Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 30/11/2023

Article Category : News

Kalau lo lagi liburan ke Bromo, jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke air terjun Madakaripura. Terletak di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, air terjun ini menyimpan banyak pesona, mulai dari sejarah hingga kisah mistisnya. Air terjun ini terkenal karena keindahan alamnya dan memiliki sejarah kaitannya dengan Gajah Mada, seorang tokoh penting dalam sejarah Majapahit.

Untuk menjangkau air terjun ini diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Probolinggo. Apa aja sih daya tarik yang bisa lo temukan di tempat ini? Yuk, simak juga sejarah, mitos, hingga cara menuju ke air terjun Madakaripura.

Sejarah dan Mitos Air Terjun Madakaripura

Fyi, sejarah mengatakan bahwa air terjun Madakaripura dulunya adalah tempat pertapaan Gajah Mada. Pemberian namanya sendiri dirujuk dari tiga kata yaitu ‘Mada’ yang berarti Gajah Mada, ‘Kari’ yang berarti peninggalan, dan ‘Pura’ yang berarti sembahyang atau semedi.

Air terjun Madakaripura juga disebut sebagai tanah perdika yang diberikan oleh raja Majapahit kala itu sebagai hadiah atas kerja keras Patih Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara. Maka dari itu, ketika lo masuk ke kawasan air terjun, lo bakal disambut oleh dua patung Gajah Mada. Patung pertama menunjukkan Gajah Mada yang sedang berdiri tegak sambil mengacungkan keris. Sementara itu, patung kedua adalah patung Gajah Mada yang sedang bertapa.

Ada juga mitos yang mengklaim bahwa di sekitar Madakaripura terdapat makam keluarga kerajaan Majapahit. Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan keberadaan makam tersebut, mitos ini menambahkan unsur kepercayaan bahwa tempat ini memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi.

Masyarakat setempat meyakini bahwa Madakaripura memiliki nilai spiritual dan keagamaan yang tinggi. Beberapa wisatawan mungkin melihat penduduk setempat melakukan ritual kecil atau upacara di sekitar air terjun. Ini menciptakan nuansa mistis dan kekaguman terhadap keindahan alam Madakaripura.

Daya Tarik dan Pesona Air Terjun Madakaripura

Supaya lo semakin yakin untuk mengunjungi air terjun Madakaripura, coba lo simak beberapa daya tarik utamanya berikut ini.

1. Air Terjun Tertinggi Pulau Jawa

Air terjun Madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 meter, sehingga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan juga salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air yang jatuh dari ketinggian tersebut menciptakan suasana dramatis dan menarik bagi para pengunjung. Suara gemuruh air yang jatuh juga bisa lo dengar dari kejauhan, memberikan pengalaman yang pastinya nggak terlupakan.

2. Formasi Tebing Curam

Keindahan air terjun ini juga terkait dengan formasi tebing curam yang mengelilinginya. Bebatuan dan dinding-dinding alami membentuk cekungan yang menambah kesan dramatis pada lingkungan sekitar air terjun. Tebing-tebing curam ini memberikan latar belakang yang menakjubkan untuk air yang turun dari ketinggian.

3. Vegetasi dan Tanaman Hijau

Kawasan sekitar Madakaripura dipenuhi dengan vegetasi yang hijau dan rimbun. Pepohonan tinggi dan semak-semak menambah pesona alaminya. Saat berkunjung ke air terjun, lo bakal merasakan kesejukan dan keasrian dari hamparan hijau yang melingkupi area tersebut.

4. Suasana Mistis

Mitos dan legenda seputar Madakaripura memberikan sentuhan mistis pada tempat ini. Suasana mistis ini terasa dalam keheningan dan keasrian alam sekitarnya. Ini menciptakan pengalaman yang tidak hanya indah secara visual tetapi juga mempesona secara spiritual.

5. Ruang Terbuka dan Udara Segar

Keindahan alam Madakaripura tidak hanya terkait dengan elemen-elemen visual, tetapi juga dengan kesegaran udara dan ruang terbuka di sekitarnya. Udara segar dari hutan dan aroma alami pasti akan bikin lo lebih segar dan refresh lagi.

6. Air Terjun Tirai

Nggak hanya air terjun utama aja, air dari air terjun Madakaripura juga ada yang mengalir dari celah-celah dinding perbukitan di sekitarnya. Jadi, saat lo berada di sekitar air terjun utama, lo juga akan melihat banyak bukit yang mengucurkan air terjun tirai atau kapas dari atas tebing. Kalau nggak mau basah kuyup, lo disarankan untuk menggunakan mantel.

7. Air Terjun Abadi

Air terjun yang satu ini juga disebut sebagai air terjun abadi oleh masyarakat sekitar, loh. Karena Madakaripura nggak pernah mengalami kekeringan sepanjang tahun. Ada juga yang percaya bahwa air terjun ini bisa membuat awet muda.

Cara Mencapai Air Terjun Madakaripura

Image source: jawapos.com

Untuk mencapai area air terjun, lo bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Dari Probolinggo, arahkan kendaraan lo ke Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Jarak yang perlu ditempuh kurang lebih sekitar 37 km.

Setelah sampai di pintu masuk air terjun, lo masih perlu melakukan trekking sejauh 1.5 kilometer untuk mencapai titik air terjun. Namun jangan khawatir, jalur yang dilalui sudah cukup bagus. Lo bisa melihat panorama alam perbukitan dan suara gemericik air sungai selama berjalan kaki. Ada juga beberapa penjual makanan dan minuman yang bisa lo beli. Tapi, lo tetap harus berhati-hati karena di beberapa spot jalurnya bisa sedikit licin.

Harga Tiket Air Terjun Madakaripura

Tiket masuk ke area air terjun bisa langsung lo beli di loket pintu masuk. Setiap pengunjung dikenakan harga Rp22.000 untuk wisatawan lokal dan Rp45.000 untuk wisatawan mancanegara.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada akhir musim hujan, guys, yaitu antara Mei hingga Juni. Disarankan juga untuk lo berkunjung di pagi hari karena kemungkinan besar cuaca sedang cerah. Gimana, mau langsung berangkat ke air terjun ini?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#air-terjun #Solo Travelling

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Suhu Tubuh Minimal Saat di Gunung Agar Terhindar Dari Hipotermia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING TANPA INSTRUKTUR TETAP AMAN, INI TIPSNYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terbawa Arus Bawah Laut Saat Menyelam? Jangan Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

TIPS MENGATASI KACAMATA DIVING SAAT KEMASUKAN AIR

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MEMASAK NASI YANG BENAR MENGGUNAKAN NESTING

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Panjat Tebing dengan Pemandangan Juara di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Orienteering Petualangan Menantang di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gunung Semeru Mengamuk Sampai Erupsi 7 Juli 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG HARUS ADA DI KOTAK P3K KETIKA OUTDOOR ACTIVITY

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kenapa Kuping dan Telapak Tangan Wajib Hangat Saat Hawa Dingin?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /