Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Keindahan Pulau Buru Di Maluku Yang Belum Terekspos Banyak Orang

Author :

Article Date : 25/06/2018

Article Category : Wilderness

Pulau Buru merupakan salah satu pulau terbesar di Kepulauan Maluku yang memiliki keindahan alam yang patut untuk lo perhatikan bro. Perpaduan keindahan pantai serta pegunungannya yang memukau membuat banyak pelancong baik dari dalam negeri maupun luar berbondong-bondong untuk mengunjungi pulau ini.

Dengan luas wilayah sekitar 8.473,2 Km2, pulau ini juga memiiki garis pantai yang luas pula. Berbicara mengenai pantai memang Pulau Buru ini memiliki kualitas pantai yang indah loh. Hamparan pasir putih merupakan hal yang akan selalu lo dapatkan apabila berkunjung ke Pulau Buru.

[readalso url=18096]

Namun memang dibalik dari keindahannya tersebut, Pulau Buru sendiri memiliki masa lalu yang kelam. Konon katanya pulau ini sempat menjadi tempat pembuangan narapidana. Tapi hal tersebut tidak perlu lo pikirkan kembali bro, karena itu hanya merupakan sebuah masa lalu.

Keindahan alam yang memukau menjadi hal yang harus lo kedepankan, oleh sebab itu di dalam artikel ini akan membahas beberapa hal menarik mengenai Pulau Buru sendiri yang belum banyak orang tahu mengenai hal tersebut. Dan Pulau Buru ini bisa menjadi destinasi lo berikutnya dalam menghabiskan waktu luang lo.

Namlea

Suasana Pulau Buru. Credit: geomagz.geologi.esdm.go.id

Pulau Buru sendiri memiliki nama lain yang lebih akrab dikenal oleh para masyarakat sekitar pulau tersebut. Nama tersebut ialah Namlea. Karena nama itu sendiri diambil dari ibu kota dari Pulau Buru. Jadi kalau berbicara dengan orang lokal, mereka lebih mengetahui Pulau Namlea ketimbang Pulau Buru.

Banyak pertanyaan yang timbul apabila membicarakan mengenai pulau ini sendiri. Mulai dari bagaimana caranya agar bisa mencapai pulau ini serta apa saja yang harus dilakukan untuk merealisasikan ha tersebut.

Cara Untuk Mencapai Pulau Buru

Perahu Yang Melintasi Perairan Pulau Buru. Credit: feikalaprieza.blogspot.com

Cara utama untuk dapat mencapai Pulau Buru ini sendiri ialah dengan menghampiri Kota Ambon terlebih dahulu. Karena dari kota inilah lo akan mendapatkan sebuah jasa yang bisa mengantarkan lo ke Pulau Buru.

Dari Kota Ambon lo bisa menggunakan transportasi kapal laut yang akan menempuh perjalanan sekitar 8 hingga 12 jam. Namun dengan perjalanan yang panjang tersebut akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada.

Tentunya pada saat pertama kali menginjakkan kaki lo di Pulau Buru ini, langsung terpancar keindahan alam yang memukau serta banyak panorama alam yang hanya bisa lo dapatkan di kawasan Pulau Buru.

Pantai Jikumerasa

Suasana Di Kawasan Pantai Jikumerasa. Credit: ksmtour.com

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang wajib untuk lo kunjungi pada saat melakukan perjalanan lo di Pulau Buru. Di dalam kawasan Pnatai Jikumerasa lo akan menemukan beberapa spot unik yang haru lo jelajahi.

Terletak kurang lebih 10 Km dari pusat kota, membuat pantai ini pilihan favorit para wisatawan yang berasal dari luar negeri atau dalam negeri. Hamparan pasir putih dengan butirannya yang halus serta air lautnya yang bening membuat siapapun tergiur untuk datang ke kawasan pantai ini.

Belum lagi ditambah dengan biota lautnya yang menarik, sehingga melihat aktifitas bawah lautnya. Aktifitas snorkeling juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat lo lakukan di kawasan Pantai Jikumerasa. Namun memang, kalau lo ingin melakukan aktifitas snorkeling tersebut, lo harus membawa peralatannya sendiri. Karena di kawasan pantai ini belum tempat untuk menyewakan alat-alat tersebut.

Pantai Waeperang

Suasana Di Pantai Waeperang. Credit: sinarharapan.net

Ini merupakan salah satu kandidat yang dapat menjadi pesaing dari Pantai Jikumerasa sendiri. Pantai yang letaknya tak jauh dari Pantai Jikumerasa merupakan pantai yang tergolong sepi. Hal itu dikarenakan oleh belum banyaknya orang yang mengetahui mengenai keberadaan dari pantai ini sendiri.

Hamparan pasit putih serta air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama apabila lo berkunjung ke Pantai Waeperang. Pantai yang tergolong perawan ini bisa menjadi destinasi favorit lo berikutnya apabila ingin mendapatkan sebuah suasana alam yang sepi, tenang dan indah.

Air Terjun Waeura

Suasana Di Air Terjun Waeura. Credit: satu-indonesia.com

Air terjun yang memiliki sebuah keunikan serta keindahaannya ini memang merupakan hal yang wajib untuk lo kunjungi. Tak hanya itu banyak hal yang mungkin tidak akan lo dapatkan di tempat lain. Terletak sekitar 1 kilometer dari pusat kota, membuat air terjun ini sering menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Memang Air Terjun Waenura sendiri merupakan sebuah air terjun yang tidak memiliki ketinggian, namun dengan 6 tingkatan yang ada membuat air terjun ini terasa begitu segar serta menenangkan. Memilih tempat ini untuk menjadi tempat penghilang rasa penat bisa menjad salah satu jawaban lo.

Air yang jernih juga menjadi salah satu alasan yang dapat memperkuat lo untuk menghampiri pulau ini. Belum lagi ditambah dengan hawa nan sejuk yang ditawarkan.

Kota Yang Hilang

Suasana Di Desa Kayeli. Credit: pesonabupolo.com

Di dalam kawasan Pulau Buru sendiri terdapat sebuah desa. Bukan sembarangan desa bro, kawasan tersebut dahulunya pernah digunakan sebagai tempat pusat pemerintahan penjajahan Belanda. Nama kawasan tersebut ialah Desa Kayeli.

Terletak di pantai selatan Teluk Kayeli, dahulu kawasan ini pernah dilanda sebuah musibah yang membuat kota ini hancur berantakan. Namun masih tersisa beberapa bangunan yang tentunya memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pada saat berkunjung ke Pulau Buru, jangan lupa untuk menghampiri tempat ini yaa bro. Karena lo akan mendapatkan sebuah pengalaman yang menarik dan tentunya. Sisa bangunan seperti Benteng Kayeli yang memang dibangun oleh VOC pada tahun 1785.

Suasana seperti kota mati merupakan hal yang menjadi daya tarik dari lokasi ini. Semakin penasaran bro? Langsung datang saja untuk benar-benar merasakan apa yang ditawarkan oleh kawasan ini.

[readalso url=18055]

Jadi bagaimana bro dengan informasi Pulau Buru yang ada di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke sana. Selalu diingat pula untuk kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /