Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ini Hal Yang Harus Lo Tahu Dari Kompas Sebagai Penunjuk Arah Bro!

Author :

Article Date : 31/03/2018

Article Category : Wilderness

Kompas merupakan salah satu alat untuk menunjukan arah. Hal ini diketahui karena sifat magnet kompas akan selalu menunjuk ke arah utara-selatan. Walaupun memang utara yang dimaksud disini bukan arah utara sebenarnya, melainkan arah utara magnetis.

Kompas itu sendiri merupakan salah satu alat bantu yang memang sudah ada di kehidupan manusia semenjak abad ke 11. Pertama kali kompas ditemukan pada zaman Dinasti Han Tiongkok. Dahulu kompas itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk meramal. Jadi pada saat itu, alat penunjuk arah ini belum digunakan untuk memberikan sebuah arah tujuan, namun memang manjadi alat dimana dapat membantu seseorang untuk meramalkan sesuatu.

Perlu diketahui juga, bahwa alat penunjuk arah ini merupakan salah satu alat bantu manusia yang membantu majunya perdagangan maritim loh bro. Karena kompas ini berjasa untuk memberikan perjalanan maritim yang lebih aman dan tentunya lebih jelas. Jadi memang banyak orang yang bergantiung kepada alat ini hingga hari ini. 

Selain GPS, kompas merupakan salah satu alat yang kerap digunakan oleh orang yang gemar berkemah ataupun melakukan aktivitas alam liar atau adventure. Karena memiliki sifat ini, sebagai orang yang selalu mencari tantangan, lo wajib tahu beberapa hal tentang kompas ini. 

Kompas Bidik

Ilustrasi kompas bidik. Source

Ini merupakan salah satu jenis kompas yang harus lo ketahui bro. Berbicara mengenai fungsi dari kompas jenis ini tak ada bedanya bro, yang membedakan ialah dimana kompas ini dapat digunakan. Untuk navigasi darat, umumnya kompas yang digunakan adalah kompas bidik, seperti kompas prisma dan kompas orienteering, seperti kompas silva, suunto dan lainnya. Untuk membidik suatu titik, biasanya kompas bidik akan jauh lebih akurat ketimbang kompas silva.

Jadi buat lo yang memiliki hobi berpetualang di alam tentunya kompas jenis ini bisa menjadi pilihan lo. Bahkan, kalau lo ingin mencoba hal yang unik, lo juga bisa kok menggunakan kompas ini untuk menentukan tujuan lo di dalam perkotaan. Asal lo tahu titik mana yang akan lo tuju serta mengerti bagaimana kompas ini bekerja.

Kompas Orientering

Secara umum, kompas terbaik merupakan kompas yang jarumnya bisa menunjukkan arah utara secara konsisten dan tidak bergoyang-goyang dalam waktu lama. Selain itu, lo pun harus memperhatikan bahan dari badan kompas itu sendiri. Kompas Orientering atau biasa juga disebut dengan kompas silva ini memiliki kegunaan yang dapat mempermudah lo mendapatkan sebuah tujuan langsung dari peta. 

Jadi misalkan lo akan menuju ke sebuah tempat, namun hanya mendapatkan informasi berupa titik koordinat dari peta, tentunya dengan menggunakan kompas ini, lo akan menemukan spot tersebut. Namun tetap lo harus menguasai terlebih dahulu bagaimana kompas ini bekerja. Kompas ini merupakan alat yang benar-benar bisa membantu lo loh bro. 

Ilustrasi kompas orienteering. Source

Selain itu lo juga harus memilih kompas dengan bahan yang tahan banting, dan selalu konsisten menunjukan arah utara dan selatan. Karena memang untuk bahan kompas yang tidak tahan banting, selain dari umurnya yang pendek, biasanya dengan bahan yang jelek akan menghasilkan hasil akhir yang kurang baik juga.

Fungsi dan Kegunaan Kompas

Seperti disebutkan di atas, cara kerja kompas selalu berdasarkan medan magnet. Terkait dengan cara kerjanya di atas, berikut merupakan beberapa fungsi kompas; Mencari arah utara magnetis, mengukur besarnya sudut kompas, mengukur besarnya sudut peta, menentukan letak orientasi.

Perlu diketahui kalau kompas itu sendiri sudah banyak membantu kemajuan dari peradaban manusia loh bro. Maka tak heran apabila alat ini merupakan alat yang sangat penting bagi sebagian orang. 

Hal yang Mempengaruhi Kinerja Kompas

Ilustrasi penggunaan kompas. Source

Karena cara kerja kompas selalu berdasarkan medan magnet, sudah tentu kompas sangat rentan dengan hal-hal yang berhubungan dengan medan magnetis. Maka dari itu agar tetap maksimal, lo wajib menjauhkan kompas dari benda-benda yang mengandung logam dan bersifat magentis, seperti besi dan lainnya.

Selain itu, perlu diketahui jika lokasi magnet di Kutub Utara sendiri dikabarkan selalu bergeser dari waktu ke waktu. Berdasarkan penelitian terbaru oleh The Geological Survey of Canada, saat ini posisi magnet sudah bergerak sekitar 40 KM per tahun ke arah barat laut.

Hal inilah yang membuat Lo wajib mempelajari tentang navigasi berdasarkan arah mata angin. Hal ini penting dilakukan untuk membaca arah yang ditunjukan kompas secara akurat. Sama seperti pedang di tangan, nggak akan pernah berfungsi maksimal kalau berada di tangan pemanah atau koki masak.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kompas yang ada di atas? Semoga bisa berguna sebagai panduan pada saat lo ingin membeli sebuah kompas atau hanya ingin tahu sebenarnya ada berapa saja jenis kompas serta fungsi kompas itu seperti apa. Karena kompas itu sendiri merupakan alat pembantu penunjuk arah yang sangat berguna di dalam kehidupan lo. 

Uniknya lagi kompas juga tidak akan bisa bekerja apabila terdapat barang-barang yang bersifat magnetis didekatnya. Oleh sebab itu, kompas tak akan bisa bekerja apabila terdapat sebuah besi didekatnya. Serunya lagi, kompas bidik bisa lo bawa kemana-mana loh, karena dari bentuk yang kecil sehingga bisa lo sempilkan dimana pun lo mau. 

Berbicara mengenai ketepatan dari penunjuk arah ini antara GPS dan kompas itu akan sama saja. Yang membedakan ialah kalau GPS sudah termasuk alat yang berteknologi tinggi. Namun kalau lo masih ingin merasakan bagaimana nenek moyang kita mencari sebuah tujuan, cobalah untuk menggunakan kompas bro.

Featured Image

Sumber

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /