Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi pebisnis santai. Image: Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 20/11/2023

Article Category : News

Nggak bisa dimungkiri kalau mengurus bisnis bisa bikin stres hingga burnout. Belum lagi tekanan dari investor atau klien serta rasa iri sama kehidupan entrepreneur lainnya bisa bikin mental lo jadi down. Alhasil, produktivitas lo pun menurun dan nggak semangat lagi dalam berbisnis.

 

Burnout merupakan kondisi ketika lo kelelahan secara fisik dan emosional. Hal ini bisa terjadi saat lo mengalami stres jangka panjang. Beberapa tandanya yaitu sering mengeluh capek, merasa nggak berdaya, sampai pengin menyerah dalam menjalani hidup. Kondisi ini sering kali dialami oleh orang yang bekerja, tak terkecuali pebisnis. Namun, burnout bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini, Superfriends.

 

Jangan Takut Bilang ‘Tidak’

Ilustrasi menolak
Image: monstera/Pexels

Sebagai pemilik bisnis, lo mungkin sering dapet undangan buat meeting atau jadi pembicara di acara tertentu. Kalau agenda tersebut udah terlalu full sampai mengganggu waktu istirahat lo, jangan takut buat menolak dan bilang ‘tidak’, Bro. Lo harus berani buat batasan buat diri lo sendiri. Kasih waktu buat diri lo buat istirahat biar kesehatan fisik dan mental lo tetap terjaga.

 

Jaga Pola Makan

Nggak sedikit pebisnis yang sampai lupa makan saking sibuknya. Kalau sempat makan, mereka cuma mengonsumsi makanan instan atau junkfood yang bisa dimakan sambil kerja. Jangan sampai lo kayak mereka, Superfriends. Nggak cuma buat kesehatan fisik, makanan juga punya peran penting buat kesehatan mental lo. Selalu luangkan waktu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, serta konsumsi makanan yang bergizi, ya.

 

Jangan Lupa Olahraga

Ilustrasi olahraga
Image: Pixabay

Selain jaga pola makan, jangan lupa juga buat rutin berolahraga di sela-sela kesibukan lo sebagai pebisnis, Superfriends. Aktivitas fisik bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja kognitif dan kemampuan fokus serta menurunkan risiko stres. Kalau nggak sempet keluar ruangan, lo mungkin bisa beli treadmill atau sepeda statis yang menaruhnya di ruangan lo. Lumayan kan bisa olahraga sambil review pekerjaan dari HP.

 

Punya Support System

Terlalu sibuk mengurus bisnis bikin beberapa entrepreneur jadi nggak punya hubungan personal yang baik, seperti sama teman, pasangan, atau keluarga. Kondisi ini sering kali bikin mereka merasa kesepian, stres, hingga akhirnya burnout. Padahal, hubungan dengan orang lain tuh nggak bisa disepelein, lho. Sebagai makhluk sosial, lo butuh buat berinteraksi sama orang lain agar lo merasa tetap “hidup”. Hubungan ini maksudnya nggak cuma buat urusan kerja aja ya, tapi juga hubungan yang lebih dekat dan intim.

 

Delegasikan Pekerjaan Lo

Salah satu tipe pebisnis yang berisiko mudah stres yaitu mereka yang sulit membagi tugasnya pada orang lain dan melakukan praktik micromanaging. Yup, pebisnis seperti ini sering merasa kurang percaya sama orang lain dan memilih buat mengerjakan semuanya.

 

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa bikin stres dan burnout. Kalau lo termasuk tipe tersebut, sebaiknya mulai belajar buat mendelegasikan pekerjaan lo, Superfriends. Kepercayaan jadi salah satu hal yang harus lo bangun dalam berbisnis. Jadi, penting banget buat mempercayai orang lain dan mendelegasikan tugas lo pada orang tersebut.

 

Itu tadi beberapa cara yang bisa lo lakukan untuk mencegah burnout sebagai pebisnis. Punya cara lain, Superfriends? Tulis di kolom komentar, ya. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Entrepreneurship #Bisnis Investasi

Source:Entrepreneur

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /