Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sepeda Fixed Gear, Menarik Perhatian Sekaligus Memacu Adrenalin!

Author :

Article Date : 09/01/2020

Article Category : Urban Action

Fixed Gear merupakan jenis sepeda yang sangat identik dengan aktivitas perkotaan, karena memang dahulunya sering digunakan untuk kepentingan pengiriman surat di Amerika Serikat. Budaya bermain sepeda ini pun sudah masuk ke Indonesia dan nyatanya cukup banyak pula loh penikmatnya. Kalau lo belum tahu sebenarnya apa itu Fixed Gear, lo datang ke tempat yang benar.

 

Sepeda dengan bentuk frame yang ramping beserta tidak menggunakan rem ini memang masuk ke dalam budaya populer para anak muda. Tentunya bukan hanya sebuah sepeda pada umumya, Fixed Gear sendiri memiliki cara penggunaannya yang berbeda serta juga memilki sejarah cukup panjang serta menarik.

 

[readalso url=20987]

 

Nah, daripada lo semakin penasaran, sebenarnya sepeda jenis ini seperti apa, langsung saja simak informasinya di bawah ini. Oo iyaa, dengan penampilannya yang keren, tak heran apabila banya kaum urban suka terhadap sepeda ini baik dari cara penggunaannya hingga nilai sejarahnya.

 

Sepeda Fixed Gear Itu Apa Sih?

Sepeda Fixed Gear, Menarik Perhatian Sekaligus Memacu Adrenalin! Credit: hiveminer.com

 

Tentunya bagi lo yang belum mengetahui dan tertarik untuk memulai bermain sepeda ini, mengetahui informasi paling dasarnya merupakan sebuah kewajiban. Fixed Gear itu sendiri merupakan nama dari sistem gearing yang digunkaan digunakan pada sepeda ini.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau sepeda ini tidak dilengkapi dengan mekanisme freewheel pada gear atau sprocket belakangnya. Freewheel itu sendiri merupakan mekanisme pada sepeda yang memungkinkan pengendara berhenti mengayuh pedal tanpa menghentikan putaran roda belakang atau laju sepeda ataupun mengayuh pedal ke arah belakang.

 

Dengan begitu, para pengendara sepeda ini harus terus mengayuh kalau tidak ingin sepedanya berhenti bergerak. Kalaupun ingin berisitirahat mengayuuh, maka kaki harus lepas dari pedal. Memang lo membutuhkan penyesuaian terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa mengendarai sepeda ini.

 

Uniknya, penggunaan sepeda Fixed Gear itu sendiri bermula dari perlombaan balap sepeda. Cabang balap sepeda yang menggunakan Fixed Gear ialah balapan yang diadakan pada lintasan velodrome. Oleh karena itu, sepeda ini juga disebut dengan istilah sepeda track.

 

Balapan di velodrome sendiri juga tidak menempuh jarak yang jauh serta membutuhkan kecepatan stabil. Dengan sepeda Fixed Gear para pembalap harus menjaga kecepatannya untuk tidak berhenti mengayuh. Penggunaan dari sepeda ini ternyata juga tidak hanya di track, namun juga sering digunakan para atlet untuk berlatih.

 

Nah, seiring dengan perkembangan zaman, bukan hanya atlet saja yang menggunakan sepeda Fixed Gear loh. Bahkan pada tahun 80an hingga sekarang, sepeda ini juga sering digunakan oleh para pengirim surat di Amerika Serikat.

 

Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Fixed Gear

Sepeda Fixed Gear, Menarik Perhatian Sekaligus Memacu Adrenalin! Credit: weismfg.com

 

Tentunya lebih baik lo mengetahui kelebihan serta kekurangannya dari sepeda ini sebelum lo memutuskan untuk memainkannya. Lagipula setiap jenis sepeda juga ada plus dan minusnya kok. Begitu pula dengan sepeda ini. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangannya yang perlu lo ketahui.

 

Kelebihan:

 

  • Perawatannya lebih mudah, karena tidak terdapatnya mekanisme yang kompleks. Karena memang kebanyakan dari sepeda jenis ini pun tidak menggunakan perangkat rem.

 

  • Bobotnya lebih ringan, dengan jumlah gearing yang sedikit dapat mengurangi bobot sepeda.

 

  • Cukup sederhana karena lo enggak perlu menggunakan mekanisme shifting yang ribet.

 

Kekurangan:

 

  • Pengeremanya yang terbilang cukup kompleks, karena pengeramannya dengan roda belakang diperlukan latihan khusus. Kalau tidak, hampir bisa dipastikan akan terjadi kecelakaan, apalagi pada jalanan menurun.

 

  • Boros tenaga, terlebih jika digunakan untuk bersepeda dengan jarak jauh.

 

  • Ban belakang boros, hal tersebut dikarenakan jenis sepeda ini biasanya melakukan teknik “skidding” untuk melakukan pengeraman dengan roda belakang. Teknik ini dilakukan dengan menahan pedal dengan irama tertentu yang mengakibatkan roda belakang akan berhenti dan bergesekan dengan aspal. Hal ini mengakibatkan ban belakang cepat habis karena terkikis oleh aspal.

 

  • Tidak bisa “pindah gigi” sehingga butuh usaha lebih untuk menyesuaikan kontur jalan, terutama tanjakan.

 

Perbedaannya dengan Sepeda Torpedo

Sepeda Fixed Gear, Menarik Perhatian Sekaligus Memacu Adrenalin! Credit: fixedgeargallery.com

 

Banyak pendapat di luat sana yang mengatakan atau bertanya apa sih perbedaannya sistem pengereman Fixed Gear dengan Torpedo? Tentu terdapat perbedaan yang cukup signifikan kok, karena sepeda Fixed Gear sendiri tidak menggunakan mekanisme torpedo.

 

Pada sepeda Torpedo, pengendara masih bisa melakukan coasting tanpa menghentikan putaran roda. Mungkin ada kemiripan ketika melakukan pedalling ke arah belakang, sepeda akan berhenti. Namun, perlu untuk lo ketahui juga kalau penyebab berhentinya sepeda berbeda loh.

 

Sepeda Fixed Gear akan berhenti karena putaran roda tertahan oleh gearset yang tidak bergerak sehingga roda belakang terkunci. Sedangkan pada Torpedo, pedalling ke arah belakang akan mengaktifkan mekanisme rem yang berada di dalam hub belakang. Lagipula pada Fixed Gear ketika mengayuh ke arah belakang akan membuat sepeda juga bergerak mundur. Namun berbeda pada torpedo, sepeda tidak akan bergerak.

 

Mengapa Identik Sebagai Messenger Bike?

Sepeda Fixed Gear, Menarik Perhatian Sekaligus Memacu Adrenalin! Credit: redbull.com/

 

Yaap, sepeda Fixed Gear memang sangat identik sebagai messenger bike dan hal tersebut bukan tanpa alasan. Bermula dari resahnya perusahaan-perusahaan pengiriman surat di kota New York, Amerika Serikat yang mengirimkan surat secara cepat. Karena memang di kota tersebut memang terkenal dengan kemacetannya.

 

Oleh sebab itu, sepeda pun menjadi pilihannya. Lalu kenapa Fixed Gear? Karena sepeda ini sangat murah untuk pemeliharaannya serta terkenal cepat dalam jarak-jarak pendek. Tak heran apabila, Fixed Gear hingga hari ini cukup terkenal di kaum urban, karena sisi “keren” serta bentuk sepeda yang unik serta gaya atau fashion dari para penggunanya.

 

**

 

[readalso url=20984]

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Fixed Gear di atas? Semoga bisa menjadi satu informasi yang berguna dan bermanfaat yaa. Kalau lo memiliki hal-hal lainnya seputar sepeda ini yang lo ketahui, langsung share aja di kolom comment di bawah ini yaa. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: .gowespedia.com

 

 

 

Featured Image: bikerumor.com

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Urban Action

Staycation Sambil Menyusuri Keindahan Labuan Bajo di Atas Kapal Phinisi, Seru!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

5 Hal Penting yang Wajib Lo Tahu Jika Ingin Trekking ke Ranu Kumbolo

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

6 Alasan Jangan Bekerja Saat Liburan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Musisi Lokal yang Lagunya Enak Dinikmati Selama Perjalanan Traveling

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Perbedaan Freediving dan Scuba Diving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dilarang di Negara Lain, Catat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Rekomendasi Aktivitas untuk Short Getaway

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Gepreki, Bisnis Kuliner dengan Cita Rasa dan Inovasi Unik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

5 Manfaat Parkour Bagi Tubuh dan Mental, Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Jepang yang Unik dan Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /