Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi uang. Image: Iqbal Nuril Anwar/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/08/2023

Article Category : News

Sebagai entrepreneur, lo pasti pengin bisnis yang lo jalanin bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Nggak bisa dimungkiri juga kalau lo pengin dipandang sebagai seorang pengusaha sukses dan kaya. Biar lo nggak salah ambil langkah nih, ada petuah dari sosok pebisnis yang terkenal di dunia. Siapa ya kira-kira?

 

Adalah Warren Buffett. Dia merupakan chairman dan CEO Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan multinasional di Amerika Serikat. Selain itu, Buffet juga merupakan orang terkaya kelima di dunia dengan kekayaan bersih mencapai $117 miliar. Gokil nggak tuh!

 

Nah, kalau lo mau ngikutin jejak Buffett buat jadi pengusaha yang sukses dan kaya, simak nih petuah doi berikut ini.

 

Utamain Menabung

Ilustrasi menabung
Image: maitree rimthong/Pexels

Ngaku, pas bisnis lo lagi cuan banyak, lo pasti langsung buru-buru pengin beli barang mahal yang lo pengin, kan? Sebenernya, sah-sah aja sih kalau lo pengin seneng-seneng pakai uang itu. Namun, menurut Buffett, ada baiknya lo ngutamain nabung dulu, Superfriends. Punya tabungan dan dana darurat bisa menyelamatkan bisnis lo dari situasi buruk, terutama saat terancam buruk. Lo bisa bikin anggaran tabungan dan anggaran senang-senang biar uangnya nggak kecampur.

 

Hati-hati saat Beli Barang Bermerek

Salah satu godaan yang kerap menghantui orang-orang berduit adalah belanja barang bermerek. Situasi ini mungkin pernah lo rasain saat bisnis lo lagi cuan dan lo dapet uang kaget dari keuntungan tersebut. Nggak ada salahnya kalau lo mau beli barang branded, Superfriends. Namun, pastiin barang tersebut punya nilai guna buat lo dan bisa dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Misalnya, beli jam tangan branded. Selain bisa dipakai sehari-hari, jam tangan branded juga bisa jadi barang investasi yang bisa dijual lagi.

 

Pakai Uang Tunai daripada Kartu ATM

Ilustrasi uang tunai
Image: Pixabay

Salah satu hal yang bikin lo berpotensi boros adalah pemakaian kartu ATM, terutama kartu kredit. Gimana nggak boros, cuma dalam satu gesekan kartu aja, lo bisa beli barang yang lo pengin. Tanpa sadar, lo bisa aja udah ngeluarin sekian juta dalam sekali transaksi. Selain itu, pemakaian kartu kredit juga berisiko nambah utang kalau lo nggak bisa bayar tagihannya tepat waktu.

 

Buffet pun menyarankan buat pakai uang cash saat belanja karena lo bisa lebih ngontrol pengeluaran lo. Kalau emang barang yang bakal lo beli itu harganya lumayan mahal dan nggak mungkin bawa uang cash banyak-banyak, lo bisa pakai kartu debit karena nggak ada tagihannya.

 

Jangan Berutang buat Investasi

Saat ini, banyak orang yang mulai tertarik buat investasi, mulai di reksadana, saham, sampai kripto. Investasi ini bisa jadi hal yang bagus kalau lo tau apa tujuan investasi lo dan tau instrumen apa yang mau lo beli. Sebaliknya, investasi bisa bikin lo rugi kalau lo pakai utang atau uang pinjaman buat berinvestasi. Uang pinjaman ibaratnya merupakan uang ‘panas’ yang harus lo balikin ke pemiliknya. Kalau nilai saham lagi anjlok, lo jadi kesulitan buat ngebalikin utang tersebut.

 

Nah, buat lo yang punya bisnis, investasi ini nggak harus dalam bentuk reksadan atau saham. Lo juga bisa beli mesin atau barang-barang yang bisa dipakai buat keberlanjutan bisnis lo. Lagi-lagi inget, jangan pakai utang buat beli barang tersebut, ya. Lo mungkin bisa menyewa alat-alat tersebut buat memangkas budget sebelum bisa beli sendiri.

 

Itu tadi beberapa petuah dari Warren Buffett buat lo yang pengin jadi pebisnis sukses dan kaya. Setuju nggak sama petuahnya, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Bisnis Investasi #Entrepreneurship

Source:Entrepreneur

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Catat! Ini Tips Cegah Ngantuk saat Road Trip

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Ide Traveling Sambil Olahraga di Bali, Bisa Yoga hingga Surfing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Matras Camping yang Nyaman, Harga Mulai dari 40 Ribuan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Libur Panjang Lebaran, Ini Tips yang Wajib Lo Ikuti biar Tetap Sehat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Siap-siap! Ini Deretan Gunung yang Buka Lagi setelah Libur Lebaran 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Bawa Korek, Ini Cara Alternatif Bikin Api Unggun di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Kuliner Lebaran dari Berbagai Negara, Unik dan Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Stres! Ini Tips Traveling saat Libur Lebaran yang Harus Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kue Lebaran dari Berbagai Daerah, Unik dan Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Itinerary Wisata Seharian di Cirebon, Santap Empal Gentong hingga Main ke Pantai

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /