Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gurun Atacama: Kawasan Paling Ekstrem di Dunia Beserta 4 Fakta Menariknya!

Author :

Article Date : 05/04/2019

Article Category : Wilderness

Terdapat banyak sekali tempat wisata ekstrem yang ada di dunia ini, salah satunya ialah Gurun Atacama. Konon katanya ini merupakan gurun paling berbahaya yang ada di dunia. Tak heran apabila banyak dari wisatawan yang suka apabila adrenalinnya terpacu ingin sekali untuk melihat kondisi dari gurun ini. Sebab memang sedikit kemungkinannya lo bisa melihat kehidupan di Gurun Atacama.

Gurun Atacama sendiri merupakan dataran tinggi di Amerika Selatan yang meliputi sebidang tanah seluas 600 mil atau sekitar 1000 km di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes. Atacama sendiri juga menempati wilayah seluas 40600 mil persegi di Chili Utara, sebagian besar terdiri dari cekungan garam, pasir dan aliran lava felsic terhadap Andes.

[readalso url=19754]

Percaya atau tidak di kawasan gurun ini tidak ditemukannya air, serta kawasan nan ekstrem ini juga memiliki kurun waktu yang lama tidak menerima hujan. Namun pada tahun 2015 silam, gurun ini pun terkena curah hujan yang sempat membuat tanaman dan bunga kembali tumbuh. Banyak juga orang yang menyebutkan kalau gurun ini merupakan planet Mars yang ada di Bumi.

Saking ekstremnya kawasan gurun ini, terdapat beberapa fakta menarik seputar gurun ini yang patut untuk lo ketahui. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Fakta Seputar Ekstremnya Gurun Atacama – Gurun Terkering di Dunia

Gurun Atacama: Kawasan Paling Ekstrem di Dunia Beserta 4 Fakta Menariknya! Credit: chile.travel

Merupakan salah satu fakta yang paling kelihatan ketika lo menginjakkan kaki lo di gurun ini. Secara langsung lo akan merasakan betapa keringnya kondisi gurun ini. Sehingga jangan lupa untuk selalu siapkan air putih di samping lo yaa.

Studi yang dilakukan oleh NASA telah menyimpulkan kalau gurun ini ialah gurun terkering di dunia. Gurun yang terletak di Chili Utara ini jarang sekali mendapatakan hujan yang bisa membuatnya sedikit seagr.

Bahkan pada tahun 1570 hingga 1971 tidak terjadi hujan sama sekali di kawasan gurun ini. Tentu dengan fakta tersebut lo bisa merasakan atau membayangkan betapa keringnya gurun ini. Tak heran apabila tidak adanya makhluk hidup yang bisa bertahan hidup di kawasan ini.

Fakta Seputar Ekstremnya Gurun Atacama – Memiliki Suhu yang Ekstrem

Gurun Atacama: Kawasan Paling Ekstrem di Dunia Beserta 4 Fakta Menariknya! Credit: edition.cnn.com

Bukan hanya dari apa yang bisa lo lihat saja, namun keekstreman kawasan gurun ini pun bisa lo rasakan pula. Sebab Gurun Atacama sendiri memiliki suhu udara yang tergolong sangat ekstrem. Kasarnya badan lo akan terasa seperti dipanggang ketika berkunjung ke Gurun Atacama.

Pada siang hari, suhu di padang pasir ini bisa mencapai sekitar 40 derajat Celcius dan di malam hari suhu ini bisa turun hingga 5 derajat Celcius. Iklim di kawasan gurun ini pun juga sangat luar biasa sepanjang tahun, karena 90% di setiap harinya cerah.

Bayangkan saja bro, selama 10 sampai 12 malam setiap bulan ada bulan yang menakjubkan dan para wisatawan yang datang bisa menikmati kegelapan malam dengan udara segar dan kurangnya awan. Dengan begitu lo akan mudah untuk melihat bintang-bintang bersinar. Momen tersebut pun jarang sekali bisa lo dapatkan selain di Gurun Atacama.

Fakta Seputar Ekstremnya Gurun Atacama – Adanya Salju

Gurun Atacama: Kawasan Paling Ekstrem di Dunia Beserta 4 Fakta Menariknya! Credit: ecocamp.travel

Walaupun terkenal dengan kondisinya yang kering, namun Gurun Atacama memiliki sebuah keunikan yang bisa membuat lo terheran-heran ketika berkunjung ke sana. Percaya atau tidak, gurun ini memiliki puncak es dan ketika lo berada di puncak tersebut, suhunya pun langsung berubah drastis.

Yaap, saljunya pun tak berbeda dengan salju-salju pada umumnya. Berwarna putih serta memiliki iklim yang cukup dingin. Hal ini pula yang menjadikan gurun ini tergolong ekstrem. Sebab masih dalam satu wilayah namun memiliki sebuah iklim serta cuaca yang timpang.

Hal yang membuat gurun ini memiliki puncak es yang cukup dingin dikarenakan oleh ketinggian dari Gurun Atacama. Karena dengan apa yang sudah diindormasikan di atas, kalau gurun ini pun memang terletak di kawasan dataran tinggi Amerika Selatan.

 Fakta Seputar Ekstremnya Gurun Atacama – Astronomi

Gurun Atacama: Kawasan Paling Ekstrem di Dunia Beserta 4 Fakta Menariknya! Credit: bloomberg.com/

Buat lo yang suka dengan hal-hal yang memiliki benang merah dengan Astronomi, ternyata kawasan gurun ini merupakan tempat yang cocok untuk lo bisa melakukan aktivitas Astronmi loh. Selain dari pemandangan gurunnya yang sangat indah yaa.

Selain ekstrem, gurun ini juga menyimpan sebuah panorama alam yang indah, sehingga jangan salah artikan terlebih dahulu kalau lo belum datang ke sana. Hamparan gurun bagaikan berada di luar angkasa pun bisa lo dapatkan di sana. Tak heran apabila kawasan ini juga sering menjadi destinasi bagi para pelancong loh.

Gurun Atacama sendiri juga merupakan salah satu dari beberapa lokasi di dunia dengan 300 hari lebih dengan langit cerah selama satu tahun. Yaap benar-benar dalam tempo satu tahun loh lo bisa melihat sebuah langit cerah tanpa adanya awan yang mengganggu penglihatan lo. Karena hal tersebut kawasan ini merupakan lokasi favorit untuk meletakan teleskop.

[readalso url=19752]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gurun Atacama di atas? Semoga lo bisa tergoda untuk merencanakan perjalanan lo ke sana. Sebab melihat dunia lebih luas akan membuat hidup lo lebih berwarna serta pemikiran lo akan terbuka pula akan segala hal. Oleh sebab itu, teruslah bersemangat dan jangan pupuskan harapan untuk selalu mengeksplorasi setiap sudut di dalam dunia ini!

Source

 

 

Featured Image: nationalgeographic.com

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /