Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Tradisi Suku Minahasa yang Sangat Ikonik di Kawasan Sulawesi Utara!

Author :

Article Date : 19/11/2019

Article Category : Trending

Minahasa merupakan suku yang mendiami kawasan Sulawesi Utara khususnya Kota Manado. Suku ini juga sangat terkenal dengan kebudayaan serta kulinernya yang ekstrem. Namun ternyata bukan hanya itu saja loh, masih banyak tradisi-tradisi uniknya. Manado juga merupakan kota yang penuh dengan keindahan alam, sehingga lo enggak akan menyesal kalau sudah datang ke sana.

 

Masyarakat Minahasa juga sangat ramah kok, secara langsung lo akan merasakan seperti berada di rumah sendiri ketika berkunjung ke kawasan mereka. Memang kebudayaan menjadi kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia, tak heran apabila Suku Minahasa juga memiliki ciri khas yang membedakan dengan lainnya.

 

[readalso url=20755]

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap tradisi masyarakat Minahasa yang unik, langsung saja simak beberapa informasinya atau pilihannya di bawah ini. Dari tradisi-tradisi di bawah ini, tentunya lo bisa melihat sisi lain dari Suku Minahasa itu sendiri. Semoga bisa berguna dan menjadi jendela terhadap ragam kebudayaan Indonesia yang penuh dengan kejutan dan keunikan.

 

Tradisi Suku Minahasa – Kesenian Musik Kolintang

Tradisi Suku Minahasa – Kesenian Musik Kolintang

5 Tradisi Suku Minahasa yang Sangat Ikonik di Kawasan Sulawesi Utara! Credit: /travelingyuk.com

 

Tidak bisa dipungkiri kalau setiap daerah di Indonesia memang memiliki pilihan musik tradisionalnya masing-masing. Suku Minahasa juga memiliki salah satu alat musik tradisional yang akan membuat lo tersenyum karena perpaduan suaranya sangat menenangkan.

 

Kolintang sendiri biasanya dimainkan dalam bentuk orkes dan sudah diajarkan sejak dini, bahkan ketika anak-anak masih duduk di bangku sekolah. Bentuknya yang cukup besar tentunya mampu menghasilkan suara nan merdu.

 

Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu belar yang juga sering disebut sebagai wunut, kemudian seiring dengan perkembangan zaman, kolintang sendiri terbuat dari kayu cempaka. Sehingga kalau lo sedang berkunjung ke Kota Manado, jangan lupa untuk mencari tahu mengenai pementasan musik Kolintang yaa.

 

Tradisi Suku Minahasa – Kegiatan Mapalus

Tradisi Suku Minahasa – Kegiatan Mapalus

5 Tradisi Suku Minahasa yang Sangat Ikonik di Kawasan Sulawesi Utara! Credit: twitter.com

 

Gotong royong memang sudah menjadi sebuah kegiatan yang menyimbolkan masyarakat Indonesia. Sama halnya dengan Suku Minahasa, karena terdapat sebuah sistem tradisionalnya yang berbentuk gotong royong.

 

Kegiatan Mapalus sendiri merupakan prosedur kerjasama secara bergiliran oleh setiap anggota untuk kepentingan bersama. Ambil contoh saja, untuk membuat fasilitas umum di perumahan atau desa, tentunya kegiatan ini akan dilakukan.

 

Dalam pengertian lainnya Kegiatan Mapalus merupakan kesadaran bersama untuk berkarya, berpikir dan lain-lainnya. Merupakan sebuah pemandangan yang biasa di Manado atau Sulawesi Utara apabila terdapat sekumpulan orang berkerja bersama untuk kepentingan umum.

 

Tradisi Suku Minahasa – Tari Cakalele/Kabasaran

Tradisi Suku Minahasa – Tari Cakalele/Kabasaran

5 Tradisi Suku Minahasa yang Sangat Ikonik di Kawasan Sulawesi Utara! Credit: blogkulo.com

 

Selain dari musik tradisionalnya, Suku Minahasa juga memiliki salah satu tariannya yang mampu menarik banyak perhatian dari para wisatawan ataupun pelancong. Bahkan tarian ini meniru perilaku yang dilakukan para leluhur ketika melawan musuh dan diperagakan.  

 

Tarian tersebut ialah Tari Cakalele atau Kabasaran, lo bisa menemukan tarian ini ketika ada acara-acara tradisional seperti pagelaran seni budaya atau menyambut tamu. Tarian ini pun sangat uni, karena para penarinya akan menggunakan pakaian adat berwarna merah yang terlihat sangat sangar.

 

Bahkan tarian ini juga menjadi ikon dari kebudayaan Suku Minahasa, tak heran apabila lo dengan mudah akan menemukan gambar atau videonya di internet. Namun, kurang rasanya apabila lo belum melihatnya secara langsung dengan mata dan kepala lo.

 

Tradisi Suku Minahasa – Upacara Toki Pintu

 

Berikutnya mengenai tradisi masyarakat Suku Minahasa yang perlu untuk lo ketahui ialah Upacara Toki Pintu. Bisa dikatakan pula, kalau tradisi ini cukup sakral, karena dilakukan pada saat pernikahan adat Suku Minahasa.

 

Karena mayoritas dari masyarakatnya memeluk agama Kristen Protestan, maka acara ini dilakukan dengan makan malam dan acara kebaktian. Tradisi ini memang sulit untuk ditemukan karena memang sangat privasi dan bagi para wisatawan yang ingin melihat harus meminta izin dulu kepada pihak keluarga.

 

Upacara Toki Pintu sendiri berisi antar harta hingga prosesi upacara adat ini dirangkai dalam satu hari pelaksanaan. Daripada lo semakin penasaran terhadap upacara ini, coba saja langsung cari informasi melalui warga setempat dan lihat sendiri bagaimana upacara ini dilaksanakan.

 

Tradisi Suku Minahasa – Waruga

Tradisi Suku Minahasa – Waruga

5 Tradisi Suku Minahasa yang Sangat Ikonik di Kawasan Sulawesi Utara! Credit: /id.wikipedia.org

 

Tradisi pemakaman Suku Minahasa juga tak kalah menariknya, karena terdapat perbedaan dengan peletakkan posisi jenazah kea rah utara dan di tekuk kaki jenazah sehingga tumit kaki menempel pada bagian bokong serta kepala mencium lutut.

 

Hingga hari ini suku Minahasa masih menjalankan tradisi unik ini, dalam tradisi ini jenazah juga dihadapkan ke utara memberikan uncur simbolik yaitu menandakan bahwa nenek moyang Suku Minahasa berasal dari bagian Utara. Setelah itu, jenazah dikubur dalam sebuah bangunan batu yang bernama Waruga.

 

Waruga sendiri diambil dari dua kata yaitu Waru dan Ruga, Waru memiliki arti rumah dan RUga memiiki makna badan. Bisa disimpulkan juga kalau Waruga ini merupakan tempat badan yang di mana roh dari badan tersebut telah kembali kepada Sang Pencipta.

 

Konon katanya mayat yang telah dimakamkan di Waruga ini akan berubah sendirinya menjadi abu secara alami tanpa ada proses kremasi. Tak heran apabila Waruga sendiri juga menjadi daya tarik pariwisata kawasan Sulawesi Utara, baik untuk wisatawan asal dalam maupaun luar negeri.

 

**

 

[readalso url=20757]

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tradisi Suku Minahasa di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam tradisi di Indonesia yang memang terkenal unik dan memiliki karakteristiknya masing-masing! Ingat negara ini sangat luas, sehingga lo membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bisa melihat semuanya!

 

Source: .pegipegi.com/

 

 

 

Featured Image: medium.com

 

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Trending

5 Kelezatan Kuliner Khas Daerah yang Sangat Dinanti Saat Lebaran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Kuliner Khas Nusantara yang Wajib Hadir Saat Buka Puasa

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Ide Bisnis yang Lumayan Menguntungkan di Bulan Ramadan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Mengenal Slow Tourism, Tren Traveling Viral Selain Virtual Tour dan Staycation

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Informasi Lengkap Wisata Balon Udara Luar Angkasa, Tertarik Mencobanya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Demi Promo Pariwisata Hijau, Mahasiswa Ini Nekat Mendaki 35 Gunung di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Alasan Kenapa Cowok Traveler Cocok Dijadikan Sebagai Pasangan Hidup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Heboh Harga Outfit Pendaki Gunung Mencapai Rp 32 Juta, Kalau Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Kreskros Plasticycle, Brand Fashion Ciamik Hasil Upcycling Sampah Plastik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Trending

Selama Pandemi, Wisatawan Indonesia Menciptakan Tren Perilaku Baru, Apa Aja?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /