Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 23/02/2024

Article Category : News

Bro, tahu nggak apa itu trail running? Beda dengan olahraga lari biasanya, trail running adalah jenis lari yang dilakukan di alam terbuka. Biasanya, jalur yang ditempuh dalam olahraga trail running berupa perbukitan, pegunungan, atau medan bebatuan dan berlumpur. Intinya, jalur yang dilalui harus benar-benar dekat dengan alam. Kalau lo lari di jalanan beraspal, maka itu nggak bisa disebut sebagai trail running ya.

Nah, belakangan ini trail running mulai populer di Indonesia. Banyak orang yang mulai suka melakukan trail running karena bisa lebih dekat dengan alam, dapat menghirup udara segar, dan melihat pemandangan alam yang indah sambil berolahraga.

Tapi, sebelum lo mulai melakukan trail running ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan. Lihat juga nih beberapa rekomendasi tempat yang cocok buat trail running di Indonesia berikut ini.

Apa Itu Trail Running?

Trail running adalah bentuk lari yang dilakukan di alam terbuka, melibatkan rute yang melewati jalur setapak atau jalan setapak alami di pegunungan, hutan, atau lingkungan alam lainnya. Aktivitas ini menantang karena lo harus menghadapi medan yang bervariasi, termasuk tanah berbatu, akar-akar pohon, tanah berpasir, sungai kecil, dan kontur tanah yang berbeda-beda.

Berbeda dengan lari di jalan aspal atau trek lari biasa, trail running menawarkan pengalaman yang lebih dekat dengan alam dan seringkali lebih menantang karena medan yang beragam dan berubah-ubah. Selama lari, lo dapat menemukan berbagai tantangan seperti menanjak dan menurun, melintasi sungai, dan beradaptasi dengan kondisi cuaca yang mungkin berubah di alam terbuka.

Peralatan Trail Running

Apa aja nih peralatan trail running yang perlu lo persiapkan? Ini beberapa di antaranya.

1. Sepatu Trail Running

Sepatu trail running dirancang khusus untuk menangani kondisi medan yang bervariasi selama trail running. Dengan sol yang tebal dan tahan aus, sepatu ini memberikan perlindungan maksimal terhadap tanah berbatu dan akar pohon. Desain ringan dan fleksibel memungkinkan pelari untuk beradaptasi dengan medan yang berubah-ubah tanpa merasa terbatasi. Teknologi grip atau penguat pada sol memberikan traksi ekstra, memastikan stabilitas di jalur yang licin atau berbatu.

2. Pakaian Lari

Pakaian khusus untuk lari menjadi kunci dalam kenyamanan dan performa selama trail running. Terbuat dari bahan seperti polyester atau spandek, pakaian ini memiliki sifat cepat kering yang membantu mengatasi keringat dan menjaga tubuh tetap sejuk.

3. Ransel atau Hydration Pack

Ransel atau hydration pack sangat penting untuk membawa air, makanan, dan perlengkapan esensial lainnya. Dengan kapasitas yang cukup, ransel ini dilengkapi dengan desain ergonomis agar nyaman saat digunakan selama berlari.

4. Perlengkapan Navigasi

Untuk menjaga arah dan memahami rute yang diambil, pelari trail sering membawa perlengkapan navigasi. Peta trail atau peta topografi daerah yang akan dijelajahi menjadi panduan visual, sedangkan kompas memberikan bantuan navigasi krusial terutama di daerah yang kurang tanda petunjuk.

5. Pelindung Tubuh

Ketika berlari di alam terbuka, perlindungan terhadap elemen seperti sinar matahari dan angin menjadi penting. Kacamata hitam melindungi mata dari silau dan debu, sementara topi memberikan perlindungan tambahan terhadap sinar matahari. Penggunaan tabir surya juga penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang intens, mencegah sunburn dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

6. Peralatan Keselamatan

Terutama di daerah pegunungan atau lingkungan yang rawan cuaca buruk, pelari trail perlu membawa peralatan keselamatan. Jaket anti-air yang ringan tetapi tahan air dapat melindungi dari hujan tiba-tiba. Headlamp dengan daya tahan yang baik membantu pelari yang berada di jalur pada malam hari atau di daerah yang kurang pencahayaan.

7. Peralatan Medis

Peralatan medis seperti pembalut keseleo, plester, dan obat-obatan ringan adalah bagian penting dari peralatan trail running. Mereka dapat membantu mengatasi cedera kecil atau kondisi kesehatan mendadak selama perjalanan.

Rekomendasi Tempat Trail Running

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tempat trail running terbaik di Indonesia.

1. Bukit Campuhan Ridge Walk (3,7 km)

Image source: discovabali.com

Jalur yang satu ini adalah jalan setapak indah yang terbentang sepanjang Bukit Campuhan. Trail running di sini bisa membuat lo lebih dekat dengan alam Ubud. Dengan banyaknya pepohonan dan perbukitan, Campuhan Ridge Walk memiliki pemandangan hutan, persawahan, dan juga ladang. Sepanjang jalan, lo akan ditemani dengan persawahan di kanan kiri yang hijau dan pastinya cantik banget.

2. Sari Organic Walk (3,5 km)

Image source: omnivagant.com

Next, masih di Pulau Bali lo bisa coba trail running di Sari Organic Walk. Kalau dibandingkan dengan Campuhan Ridge Walk, Sari Organic Walk memang kalah populer. Tapi, hal ini bisa jadi keunggulan tersendiri karena lo bisa trail running di tempat yang masih cukup sepi dan nggak terlalu banyak wisatawan.

3. Pangalengan - Papandayan (15 km)

Buat lo yang mau lari dengan jarak lebih jauh, bisa nih coba jalur yang satu ini. Pangalengan adalah sebuah daerah yang indah di Jawa Barat. Nggak hanya menjadi rumah bagi perkebunan kopi, teh, dan petani sayur dan susu, tetapi juga menawarkan trail run yang menantang melintasi medan yang beragam, termasuk Danau Cileunca, bukit, hutan tropis, dan kawah vulkanik. Jalur Pangalengan memiliki panjang yang bervariasi, dimulai dari 15 km, 40 km, 80 km, dan seterusnya. Trek dimulai dari Danau Cileunca, melewati kebun sayur, perkebunan teh, beberapa desa tempat tinggal para pemetik teh, dan berakhir di kawah Gunung Papandayan, salah satu gunung berapi paling spektakuler di Jawa Barat.

4. Gunung Gede Pangrango (25 km)

Image source: burangrang.com

Gunung Gede Pangrango adalah destinasi trail running dan hiking yang populer karena aksesibilitasnya dan juga karena keindahannya. Menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, lo kan disuguhkan pemandangan hutan tropis yang lebat, air terjun, mata air panas, dan kawah Gunung Gede yang megah.

Seru kan? Yuk, cobain trail running sebagai salah satu sarana olahraga baru yang menantang dan pastinya menyenangkan.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Jungle Tracking

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Buff untuk Naik Gunung, Jadi Pelindung Wajah dari Panas dan Dingin

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Hal yang Sering Bikin Bule ‘Kaget’ saat Traveling ke Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Takut Naik Pesawat? Ini Tips yang Bisa Lo Lakukan untuk Mengatasinya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Punya Nama Sama, Ini Perbedaan Nasi Liwet dari Solo dan Sunda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Bertualang di Gunung Merapi Naik Mobil Jeep, Ini Harganya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liburan 2 Hari 1 Malam di Sleman, Ini Itinerary yang Bisa Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Liburan Pakai Jasa Agen Travel, Worth It Nggak Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /