Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Hakim Garis

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 31/03/2024

Article Category : News

Superfriends, lo pernah gak sih ngelihatin orang-orang di pinggir lapangan sepak bola yang ngangkat bendera mulu? Bukan fans yang lagi asik nonton, tapi mereka adalah Hakim Garis! 

 

Dalam pertandingan sepak bola, gak hanya cuma butuh wasit. Namun, masih ada banyak orang di balik layar yang bikin pertandingan berjalan lancar, dan salah satunya adalah hakim garis.

Hakim Garis Sepak Bola

Gimana sih, sebenernya, hakim garis itu? Jadi, hakim garis, atau asisten wasit, adalah sosok penting dalam sepak bola. Mereka membantu wasit dalam mengawasi jalannya pertandingan, memastikan semua aturan dipatuhi dan ngejagain tiap gerakan pemain biar ga ada yang curang! Meskipun posisi mereka tidak sepopuler wasit utama, peran hakim garis dalam pertandingan tidak boleh dianggap remeh.

Tugas Hakim Garis

Tugas hakim garis di lapangan itu bukan main-main, Superfriends! Pertama-tama, mereka harus menjaga ketat posisi pemain biar ga ada terjadi offside. Bayangin aja, mereka harus ngeliatin pemain dan bola sekaligus. 

 

Selain itu, hakim garis juga membantu wasit dalam pengambilan keputusan. Kalo mereka melihat ada pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit, mereka akan langsung memberitahu wasit. Tugas mereka adalah membantu wasit dalam melihat pelanggaran yang terjadi di luar jangkauan penglihatannya. Jadi, ga ada yang bisa luput dari pantauan mereka!

 

Salah satu tugas yang ga kalah pentingnya adalah komunikasi sama tim wasit dan pemain. Mereka pake isyarat dan bahasa tubuh buat ngasih tau informasi penting di lapangan. Jadi, kerja sama timnya itu kunci banget buat menjalankan pertandingan dengan lancar.

Jumlah Hakim Garis dalam Pertandingan Sepak Bola

Kalo lo pernah penasaran, "Berapa sih jumlah hakim garis di satu pertandingan?" Nah, biasanya ada dua hakim garis yang ditempatkan di sisi lapangan masing-masing di setiap pertandingan. Mereka akan bertugas untuk memantau jalannya pertandingan dari sisi lapangan yang berlawanan dan memberikan isyarat kepada wasit utama jika terdapat situasi yang memerlukan perhatian.

 

Dengan adanya dua hakim garis, diharapkan setiap sisi lapangan dapat terpantau dengan baik, sehingga keputusan yang diambil oleh wasit utama dapat didukung oleh informasi yang akurat dari hakim garis.

Gaya Komunikasi Hakim Garis

Bukan cuma tugasnya yang keren, tapi juga cara komunikasi hakim garis itu gak kalah kece! Mereka pake isyarat dan bahasa tubuh buat komunikasi sama wasit dan pemain. Pokoknya, kalo ada masalah di lapangan, mereka bakal ngasih tau dengan gaya yang keren abis!

Lemparan ke Dalam (Throw in)

 

Kalo lo pernah nonton pertandingan sepak bola, pasti lo liat hakim garis nunjuk ke arah sana-sini, kan? Nah, itu tandanya dia ngasih sinyal buat lemparan ke dalam! Misalnya, kalo bola keluar dari lapangan, hakim garis bakal nunjuk ke arah yang bener buat tim yang melakukan throw in.

Sepak Pojok (Corner Kick)

 

Jika bola terakhir kali disentuh pemain dari tim defender sebelum keluar lapangan, biasanya hakim garis bakal nunjukin ke pojok lapangan. Itu tandanya tim yang menyerang mendapatkan kesempatan untuk melakukan sepak pojok atau corner kick. Nah, isyarat yang digunakan adalah menunjuk ke pojok lapangan dengan tangan.

Tendangan Gawang (Goal Kick)

 

Nah, kalo wasit liat ada pelanggaran dari tim bertahan di daerah penalti, hakim garis bakal nunjukin ke arah gawang. Ini tandanya tim yang diserang bakal dapet tendangan gawang, alias penalti!

Gak hanya penalti, jika bola melewati garis gawang setelah terakhir kali disentuh oleh pemain dari tim sendiri, hakim garis akan mengangkat bendera ke atas untuk memberi tahu wasit utama bahwa tendangan gawang harus diberikan kepada tim lawan.

Pergantian Pemain

 

Jika ada pemain yang berganti, hakim garis akan memberitahu tau wasit dengan menunjukkan bendera ke sisi lapangan. Isyarat ini penting banget buat wasit agar mereka dapat mengatur pergantian pemain dengan baik.



Nah, itu dia informasi mengenai hakim garis sepak bola! Mereka bukan cuma jadi penonton, tapi juga ngambil peran penting banget dalam menjaga aturan main. Dengan jumlah yang pas dan tugas yang jelas, mereka bener-bener bikin pertandingan jadi makin seru!

Jangan pernah remehin peran mereka, ya! Tanpa mereka, pertandingan bakal kacau balau. Jadi, kalo lagi nonton pertandingan, jangan lupa kasih apresiasi buat hakim garis juga!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Football History

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Betah, Erling Haaland 1000 Persen Komitmen ke Manchester City

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Dipepet Bayern Munchen, Theo Hernandez Mengaku Gelap Soal Masa Depannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Barcelona Gigit Jari, Manchester City Siap Tebus Klausul Rilis Dani Olmo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi, AC Milan Tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tolak Manchester United, Bintang Fulham Ini Lebih Tertarik ke Bayern Munchen

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Siapkan Tawaran Buat Mason Greenwood, Segini Nilai Transfernya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cristiano Ronaldo Umbar Tanda-tanda akan Gantung Sepatu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Capai Kesepakatan dengan Giovanni Di Lorenzo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Coret Mauricio Pochettino dari Daftar Pengganti Erik Ten Hag

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tegas! Carlo Ancelotti Sebut Real Madrid Akan Menolak Piala Dunia Antarklub 2025

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /