Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 06/12/2023

Article Category : News

Mereka ini bukan cuma komentator biasa yang ngasih komentar gitu-gitu aja. Mereka punya tingkatan analisis dan juga value yang dapat menghibur kita. Tetapi mereka juga bisa bikin kita ikut mengiyakan pendapat mereka. Yap, mereka ini Pundit.

Mungkin sebagian dari lo ada yang belum tau apa itu pundit. Gimana peran mereka dan kenapa bisa muncul istilah pundit ini? Singkatnya, mereka ini akan sering melemparkan opini terkait sebuah pertandingan atau sebuah kejadian di sepak bola. Nah, melalui opini dan komen mereka ini yang bisa buat kita kita mikir, "Wah, bener juga ya!". Tapi apa sih sebenarnya pundit itu? Tanpa basa-basi, langsung saja simak artikel ini guys.

Apa Itu Pundit / Pandit Bola?

Pandit atau pundit sepak bola adalah sosok kunci dalam dunia olahraga yang memberikan wawasan, analisis, dan pendapat ahli tentang dunia sepak bola. Mereka bukan sekadar komentator biasa; mereka memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi jutaan penonton, baik melalui siaran langsung TV maupun platform media sosial.

Asal Usul Istilah "Pandit"

Istilah "pundit" dalam konteks olahraga, khususnya dalam sepak bola, memiliki akar dari kata "pandit" yang berasal dari bahasa Sanskerta kuno yang berarti "terpelajar" atau "ahli". Awalnya, istilah ini digunakan untuk merujuk pada orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam atau keahlian dalam bidang agama, filsafat, atau pengetahuan lainnya. Namun, kini kata pundit ini sering menyebar ke berbagai aspek, khususnya olahraga.

Dalam dunia olahraga modern, terutama dalam komentar dan analisis sepak bola, istilah "pundit" berkembang menjadi merujuk pada orang yang memberikan wawasan, komentar, dan analisis ahli tentang permainan, pemain, strategi, dan peristiwa terkait sepak bola. Pundit biasanya memiliki pengalaman yang cukup luas di dunia sepak bola, entah sebagai mantan pemain profesional, manajer, pelatih, atau mereka yang telah menghabiskan waktu cukup lama dalam mempelajari dan menganalisis olahraga ini.

Peran Pundit dalam Dunia Sepak Bola

Peran pundit dalam dunia sepak bola tidak hanya sebatas memberikan komentar atau analisis biasa. Mereka menjadi bagian penting dalam merangkai narasi olahraga secara lebih dalam. Melalui siaran langsung dan klip di media sosial, pandangan serta komentar mereka menjadi pusat perhatian yang seringkali mengubah opini para penggemar. Bahkan, pendapat pundit juga bisa memberikan pengaruh signifikan pada manajer dan pemain, memicu reaksi atau perubahan strategi dalam dunia sepak bola profesional.

Tidak hanya memberikan wawasan tentang teknis dan taktis dalam permainan, pundit juga seringkali menjadi penentu dalam membentuk narasi di sekitar seorang pemain atau sebuah tim. Komentar mereka tentang kinerja seorang pemain atau performa sebuah tim bisa memengaruhi persepsi publik dan bahkan memberikan dampak pada pola permainan yang akan datang.

Pengaruh pundit di era media sosial juga bukan main-main. Komentar yang mereka sampaikan seringkali menjadi topik yang hangat diperbincangkan, kadang-kadang memicu perdebatan sengit di antara penggemar sepak bola. Ini menunjukkan betapa pentingnya peran mereka dalam membentuk diskusi dan narasi seputar sepak bola di era digital ini.

Perbedaan dengan Komentator dan Presenter dalam Sepak Bola

Sementara komentator lebih fokus pada memberikan deskripsi langsung tentang peristiwa dalam pertandingan, pundit memberikan analisis mendalam serta opini ahli terkait topik sepak bola. Mereka sering menawarkan wawasan teknis dan taktis yang mendalam, memberikan perspektif yang berbeda dalam menghadapi pertandingan dan pemain.

Kontroversi yang Mungkin Muncul

Hubungan pundit dengan klub atau pemain tertentu kadang memunculkan kontroversi, karena adanya potensi bias dalam analisis mereka. Ini bisa memengaruhi opini para penggemar dan memicu perdebatan tentang objektivitas dan hiburan dalam analisis pundit. Dalam lingkup siaran olahraga, keseimbangan antara nuansa dan hiburan terus menjadi perbincangan hangat.

Sosok Pundit Indonesia

Mungkin lo, udah mengenal beberapa pundit ini atau bahkan sudah menyukai mereka sejak lama. Namun, tidak ada salahnya jika membahas mengenai sedikit siapa mereka.

  1. Coach Justin

Image source: bolehmerokok.com

Siapa yang gak tau pudit yang satu ini. Dengan gaya penyampaian yang apa adanya dan kritikan yang keras membuat Coach Justin dikenal oleh para pencinta sepak bola. Tak jarang pendapatnya mengenai sebuah pertandingan atau klub membuat para fans dari klub terpancing. Mungkin juga bisa lo.

Yap, memiliki nama asli Justinus Lhaksana, Coach Justin bisa disebut merupakan sosok yang memiliki peran besar dalam mengembangkan olahraga futsal di Indonesia. Dia merupakan salah satu pioner yang namanya cukup disegani di skena futsal indonesia. Selain itu, pundit yang terkenal keras ini, banyak menghabiskan waktunya di Belanda sebelum kembali dan meniti karir di Indonesia.

  1. Bung Binder

Image source: pojoksatu.id

Pundit yang memiliki nama lengkap Binder Singh juga memiliki gaya pembawaan yang kritis dan juga straight to point. Analisisnya tajamnya mengenai sepak bola Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, dia juga merupakan fans berat Real Madrid, yang membuat pendapat serta opininya tentang sepak bola internasional dan eropa juga sering ditunggu-tunggu.

  1. Panji

Image source: jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com

Panji Suryono mungkin bisa dibilang baru di dunia per punditan. Lo yang suka nontoning analisis DPI tentunya pasti tau dengan sosok yang satu ini. Walaupun tergolong masih junior dari dua pundit yang sebelumnya, analisis Panji tidak bisa dianggap remeh.

Pembawaannya yang santai, tidak menghilangkan value dia sebagai seorang pundit. Ini membuktikan pemahamannya terhadap sepak bola sangat baik. Bukti lainnya dia mampu berduet dengan Coach Justin dengan apik dan juga menarik untuk ditonton. Namun, kemampuan membawa sebuah acara atau podcast ini tidak lepas dari pengalamannya sebagai VJ, Produser, Sportcaster, dan News Anchor.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Highlight Sepakbola #Soccer #Liga Internasional #Berita Bola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Setelah Dinyatakan Bersalah, Dani Alves Dijatuhi Hukuman Kurungan Beserta Denda Super Besar.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Penasaran, Toni Kroos Nyatakan Akan Kembali Dari Pensiunnya Untuk Perkuat Jerman Di Euro 2024 Nanti.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gol Semata Wayang Robert Lewandowski Berhasil Antarakan Namanya Lewati Rekor Gol Milik Lionel Messi.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Tampil Gacor Bersama Getafe, Greewood Dikabarkan Masuk Daftar Jual United Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah Dipastikan Tidak Lagi Bersama The Bavarian Musim Depan, Thomas Tuchel Rencanakan Terbang Kembali Inggris.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kembali Mainkan Peran Sejak Menit Awal, Harvey Elliott Sukses Bayar Tuntas Kepercayaan Klopp Dengan Rekor Unik.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ditengah Rumor Ketertarikan PSG Dan Real Madrid Terhadap Salah Satu Strikernya, Sir Jim Ratcliffe Siap Pagarai Pemain Andalanya.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Don Carlo Tawarkan Posisi Staff Kepelatihan Kepada Luka Modric Jika Gantung Sepatu Di Akhir Musim Ini.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zinedine Zidane Masuk Bursa Rumor Pelatih Anyar Bayern Munchen Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Perjuangan Djarum Group Membangun Kembali Kekuatan Klub Sepakbola Dari Utara Italia.

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /