Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Cerita Memikat tentang Pantai Gading, Negara yang Punya Banyak Sebutan

Author :

Article Date : 25/05/2020

Article Category : Tips

Ada banyak nama sebutan dari berbagai bahasa di dunia untuk negara di Afrika Barat yang satu ini. Pada awalnya, negara ini memiliki nama resmi Ivory Coast dalam versi Inggris. Namun, pada tahun 1985 namanya berubah menjadi Côte d’Ivoire dalam versi Perancis yang hingga kini digunakan dalam berbagai acara resmi. 

Tak hanya sampai disitu, negara yang mendunia berkat sepak bolanya ini juga mempunyai berbagai nama sebutan dalam beberapa bahasa dunia lainnya, seperti Elfenbeinküste dalam bahasa Jerman, Costa de Marfil dalam bahasa Spanyol, dan Pantai Gading dalam bahasa Indonesia.

Pantai Gading merupakan sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan langsung dengan negara Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta Teluk Guinea di sebelah selatan. Negara yang satu ini memang tidak sepopuler negara di benua afrika lainnya, seperti Afrika Selatan, Tanzania atau pun Mesir dalam aspek pariwisata. 

Selain nama sebutannya yang sangat beragam, ternyata Pantai Gading punya sederet fakta yang sangat menarik lho, bro. Berikut ini beberapa fakta seputar negara Pantai Gading yang harus lo ketahui.

[readalso url=21656]

Mempunyai Gereja Terbesar di Dunia

Toleransi di Pantai Gading memang patut dijadikan teladan di seluruh dunia. Dilansir laman world population review, mayoritas masyarakat di negara ini beragam Islam dengan persentase mencapai 38.6%. Kendati demikian, negara ini justru memiliki gereja terbesar di dunia. Gereja tersebut bernama Basilica Our Lady of Peace of Yamoussoukro. Saking luasnya, gereja ini mampu menampung hingga 18.000 orang sekaligus, bro.

Gereja katolik tersebut terletak di Yamoussoukro, ibukota administratif Pantai Gading. Luas gereja ini bahkan melampaui luas Basilika Santo Petrus di Vatikan lho, bro. Meskipun demikian, banyak orang yang mengatakan desain gereja ini tidak berbeda jauh dengan gereja induknya di Vatikan. Gereja yang selesai dibangun pada tahun 1990 ini memiliki luas area eksterior sekitar 30.000 meter persegi.

Empat Situs Warisan Budaya UNESCO

Negara ini juga punya tempat yang spesial buat anak gunung lho, bro. Salah satu gunung paling terkenal di Pantai Gading yaitu Gunung Nimba. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Pantai Gading dengan ketinggian mencapai 1.752 meter. 

Cagar Alam Gunung Nimba merupakan salah satu situs warisan budaya UNESCO. Hutan yang lebat dan sangat asri di sekitar gunung ini tentunya menjadi tempat tinggal berbagai macam flora dan fauna endemik Pantai Gading, bro.

Bukan hanya itu, ada 3 lagi situs warisan budaya UNESCO yang ada di Pantai Gading, bro. Ada kota Grand-Bassam yang kaya akan tempat-tempat bersejarah peninggalan zaman kolonial, Taman Nasional Comoe yang merupakan salah satu daerah terlindung yang paling besar di Afrika Barat, dan Taman Nasional Tai, tempat hidup 11 spesies monyet yang sangat unik.

[readalso url=21655]

Dari Gading Beralih ke Cokelat

Pasti lo bertanya-tanya, kenapa negara ini bisa dinamakan Pantai Gading? Yap, apalagi kalau bukan karena kekayaan hasil gading gajahnya. Tapi itu dulu, bro. Saat ini gajah menjadi hewan yang sangat dilindungi dan transaksi jual-beli gading gajah sangat dilarang keras. 

Pantai Gading saat ini justru terkenal sebagai salah satu penghasil cokelat terbesar di dunia, bro. Dilansir laman telegraph, pada tahun 2013 produksi biji cokelatnya mencapai hingga 1,4 metrik ton. Hal tersebut sama dengan produksi 30% cokelat di seluruh dunia, bro.

[readalso url=21615]

Cerita Asal-usul Pantai Gading

Pantai Gading juga punya cerita masyarakat lokal juga lho, bro. Salah satunya cerita tentang bagaimana dan darimana bangsa ini bermula. menurut cerita masyarakat setempat, Queen Reine Abla Pokou adalah pemimpin legendaris sekaligus pendiri Pantai Gading.

Beliau diceritakan memimpin perjalanan rakyat Baoule dari negara yang sekarang bernama Ghana ke Pantai Gading untuk mencari tempat tinggal yang lebih strategis. Konon, Queen Reine Abla sampai sampai mengorbankan anak kandungnya sendiri kepada ruh penunggu sungai Camoe agar rakyatnya bisa menyeberang dengan aman.

Bagaimana fakta-fakta seputar Pantai Gading di atas, bro? Selain beberapa fakta di atas, apa yang lo tau tentang Pantai Gading? Ceritakan di kolom komentar  ya, bro.

 

Referensi : telegraph.co.uk hikersbay.com semestafakta.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

5 Kesalahan Ketika Traveling Pakai Kendaraan Pribadi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Tips Memasak di Gunung yang Mudah untuk Dipraktikkan, Ketahui!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Ketahui Teknik Memanjat Bagi Pemula dan Tips Memilih Sepatu Climbing

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

5 Tips untuk Memaksimalkan Medsos Bisnis Lo, Biar Makin Cuan!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon yang Ampuh, Pendaki Harus Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Begini Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Mengenal Buddy System, Teman Pendakian yang Bukan Sekadar Teman

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

5 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Terpencil, Perbesar Peluang Selamat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Tips

Begini Tips Supaya Tenda Lo Aman Meski Kena Badai, Jangan Sampai Kebanjiran!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /