Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 11/09/2023

Article Category : News

Dunia olahraga semakin berkembang dengan munculnya berbagai jenis latihan dan aktivitas yang menarik perhatian banyak orang. Salah satu tren olahraga yang semakin populer adalah "Obstacle Run" atau lomba rintangan. 

 

Siapa yang bilang olahraga harus monoton dan membosankan? Jika kamu mencari tantangan baru yang penuh dengan adrenalin dan ketangkasan, maka obstacle run sangat cocok untuk dicoba!

 

Bukan hanya sekadar ajang perlombaan biasa, obstacle run juga merupakan bentuk latihan untuk meningkatkan ketangkasan dan kebugaran fisik secara menyeluruh. 

 

Terinspirasi dari pelatihan militer, olahraga ini tidak hanya melatih tubuh tetapi juga mental kamu! Mau tahu lebih lanjut tentang obstacle run? Simak artikel ini, ya!

 

Obstacle Run Adalah…

Apa itu obstacle run? Jadi, obstacle run adalah bentuk olahraga yang menggabungkan elemen lari lintas alam dengan melewati berbagai rintangan fisik yang dirancang untuk menguji kekuatan, ketahanan, kelincahan, dan keberanian pesertanya. 

 

Rintangan-rintangan ini sering kali terinspirasi oleh pelatihan militer, seperti tembok penghalang, tali panjat, genangan air, dan tantangan lainnya yang memerlukan keterampilan fisik dan mental. 

 

Tujuan utama dari obstacle run bukan hanya mencari pemenang, tetapi obstacle run juga bertujuan untuk melatih kamu merasakan sensasi tantangan melewati setiap rintangan.

 

Manfaat Obstacle Run

Selain melatih ketangkasan fisik, obstacle run juga memberikan manfaat mental seperti peningkatan rasa percaya diri, semangat bertahan, dan mengatasi ketakutan. Ini adalah peluang untuk menguji keterampilan kamu dalam lingkungan yang mendukung kerjasama dan kompetisi sehat.

 

Selain melatih fisik dengan menguji kardiovaskular, kekuatan otot, dan fleksibilitas, kegiatan ini juga membantu membangun kekuatan inti yang diperlukan untuk mengatasi rintangan yang beragam. 

 

Melalui perjuangan melewati setiap rintangan, partisipan mengalami peningkatan semangat bertahan dan rasa percaya diri. Selain itu, pengalaman dalam komunitas obstacle run dapat menciptakan koneksi baru dengan individu yang memiliki minat serupa, memperluas jaringan sosial. 

 

Olahraga ini juga merangsang kreativitas dalam mengatasi rintangan dan membangun keterampilan mental seperti fokus, konsentrasi, dan ketahanan. Oleh karena itu, mengambil bagian dalam obstacle run tidak hanya menghasilkan kesehatan fisik yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional.

 

 

Masuknya Obstacle Run di Indonesia

Obstacle run pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2010-an. Awal mula fenomena olahraga ini masuk ke Indonesia didorong oleh tren global yang melihat peningkatan minat masyarakat terhadap gaya hidup sehat dan olahraga yang menyenangkan. 

 

Seiring dengan perkembangan media sosial dan akses informasi yang semakin mudah, banyak orang mulai mencari alternatif olahraga yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga memberikan pengalaman baru yang seru dan menantang.

 

Pada saat itu, obstacle run sudah menjadi fenomena yang populer di negara-negara lain, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Peserta-peserta dari berbagai kalangan berbondong-bondong mengikuti acara-acara obstacle run yang menantang dengan rintangan-rintangan kreatif dan menguji keterampilan fisik serta mental.

 

Momentum ini dijadikan peluang oleh beberapa pihak untuk memperkenalkan fenomena serupa di Indonesia. Pertama-tama, beberapa penyelenggara acara olahraga dan komunitas penggiat olahraga mulai merancang event-event obstacle run di berbagai lokasi di Indonesia. 

 

Mereka mengambil inspirasi dari acara-acara serupa di luar negeri dan menciptakan rintangan-rintangan yang menarik dan menggugah adrenalin. 

 

Seiring berjalannya waktu, acara-acara obstacle run semakin bervariasi dalam tema dan konsep. Ada yang mengambil sentuhan budaya lokal, seperti menyertakan elemen-elemen kearifan lokal dalam rintangan-rintangan. 

 

Ada pula yang menawarkan pengalaman yang lebih kompetitif dengan menampilkan kategori perlombaan dan penghargaan bagi peserta tercepat.

 

Obstacle Run 2023