Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi mencari KOL. Image: Pexels

Key opinion leader atau biasa disebut dengan KOL merupakan orang yang punya sudut pandang berbobot tentang pengetahuan atau pengalaman mereka di industri tertentu. Biasanya, KOL merupakan makro atau mega influencer yang punya banyak followers. Mereka diikuti karena punya insight yang mendalam di bidang spesifik, misalnya olahraga, kesehatan, kuliner, dan lain sebagainya.

 

Namun, perlu dipahami kalau nggak semua influencer itu merupakan KOL, ya. Influencer biasanya mempromosikan produk secara random dan sharing soal pengalamannya saat memakai produk tersebut. Sementara itu, KOL punya pengetahuan yang lebih soal produk yang dipromosiin. Mereka nggak cuma ngepromosiin, tapi juga jelasin plus-minus dari produk tersebut. Ini bisa jadi nilai lebih buat audiens yang lagi nyari informasi seputar produk itu.

 

Tertarik pakai jasa KOL buat bantu promosi brand lo? Simak nih tips memilih KOL yang tepat buat ngejalanin strategi marketing berikut ini, Superfriends.

 

Temukan KOL yang Sesuai dengan Audiens dan Tujuan Bisnis

Ilustrasi mencari KOL
Image: canva-studio/Pexels

Memilih KOL tuh nggak sekadar nyari influencer yang followers-nya banyak. Lo harus harus pastiin KOL tersebut sesuai sama audiens dan tujuan bisnis lo. Lo bisa cek di platform media sosial berdasarkan hastag yang sesuai sama bidang bisnis lo buat nyari kandidat KOL yang mau diajak kerja sama. Kalau udah ada beberapa opsi, lo bisa cari informasi lebih lanjut atau mungkin interview langsung sama KOL biar tau mana yang paling tepat buat brand lo.

 

Cek Keaslian KOL

Sekarang ini, banyak banget orang yang membuka jasa beli followers dan like. Belum lagi sistem centang biru yang berbayar di beberapa platform media sosial bikin pebisnis harus lebih selektif lagi dalam memilih KOL dan influencer. Nah, ada beberapa red flag yang harus lo hindari dalam memilih KOL yang tepat, yaitu jarang posting, jumlah like, share, dan komentar yang rendah, serta pertumbuhan akun yang nggak wajar.

 

Punya Keahlian yang Dibutuhkan

Ilustrasi influencer
Image: anna-shvets/Pexels

Nggak cuma good looking aja, lo juga harus cari KOL yang punya keahlian atau keahlian sesuai sama brand lo. Misalnya, kalau bisnis lo bergerak di industri fashion, KOL harus tau istilah fashion yang lagi ngetren dan relate sama brand lo. Selain dari segi pengetahuan, pastiin juga KOL punya gaya konten yang unik dan menarik buat ningkatin engagement.

 

Pahami Jenis Influencer

Ada beberapa jenis influencer berdasarkan jumlah followers-nya, yaitu sebaga berikut.

1. Mega influencer (selebriti): lebih dari 1 juta followers

2. Makro influencer (KOL): 100 ribu sampai 1 juta followers

3. Mikro influencer: 10 ribu sampai 100 ribu followers

4. Nano influencer: 1.000 sampai 10 ribu followers

 

Influencer yang bisa disebut KOL biasa termasuk dalam makro atau mega influencer. Makin banyak followers mereka, makin mahal pula rate card atau biaya buat kerja sama bareng mereka. Jadi, lo harus siapin budget khusus buat ngejalanin strategi KOL marketing.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa lo lakuin buat milih KOL yang tepat untuk promosi brand atau produk lo. Kalau ada tips lain, share di kolom komentar ya, Superfriends. (arpd)

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Marketing #Bisnis Investasi #Tips

Article Category : News

Article Date : 28/08/2023

Superadventure
Admin Adventure
Superadventure
Admin Adventure
Penulis artikel petualangan outdoor dan ekstrem yang bawain kisah mendaki tebing, arung jeram, sampai menjelajah jalur off-road. Buat gue, petualangan itu lebih dari sekadar jalan-jalan, ini soal uji mental dan fisik. Tiap cerita gue kemas biar Superfriends kebawa sensasinya. Gue pengen lo yang baca ngerasa termotivasi buat keluar dari zona nyaman. Kalau lo suka tantangan alam, artikel di sini bakal bikin lo pengen langsung berangkat.

Source:Limecube

4 Comments

Comment
RAJIN SILALAHI

RAJIN SILALAHI

20/03/2025 at 05:39 AM

Nice
Yohanes Hariono

Yohanes Hariono

06/04/2025 at 19:27 PM

Oo gitu🤔 aq ngertinya cm kol desel🤪
GRACE JELIA PUTRI TADETE

GRACE JELIA PUTRI TADETE

07/04/2025 at 00:17 AM

Good
Brawijaya Hutabarat

Brawijaya Hutabarat

18/06/2025 at 18:35 PM

Coll
Other Related Article
1 / 10

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive