Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 30/11/2023

Article Category : News

Buat gitaris atau musisi, gitar bukan sekedar alat musik, tapi sahabat buat eksplor berbagai gaya musik. Biar gitar tetep awet, penting buat ngerawat gitar dengan baik, kenapa sih emang? Merawat gitar bisa bikin umur pakainya lebih lama dan ngasilin suara yang berkualitas. Selain itu, ngerawat gitar dengan teratur juga bisa bantu ngurangin kerusakan kayak retakan atau ketegangan senar yang buruk. Benerin gitar yang rusak tentu butuh biaya dan waktu yang lumayan besar. Nah, berikut ini ada beberapa cara merawat gitar listrik dan akustik yang bisa lo ikutin!

Cara Merawat Gitar Listrik

Berikut adalah beberapa cara merawat gitar listrik:

1. Bersihkan gitar secara rutin

Seberapa rutin lo harus bersihin gitar? Ini tergantung seberapa sering gitar lo pakai, kondisi lingkungan, tempat menyimpan, dan seberapa banyak gitar terpapar kotoran dan keringat. Tapi, idealnya setelah lo selesai pakai gitar, bersihin gitar pakai kain microfiber atau kain khusus buat gitar. Utamain bagian yang sering disentuh kayak badan gitar sama headstock. Ini bisa bantu bersihin minyak, debu, sidik jari, atau kotoran lain yang nempel di lapisan luar gitar.

Buat pembersihan yang lebih menyeluruh bisa lo lakuin secara berkala. Misalnya, setiap beberapa minggu, atau sebulan sekali, tergantung seberapa sering lo pakai gitarnya. Pembersihan secara menyeluruh juga sekalian ngecek kondisi nut, saddle, dan bagian gitar lainnya buat mastiin nggak ada yang rusak.

2. Simpan gitar dengan tepat

Gitar listrik sebaiknya disimpan dalam rak gitar yang sesuai atau digantung di dinding dengan bracket gitar. Kenapa, sih gitar listrik harus digantung? Dengan digantung, gitar nggak bersentuhan langsung sama permukaan keras atau lantai, ini bisa mengurangi kerusakan fisik kayak goresan, benturan, atau jatuh. Selain itu, juga mencegah terjatuh atau terkena tumpahan yang bisa menyebabkan kerusakan serius pada instrumennya.

Kalau lo nggak bakal mainin gitar buat waktu yang lama, simpan gitar listrik di gigbag atau hardcase yang tepat, ya. Ini bisa ngelindungin gitar dari debu, kelembaban, dan perubahan suhu yang drastis.

3. Lubrikasi tuning machines

Penyetelan tuner yang lancar penting banget buat ngejaga senar tetap dalam tune. Lubrikasi tuning machines adalah proses memberikan pelumas atau zat yang bisa mengurangi gesekan di bagian-bagian mesin penyetem atau tuner gitar.

Tuning machines yang dilumasi dengan baik bisa beroperasi lebih mulus dan akurat. Ini memungkinkan pemain gitar buat nyetel senar ke pitch yang diinginkan tanpa hambatan. Nggak cuma itu, lubrikasi juga bantu mencegah korosi, ningkatin stabilitas tuning, dan ngasih suara yang lebih bersih.

4. Perhatikan pemasangan dan pembersihan senar

Pemasangan dan pembersihan senar pada gitar listrik penting buat diperhatiin buat ngejaga kualitas suara dan kenyamanan bermain. Pemasangan senar yang tepat memastikan suara yang optimal, intonasi yang baik, dan stabilitas tuning.

Nggak cuma itu, pembersihan senar juga harus dilakukan secara rutin buat menghilangkan kotoran, minyak, debu, dan residu yang nempel di gitar. Ini bisa memperpanjang umur pakai senar dan menjaga suaranya tetap jernih.

5. Bersihkan fretboard

Fretboard adalah bagian kayu dengan frets yang membagi senar. Bagian ini penting buat dibersihin karena pemain menempatkan jarinya disini, jadi kotoran bisa menumpuk. Kalau nggak dibersihin bisa ngaruh ke umur pakai senar, kualitas suara, dan kenyamanan bermain.

Bersihin fretboard dengan hati-hati, lo bisa pakai kain yang sedikit lembab buat bersihin kotoran dan debu. Setelah itu, aplikasikan kondisioner kayu khusus buat ngejaga kelembaban dan mencegah retakan atau kering.

Cara Merawat Gitar Akustik

Berikut adalah 6 cara merawat gitar akustik biar tetep awet:

1. Bersihkan gitar

Sama kayak gitar listrik, biar gitar akustik lo tetep awet, juga harus rutin dibersihin. Setelah bermain gitar akustik, bersihin permukaannya pakai kain microfiber yang lembut. Pastiin lo bersihin semua debu, keringat, dan kotoran yang mungkin nempel di gitar. Sesekali lo juga bisa deep cleansing gitar akustik lo sekalian ngecekin kondisinya secara menyeluruh buat ngeliat ada kerusakan atau nggak.

2. Perhatikan kelembaban

Gitar akustik peka banget sama perubahan kelembaban. Lo bisa pakai humidifier gitar kalau lo tinggal di lingkungan yang tingkat kelembabannya terlalu rendah. Sebaliknya, kalau kelembabannya terlalu tinggi, pastikan buat nyimpen gitar di dalam ruangan yang kering atau terlindung.

Simpan gitar akustik dalam case atau gigbag yang sesuai kalau lagi nggak dipakai, apalagi kalau lo tinggal di daerah dengan perubahan suhu dan kelembaban yang ekstrem.

3. Perawatan rutin

Selain rutin dibersihin, gitar akustik juga butuh perawatan rutin. Ini termasuk penyetelan ulang bridge dan nut buat mastiin intonasi yang tepat, sekaligus ngecek fretboard, apakah ada retakan atau terlalu kering.

4. Pergantian senar

Senar gitar akustik akan aus dari waktu ke waktu. Tapi, ini tergantung sama beberapa faktor kayak frekuensi bermain, jenis senar, dan kondisi lingkungan lo. Secara umum, senar gitar akustik biasanya diganti setiap enam bulan atau satu tahun sekali. Kalau senar mulai kedengeran kusam, susah dipegang atau nggak cerah lagi, mungkin itu udah waktunya buat diganti.

5. Pengaturan truss rod

Jika perlu, lo bisa menyesuaikan truss rod pada gitar akustik untuk menjaga leher gitar tetap lurus. Ini adalah pekerjaan yang lebih baik diambil oleh seorang profesional jika lo tidak yakin.

6. Lindungi gitar dari benturan

Terakhir, usahain gitar akustik lo nggak kena benturan apapun ya. Karena gitar akustik punya konstruksi yang lebih tipis dan sensitif. Simpan, bawa, dan pakai dengan hati-hati, pakai strap pas main biar nggak jatuh.

Kalau diperhatiin, ada beberapa cara yang sama buat ngerawat gitar akustik dan gitar listrik, ya. Tapi tetep beda cara merawatnya, lho. Perawatan gitar akustik lebih fokus di ngejaga kelembaban fretboard, bersihin senar, dan ngeganti senar yang lebih sering. Nah, kalau perawatan gitar listrik lebih pada perawatan elektronik kayak pickup dan kontrol volume, sama mungkin pengaturan truss rod yang lebih sering buat ngejaga intonasi dan kenyamanan bermain.

Perlu diingat, perawatan yang baik bisa ngejaga gitar lo biar tetep dalam kondisi yang prima dan umur pakai yang lebih lama. Lo juga bisa nanya ke temen atau profesional yang ahli dalam perawatan gitar. Segitu dulu, ya pembahasan soal cara merawat gitar akustik dan listrik. Ikuti terus update seputar dunia musik hanya di SuperMusic!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips merawat gitar #guitar music

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Fakta Unik Nirvana yang Jarang Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

5 Band Indie Indonesia 2000-an, Lagunya Nyentrik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Profil The Beatles, Band Rock Paling Melegenda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gitar Listrik: Sejarah, Komponen, dan Kegunaannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal 10 Alat Musik Tiup Modern dan Keunikannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Konser Musik dengan Konsep Unik di Indonesia dan Luar Negeri

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Stand Atlantic Luapkan Rasa Jengkel Lewat Single Baru Berjudul WARZONE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lunadira Rilis Album Perdana Berjudul i’ll be alright, right?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengertian Riders dan 7 Riders Artis Indonesia yang Unik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Glass Beams Rilis Single Baru Berjudul Mahal

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /