Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

9 Tarian Bali Tradisional Paling Ditunggu Para Petualang

Author :

Article Date : 27/05/2018

Article Category : Wilderness

Bali memang terkenal sebagai salah satu spot petualangan di Indonesia yang mempunyai berbagai macam keindahan alam, dan termasuk budaya. Oleh karena itu, hal yang paling ditunggu oleh para petualang yang datang ke Bali, salah satunya adalah tarian khasnya. Oleh karena itu, sila simak tarian bali yang bagaimana saja sih, yang bisa buat para petualang penasaran dan terhipnotis.

Macam-Macam Tari Tradisional Bali :


1. Tari Trunajaya

Tarian Bali Tari Trunajaya

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: youtube.com

Tari Trunajaya berasal dari kata Teruna. Kata itu diambil dari kata pemuda yang ditemukan dari hasil kreasi Pan Wandres di dalam perjalanannya dan ditambah oleh I Gde Manik.

Tarian ini menceritakan perihal seorang laki-laki yang idamkan memikat wanita, nampak dari tiap tiap gerakan tarinya yang tegas dimana antar kaki diberi jarak seperti kuda-kuda. Walau begitu, seiring dengan pertumbuhan zaman tarian ini tidak cuma dibawa oleh laki-laki. Perempuan pun mampu ikut serta, lebih-lebih oleh 2 orang sekaligus.

Bila di telaah, sang penari selamanya membelalakan matanya dan dengan tegas menggerak-gerakan tariannya, berkesan menyeramkan tetapi perihal ini untuk menunjukan kejantanan pria. Tarian ini kebanyakan selamanya diiringi musik gamelan Gong Kebyar, mampu dipentaskan dimana saja gara-gara bertujuan untuk hiburan saja.

2. Tari Barong

Tarian Bali Tari Barong

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: vokamo.com

Barong, dari katanya saja mirip dengan Barongsai ya? Tapi tarian ini bukan dari negara China. Indonesia sendiri punyai tari Barong yang diwariskan jauh hari sebelum akan keberadaan agama Hindu.

Tarian ini menceritakan perihal perseteruan pada kebajikan yang disimbolkan dengan barong, dan kejahatan yang dilukiskan dengan sosok rangda.

Menurut beberapa literatur, kata Barong berasal dari asal kata “Bahruang” yang punyai makna beruang. Walaupung begitu, wujud dari binatang yang dilukiskan mampu beragam bergantung dari type tari Barong yang dibawa, ada Barong Bangkal, Barong Macan, Barong Asu, Barong Gajah, Barong Blasblasan, Barong Landung dan yang paling terkenal, yaitu Barong Keket atau Barong Ket yang melukiskan perpaduan pada macan, singa dan sapi.

Tarian ini biasa ditarikan oleh 2 orang laki – laki, yang satu memainkan anggota kepala dan yang lain berada di anggota ekor. Badan Barong yang digunakan untuk menari pada kebanyakan terbuat dari bahan kulit dan berhiaskan ukiran – ukiran khas Bali yang ditambah dengan ornament potongan kaca cermin agar membuatnya Nampak berkilau. Bulu barong terbuat dari serat ijuk, meski ada pula yang terbuat dari bulu burung gagak. Sedangkan untuk anggota topeng, kebanyakan dibuat dari kayu yang tumbuh di daerah yang diakui keramat atau angker. Tarian ini diiringi oleh gamelan Gong Kebyar, gamelan Batel dan gamelan Babarongan.

3. Tari Legong

Tarian Bali Tari Legong

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: senitari.com

Pada era kerajaan Bali, tarian ini cuma ditampilkan di lingkungan keraton. Kata Legong sendiri berasal dari asal kata “Leg” yang punyai makna luwes serta “gong” yang mampu disimpulkan sebagai gamelan. Oleh gara-gara itulah, tarian ini punyai gerakan yang lemah gemulai yang diiringi dengan gamelan tradisional khas Bali bernama Semar Pegulingan. Selain itu, para penari yang memainkan Legong pakai kipas, kalau tokoh Condong.

Di Bali, ada beberapa type Tari Legong yang berkembang seiring dengan berjalannya waktu, yaitu Legong Keraton atau Legong Lasem, Legong Legod Bawa, Legong Jobog, Legong Smaradahana, Legong Sudarsana dan Legong Kuntul.

4. Tari Kecak

Tarian Bali Tari Kecak

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: gotravelindonesia.com

Siapa yang tidak tau tari Kecak? Tari Kecak adalah tarian adat Bali yang telah sangat populer dan telah menjadi keliru keliru pertunjukan khas yang diburu para wisatawan.

Tarian ini diciptakan oleh Wayan Limbak dan Walter Spies pada tahun 1930 oleh seniman Jerman, tarian ini menceritakan epic Ramayana dan rata-rata seluruh penarinya adalah laki – laki. Jumlah penari yang membawakan Tari Kecak mampu berjumlah puluhan lebih-lebih lebih.

Kalau kamu jalan-jalan ke Bali sisihkan pas tidak cukup lebih 30 menit untuk memandang pertunjukan Tari Kecak, kamu bakal memandang para penari yang duduk melingkar dan menyerukan “cak” sembari mengangkat ke-2 lengan. Hal selanjutnya melukiskan tentara kera pas menopang Rama melawan Rahwana. Ada pula penari yang memerankan tokoh – tokoh Ramayana.

Tarian ini sering dipuji oleh wisatawan asing gara-gara keunikannya, walau cuma berbunyi “cak-cak-cak” tetapi beberapa group membunyikannya dengan ketukan berbeda-beda, saat kamu mendengarkan sekelompok laki-laki yang membunyikan kata “cak” kamu seolah mendengarkan ribuan orang yang membunyikan kata “cak”. Inilah keunikan tari kecak. Tari ini disajikan sangat sederhana, tetapi suasana mistisnya masih selamanya ada.

5. Tari Pendet

Tarian Bali Tari Pendet

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: indonesiakaya.com

pada awalnya, tarian adat Bali ini adalah sebagai tari pemujaan yang ditampikan di pura – pura di Bali.

Tari Pendet mampu disebut sebagai wujud penyambutan atas turunnya para dewa ke dunia. Seiring dengan berjalannya waktu, para seniman tari di pulau Bali merubah tarian selanjutnya menjadi sebuah tarian selamat datang.

Versi modern dari Tari Pendet dibuat oleh I Wayan Rindi pada tahun 1950-an. I wayan Rindi adalah seorang seniman yang seumur hidupnya mengamati seluruh tarian Bali, seiring dengan umur I Wayan Rindi mencintai budaya khas Bali, agar menjadi seorang pengajar tari Pendet dari generasi ke generasi, ia pun menciptakan koreograper Tari Pendet spesifik upacara pembukaan Asian Games di Jakarta. Dibuatnya koreograper Tari Pendet untuk ditarikan oleh tidak cukup lebih 800 orang, yang mulanya ditarikan oleh 5 orang.

6. Tari Baris

Tarian Bali Tari Baris

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: nasionalisme.co

Sesuai dengan namanya tari baris, tarian ini dibentuk dengan posisi baris membaris.

Tari Baris adalah keliru satu tarian adat Bali yang mulanya merupakan satu wujud ritual, tetapi seiring dengan zaman tari ini menjadi tari hiburan. Tari Baris diciptakan pada pertengahan abad ke-16.

Di di dalam tarian ini, penari menggerakan badannya seperti seorang pahlawan yang tengah berperang, tari ini dipertontonkan perihal keberanian para ksatria Bali yang tengah bertempur demi membela Raja.

Tarian ini termasuk biasa dibawakan oleh paling sedikit 8 sampai paling banyak 40 laki-laki. Perlengkapan kostum untuk tari ini adalah badog, lamak, awir, pakaian beludru, celana panjang, dan lain-lain, seperti ksatria lengkap dengan hiasan kepala, punggung dan dada. Namun, kostum penari yang dikenakan di tiap tiap daerah di Bali mampu tidak serupa – beda gara-gara tiap tiap daerah punyai Tari Baris khas sendiri – sendiri. Tarian ini termasuk ke di dalam tarian keramat agar cuma dibawakan pas ada perayaan – perayaan spesifik dan upacara suci.

Baca termasuk : 7 Alat Musik Ini Akan Menggugah Jiwa Musisi Kamu

7. Tari Panji Semirang

Tarian Bali Tari Panji Semirang

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: indonesiakaya.com

Tarian ini diciptakan oleh seniman bernama I Nyoman Kaler pada tahun 1942. Tarian Panji Semirang diakui sebuah tari pertunjukan, yang demonstrasikan diluar pura.

Tarian ini menceritakan perihal seorang putri bernama Galuh Candrakirana yang tengah mengembara dan menyamar sebagai laki – laki dengan nama Raden Panji. Pengembaraan selanjutnya ditunaikan sang putri sehabis dirinya kehilangan sang suami. Biasanya ditarikan oleh penari wanita yang berperan sebagai laki – laki.

Awalnya ditarikan oleh Luh Cawan, keliru seorang murid I Nyoman Kaler.

Pada tarian ini, kamu bakal memandang para penari yang terhubung matanya lebar-lebar bak seseorang yang tengah tengah marah, dibumbui senyuman tetapi selamanya dengan mata yang galak. Terdapat perubahan mimik di beberapa gerakan.

8. Tari Puspanjali

Tarian Bali Tari Puspanjali

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: kamerabudaya.com

Puspanjali adalah sebuah tarian adat Bali yang merupakan satu wujud penyambutan. Puspanjali merupakan gabungan dari makna kata “puspa” dan “anjali” dimana jika disatukan “menghormati bagai bunga”. Maknanya menghormati para tamu bagai sekuntum bunga.

Tarian ini ditampilkan oleh sekelompok penari wanita berjumlah 5 sampai 7 orang. Tarian ini terinspirasi dari tarian – tarian yang dibawakan pada upacara Rejang yang melukiskan sekelompok wanita yang bahagia dengan kehadiran para tamu yang datang ke daerah mereka.

Tarian ini diciptakan pada tahun 1989 oleh penata tari Bali bernama N.L.N. Swasthi Wijaya dan I Nyoman Windha yang merupakan penata tabuh pengiring.

9. Tari Margapati

Tarian Bali Tari Margapati

9 Tarian Tradisional Khas Bali Yang Paling Ditunggu Oleh Para Petualang. credit photo: sumber.com

Kata Margapati diambil dari kata Marga yang berarti jalan, dan pati berarti kematian. Bila disatukan berarti jalan menuju kematian.

Diciptakan oleh Nyoman Kaler pada tahun 1942, tarian ini melukiskan kekeliruan perjalanan hidup seorang wanita. Oleh gara-gara itu, tarian ini banyak menghadirkan gerakan tari laki – laki walau penarinya kebanyakan wanita. Jika dilihat, gerak gerik tarian ini seperti mengintai dan siap-siap menerkam mangsanya.

Sumber : haurgeulis.com

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /