Bentuknya yang kecil dan praktis bikin sepeda lipat ini digandrungi. Hampir setiap rombongan pesepeda ada aja tuh 'nyelip' pegowes yang pakai sepeda lipat. CUma memang ada kelebihan dan kekurangan, itu wajar
Terus apa iya sepeda lipat nggak bisa ngebut? Jadi yang perlu diperhatikan buat settingan seli kesayangan lo itu dari segi komponennya bro. Kalau komponen dan setelannya pas, maka karakter sepeda mungil yang garang di aspal bisa kok lo dapetin.
Sepeda lipat yang katanya lambat bisa lo ubah jadi lebih kencang, ringan di tanjakan bahkan dipakai buat offroad. Rumusnya itu lo harus menghitung gear rationya, termasuk keliling ban, dan cadence. Buat yang belum tahu, cadence itu putaran pedal/ crank setiap 1 menit dengan satuan rpm. Yuk simak rumusnya.
[readalso url=21740]
Gear Ratio
Image source: pexels.com/@lum3n-44775
Sepeda lipat dengan multi gear kebanyakan nggak bikin gear ratio yang idel untuk menghasilkan kecepatan tinggi atau bisa melibas tanjakan. Jadi banyak orang kemudian meng-upgrade sprocket dan chain ring dengan ukuran yang lebih besar.
Maklum ketika gowes di jalan-jalan ibu kota bawaannya mau cepat terus. Nah biar ngebut itu biasanya chainring yang dipakai itu ukuran 50T ke atas seperti 52T, 54T, 56T, bahkan nih ya ada yang sampai 60T.
Sadara atau nggak chainring besar memang sangat membantu buat lo yang gowes cari kecepatan. Nah, kalao chainringnya sudah besar, putaran pedal bakal lebih berat, apalagi di tanjakan. Jadi kalau untuk jalan lurus bakal menguntungkan. Sementara tanjakan, mending tuntun aja deh bro. hehe.
Kalau mau ringan di tanjakan, ini hitungan rasionya bro. Jalur menanjak itu baiknya memakai ukuran chainring sekitar 30T sampai 40T.
Jangan lupa sama ukuran sprocket juga bro. Karena bisa berpengaruh juga. Sayangnya, sepeda lipat memiliki keterbatasan dalam pengaturan sprocket dan rear derailleur (RD). Sprocket dengan rentang yang lebih besar, membutuhkan rear derailleur yang lebih panjang. Untuk memakai sprocket dengan rentang yang besar, seperti 10-50T diperlukan derailleur yang lebih panjang yaitu yang long cage.
Contohnya, sepeda lipat 7 speed dengan ukuran chainring 52T dan sprocket 14-28T pasti bakal di-upgrade ke ukuran yang lebih besar agar lebih ringan menanjak gunung. Biasanya yang dipilih sprocket/cassette Megarange 14-34T.
[readalso url=21730]
Ukuran dan Lebar Roda
Image source: unsplash.com/@sjobjorn
Pakailah ban yang lebih sempit. Pemakaian ban yang lebar dengan kembang tapak tebal seperti sepeda gunung di jalan aspal membuat kayuhan lebih berat, walaupun mungkin terasa lebih nyaman. Intinya, jangan sampai jangan sampai memakai ban yang lebih sempit daripada lebar rim/velg.
Source: https://www.sepeda.me/sepeda/cara-supaya-sepeda-lipat-lebih-ngebut-dan-ringan-di-tanjakan.html
ARTICLE TERKINI
Author :
Article Date : 09/08/2020
Article Category : Tips
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :