Key opinion leader atau biasa disebut dengan KOL merupakan orang yang punya sudut pandang berbobot tentang pengetahuan atau pengalaman mereka di industri tertentu. Biasanya, KOL merupakan makro atau mega influencer yang punya banyak followers. Mereka diikuti karena punya insight yang mendalam di bidang spesifik, misalnya olahraga, kesehatan, kuliner, dan lain sebagainya.
Namun, perlu dipahami kalau nggak semua influencer itu merupakan KOL, ya. Influencer biasanya mempromosikan produk secara random dan sharing soal pengalamannya saat memakai produk tersebut. Sementara itu, KOL punya pengetahuan yang lebih soal produk yang dipromosiin. Mereka nggak cuma ngepromosiin, tapi juga jelasin plus-minus dari produk tersebut. Ini bisa jadi nilai lebih buat audiens yang lagi nyari informasi seputar produk itu.
Tertarik pakai jasa KOL buat bantu promosi brand lo? Simak nih tips memilih KOL yang tepat buat ngejalanin strategi marketing berikut ini, Superfriends.
Temukan KOL yang Sesuai dengan Audiens dan Tujuan Bisnis
Memilih KOL tuh nggak sekadar nyari influencer yang followers-nya banyak. Lo harus harus pastiin KOL tersebut sesuai sama audiens dan tujuan bisnis lo. Lo bisa cek di platform media sosial berdasarkan hastag yang sesuai sama bidang bisnis lo buat nyari kandidat KOL yang mau diajak kerja sama. Kalau udah ada beberapa opsi, lo bisa cari informasi lebih lanjut atau mungkin interview langsung sama KOL biar tau mana yang paling tepat buat brand lo.
Cek Keaslian KOL
Sekarang ini, banyak banget orang yang membuka jasa beli followers dan like. Belum lagi sistem centang biru yang berbayar di beberapa platform media sosial bikin pebisnis harus lebih selektif lagi dalam memilih KOL dan influencer. Nah, ada beberapa red flag yang harus lo hindari dalam memilih KOL yang tepat, yaitu jarang posting, jumlah like, share, dan komentar yang rendah, serta pertumbuhan akun yang nggak wajar.
Punya Keahlian yang Dibutuhkan
Nggak cuma good looking aja, lo juga harus cari KOL yang punya keahlian atau keahlian sesuai sama brand lo. Misalnya, kalau bisnis lo bergerak di industri fashion, KOL harus tau istilah fashion yang lagi ngetren dan relate sama brand lo. Selain dari segi pengetahuan, pastiin juga KOL punya gaya konten yang unik dan menarik buat ningkatin engagement.
Pahami Jenis Influencer
Ada beberapa jenis influencer berdasarkan jumlah followers-nya, yaitu sebaga berikut.
1. Mega influencer (selebriti): lebih dari 1 juta followers
2. Makro influencer (KOL): 100 ribu sampai 1 juta followers
3. Mikro influencer: 10 ribu sampai 100 ribu followers
4. Nano influencer: 1.000 sampai 10 ribu followers
Influencer yang bisa disebut KOL biasa termasuk dalam makro atau mega influencer. Makin banyak followers mereka, makin mahal pula rate card atau biaya buat kerja sama bareng mereka. Jadi, lo harus siapin budget khusus buat ngejalanin strategi KOL marketing.
Itu tadi beberapa tips yang bisa lo lakuin buat milih KOL yang tepat untuk promosi brand atau produk lo. Kalau ada tips lain, share di kolom komentar ya, Superfriends. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Limecube
3 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
RAJIN SILALAHI
20/03/2025 at 05:39 AM
Yohanes Hariono
06/04/2025 at 19:27 PM
GRACE JELIA PUTRI TADETE
07/04/2025 at 00:17 AM