Superfriends, punya cita-cita untuk jadi rider balap Supermoto kompetitif? Kalau lo punya cita-cita tersebut, ada baiknya lo coba untuk mulai aktif berlatih, mencari tim dan mekanik yang cocok, dan juga mulai ikut kejuaraan-kejuaraan mulai dari tingkat terkecil sampai tingkat yang besar.
source: supermoto_pics
Selain yang udah gue sebutkan diatas, lo juga perlu belajar banyak dari para senior dan juga rider profesional yang sudah melenggangkan kaki terlebih dahulu ke dunia balap Supermoto. Ambil banyak pelajaran dari pengalaman mereka, dan juga hindari kesalahan-kesalahan basic yang biasa dilakukan oleh para rider balap pemula Supermoto.
Nah, kali ini, gue akan bahas 4 kesalahan basic rider Supermoto, yang biasa dilakukan oleh para rider pemula, yang baru terjun ke dunia balap kompetitif. Apa-apa aja kesalahan yang biasa para rider pemula ini lakukan? Let’s check this out!
Perhatikan, Ini Dia 4 Kesalahan Basic Rider Pemula Supermoto!
-
Posisi Badan
Supermoto Drifts, Jumps & Action | iDM St. Wendel 2018
Untuk posisi badan saat mengendarai Supermoto, ada baiknya, lo menghindari posisi seperti mengendarai motor sport. Kenapa? Posisi menyetir seperti ini, bikin badan lo jauh dari handlebar dan bikin badan lo jadi lebih membungkuk. Lo harus mengendarai Supermoto, dengan posisi badan yang benar untuk mengendarai Supermoto.
Posisi badan yang benar saat mengendarai Supermoto, penting untuk menjaga keseimbangan, kendali, dan juga menjaga kestabilan kecepatan motor.
-
Penempatan Kaki
Supermoto Drifts, Jumps & Action | iDM St. Wendel 2018
Penempatan kaki saat mengendarai Supermoto, juga jadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para rider pemula. Kaki yang menjuntai terlalu lebar, beresiko patah tulang, apabila sampai menghantam lintasan pada kecepatan yang tinggi. Apalagi, motor jadi sampai nggak seimbang, dan terlalu dekat dengan tanah.
-
Penggunaan Kopling di Tikungan
Supermoto Drifts, Jumps & Action | iDM St. Wendel 2018
Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan oleh para rider pemula, adalah penggunaan kopling di tikungan. Hindari gunakan kopling waktu belok di tikungan, penggunaan kopling di tikungan, bikin kinerja rem nggak stabil dan nggak efektif. Faktor ini yang bikin rider pemula sering kesalip sama yang udah lebih berpengalaman.
-
Pace Belok
Supermoto Drifts, Jumps & Action | iDM St. Wendel 2018
Kesalahan basic terakhir yang sering dilakukan oleh para rider pemula, adalah pace saat belok. Rider pemula cenderung kurang tenang saat mengambil tikungan, yang bikin mereka terburu-buru saat mengeksekusi tikungan. Belok terlalu cepat waktu lewatin tikungan, bikin motor belok terlalu lebar, dan akhirnya keluar dari jalur kemenangan.
So, itulah 4 kesalahan basic, yang sering dilakukan oleh para rider pemula nih, Superfriends. Nah, kalau lo emang punya cita-cita untuk jadi rider Supermoto, ada baiknya setelah membaca artikel ini, lo harus menghindari 4 kesalahan basic tersebut ya! Kira-kira, apalagi nih kesalahan para rider Supermoto yang enak buat dibahas? Kasih tau kita jawaban lo via kolom komentar di bawah ya!
ARTICLE TERKINI
Source:Supermoto Drifts, Jumps & Crashes | iDM St. Wendel 2016
Please choose one of our links :