini terbentuk sejak tahun 2002 di Jakarta. Mereka dikenal dengan gaya musik yang eksperimental dan lirik-lirik yang puitis. SORE sering ngegabungin berbagai genre musik seperti folk, jazz, blues, dan rock dalam karya-karya mereka, nyiptain suara yang unik dan sulit untuk digolongkan ke dalam satu genre tertentu.

Beberapa lagu terkenal mereka termasuk "Biarlah", "Somewhere Over The Rainbow", dan "Ssst...". Mereka udah ngerilis beberapa album yaitu album debut mereka Centralismo (2005), Ports of Lima (2008), Los Skut Leboys (2015), dan album terbaru mereka Quo Vadis, Sore? (2023). Selain empat album tersebut, SORE juga merilis mini album berjudul Sombreros Kiddos (2010) dan Mevrouw (2019).

Lagu “Biarlah” menjadi salah satu lagu SORE yang populer. Ini karena mereka menggabungkan elemen-elemen indie, jazz, dan folk serta melodi yang khas yang memikat pendengar dengan suasana yang beda. Selain itu, lirik lagu “Biarlah” juga puitis dan bermakna dalam. Satu lagi keunikan dari SORE adalah, semua anggotanya bermain musik dengan tangan kiri alias kidal semua. Unik, kan?

2. The Upstairs

Image source: antaranews.com

Band indie yang kedua adalah The Upstairs, mereka adalah band indie yang udah aktif sejak awal tahun 2000an dan terbentuk di Jakarta. Mereka terkenal dengan gaya musik yang ceria, energik, dan catchy. Melodi-melodi yang gampang diingat dan lirik-lirik yang ngegambarin kehidupan urban sering jadi ciri khas dari lagu-lagu mereka.

Selama perjalanan kariernya, The Upstairs udah menghasilkan beberapa album dan lagu-lagu yang menarik perhatian. Beberapa album mereka adalah “Matraman” (2004), “Energy” (2006), dan album mini “Antahberantah” (2002).

Lagu hits mereka adalah “Matraman” yang dirilis tahun 2004. Lagu ini punya harmoni vokal yang gampang diingat. “Matraman” mungkin kedengeran nyeleneh di awal, tapi sebenarnya lagu ini romantis banget, lho. Dengan lirik yang simple dan to the point, lagu ini berhasil ngegambarin kondisi tempat tinggal yang intim dan hiruk pikuknya ibu kota.

3. The Adams

Image source: froyonion.com

The Adams terdiri dari Ario Hendrawan, Saleh Husein, Pandu Fathoni, Gigih Suryo Prayogo, dan Ghina Salsabila. Mereka udah aktif di dunia musik sejak tahun 2005. Band ini dikenal karena harmoni vokal yang memukau, lagu-lagu yang ceria, dan ritme yang catchy. Band ini udah ngerilis beberapa album studio seperti The Adams (2005), V2.05 (2006), dan Agterplaas (2019).

Salah satu lagu The Adams yang terkenal adalah Timur, ini merupakan lagu dari album Agterplaas. Lagu ini sudah ditonton oleh 6 juta viewers di YouTube. Lagu Timur punya makna yang dalam, lagu ini terinspirasi dari kelahiran anak pertamanya, Timur. Sang vokalis menuangkan rasa cinta dan harapannya pada anaknya dalam lirik lagu yang indah dan penuh makna. Dengan iringan indie rock yang khas bikin pendengarnya menyelami perasaan seorang laki-laki yang menggantungkan hidupnya pada seorang perempuan yang ia cintai.

4. Efek Rumah Kaca

Image source: pophariini.com

Band indie Indonesia selanjutnya adalah Efek Rumah Kaca yang terbentuk tahun 2001 di Jakarta. Band ini terdiri dari Cholis Mahmud (vokalis dan gitar), Poppie Airil (vokal latar & bass), Akbar Bagus Sudibyo (drum & vokal latar), dan Reza Ryan (gitar). Mereka terkenal dengan lirik-lirik yang kritis dan introspektif, sering ngangkat isu-isu sosial, politik, dan lingkungan. Musik mereka punya nuansa gelap tapi indah, dengan aransemen yang kompleks dan eksperimental.

Sampai saat ini, Efek Rumah Kaca udah ngerilis tiga album studio yaitu Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015). Mereka juga baru merilis album terbaru pada tahun 2023 berjudul Rimpang. Salah satu lagu hits mereka adalah “Desember”. Lagu ini punya makna yang dalam karena sebagai reminder berbagai peristiwa besar di bulan Desember. Lagunya ngegambarin suasana hujan, gelap, dan harapan. Lagu ini sarat akan makna, Cholil Mahmud sang pencipta lagu, terinspirasi oleh bencana tsunami Aceh pada Desember 2004.

5. White Shoes & The Couple Company

Image source: cultura.id

White Shoes & The Couple Company adalah band indie pop asal Indonesia yang terbentuk pada sekitar tahun 2007. Band ini terdiri dari Aprilia Apsari, Yusmario Farabi, Saleh Husein, Ricky Virgana, Aprimela Prawidiyanti, dan John Navid. Mereka terkenal dengan gaya musik retro dengan sentuhan modern yang menyenangkan. Lagu-lagu mereka sering ngehadirin suasana nostalgia dengan melodi yang easy listening dan lirik-lirik ngegambarin kisah kehidupan sehari-hari dengan cara simple tapi menghibur.

Sampai saat ini, mereka udah ngerilis beberapa album seperti: “White Shoes & the Couples Company” (2005), “Vakansi” (2010), dan “2020” (2021). Grup ini juga punya beberapa lagu yang jadi soundtrack film Indonesia seperti Janji Joni, Berbagi Suami, dan Quickie Express.

Salah satu lagu mereka yang unik adalah Senja Menggila. Lagu ini terkenal karena punya makna yang dalam, dibalut dengan irama jazz, funk dan calypso bikin lagu ini ngasih suasana yang modis dan khas. Gesekan string dan bebunyian tiup nambahin sentuhan oriental yang unik buat lagu ini.

Nah, itu dia 5 band indie Indonesia tahun 2000-an dengan lagu-lagu yang unik. Dengan musik yang kreatif dan semangat, mereka udah ninggalin jejak tak terlupakan di sejarah musik tanah air. Yuk, dukung terus perjalanan mereka! Ikuti terus update seputar musik paling lengkap hanya di SuperMusic!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Band Indie

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Pamungkas Rilis Single “Putus” yang Lahir dari Rasa Khawatir dalam Hubungan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hal Merilis "Bagaimana Bisa Seseorang" Kisah Cinta yang Tak Terjangkau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Majesty Lepas Karya Baru Lewat Single "I Know"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

NERIAH Bahas Cinta Musim Panas di Single "Driving Weather"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Destroy Boys Rilis Lagu dan Video Klip ala Film Horror untuk "Should've Been Me"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kalamesa Lepas Single Baru Berjudul 5%

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bareng Gulf of Meru, Reruntuh Rilis EP Kolaborasi Bertajuk Jenjam

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ben Böhmer dan Lykke Li Kolaborasi di Single "Hiding"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zealous Lepas Karya Baru dalam Bentuk Single Berjudul Toxic

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Beranda Rumah x Mr. and Mrs. Muffins Lepas Single Kolaborasi, “Forkman In the Soup World"

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /