Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 06/11/2023

Article Category : News

Apa lo pernah mendengar total football? Mungkin lo akan berpikiran kalau ini salah satu dari acara televisi, padahal ini salah satu strategi sepakbola yang sempat berkembang pesat pada tahun 70-an. Total football sendiri ini memang sudah lama berkembang di Eropa, proses permainannya sendiri yang menekankan pada terus menyerang dan mengandalkan beberapa bagian sayap, baik dari kiri dan kanan.

Pola strategi yang dilakukan ini memang untuk terus menyerang dan biasanya menerapkan susunan formasi yang identik dengan 4-4-2 atau 4-5-1, sehingga semua pemain yang ada ditumpuk untuk melakukan serangan kepada tim lawan. Pada dasarnya, total football sendiri itu selalu membantu untuk menerobos atau menusuk pemain lawan dan bisa menghasilkan gol.

Dari sini lo akan melihat semua pemain yang ada tersebut dengan menjadikannya sebagai attacker dan defender dalam waktu yang sama. Semua pemain yang terlibat di dalamnya akan benar-benar dikejar untuk menciptakan hasilnya. Nah, bagaimana penjelasan lengkap dengan total football tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Total Football?

Mungkin akan lebih enak jika membahas dari sisi sejarahnya terlebih dahulu. Sebenarnya, strategi permainan ini sudah lama dikenal dan sempat jaya di awal sejak 1920-an. Konsep permainan ini sudah divisualisasikan oleh pemain dari Ajax Amsterdam yaitu Jack Reynolds yang mana tidak heran kalo strategi permainan langsung dari Belanda.

Selanjutnya, permainan ini langsung dikembangkan oleh pelatih Rinus Michels yang membawa klub dari Ajax Amsterdam dan berhasil menjadi juara Liga Champions dan Juara Eropa. Tepatnya, pada tahun 1970-1971 an membawa kemenangan yang luar biasa. Bahkan, setelah lepas dari itu langsung lanjut dengan melatih di Barcelona dan berhasil membawa kemenangan di Juara Liga Spanyol dan Copa Del Rey dari tahun 1973 -1978.

Bahkan, strategi permainan total football tersebut juga memberikan banyak dampak yang besar. Jadi, adanya total football ini juga membawa kemenangan Belanda ke final pada tahun 1974. Jadi, taktik total footbal ini membawa banyak perubahan dan memberikan dampak yang besar dengan kemenangan yang luar biasa pada masa itu.

Total Football Titik Baru Sepak Bola Modern

Ternyata, taktik satu ini termasuk yang paling efektif dan memberikan wajah baru dalam dunia sepak bola. Bahkan, strategi ini dilanjutkan dari anak asuh dari Rinus Michels yang dilanjutkan dengan diterapkan pada permainan Barcelona dan Ajax Amsterdam yaitu Johan Cruyff. Di bawah kepemimpinan melatih beberapa klub yang ada, ada banyak trofi yang sudah diraih.

Taktik ini juga dikembangkan pada masa Johan Cruyff dengan beberapa strategi baru yang menarik untuk dilihat. Bermula dari total football inilah yang melahirkan bentuk taktik atau strategi baru yang melahirkan tiki-taka yang banyak dikenal oleh para penggemar sepak bola masa kini. Tiki-taka sendiri dikenalkan oleh Pep Guardiola yang diterapkan pada Spanyol.

Strategi yang ada pada total footbal inilah yang membuat banyak perubahan pada sepak bola modern, sehingga menjadikan banyak keseruan yang menyenangkan. Bahkan, lo akan disajikan dengan beberapa tampilan yang memukau ketika menikmati permainan yang ada tersebut. Pada tahap tersebut, semua permainannya pun sangat memukau untuk disaksikan.

Tim yang Menerapkan Strategi Total Football

1. Ajax

Tepatnya pada 1970-an, klub yang berasal dari Belanda ini menerapkan permainan yang tak biasa yaitu taktik total football. Pada masa kejayaannya, kalau klub ini memberikan banyak kejutan dan penyuguhan permainan yang menarik untuk disaksikan. Lewat Ajax Amsterdam termasuk yang paling terkenal dalam membawa strategi dari total football tersebut.

Ada banyak kemenangan yang dicatatkan dalam permainan tersebut yang membawa banyak prestasi kepada Ajax dan memberikan banyak kemenangan yang memukau. Di tahun 1974 saja, Ajax mendominasi beberapa kemenangan, bahkan mencatatkan kemenangan hingga 46 kali tanpa ada hasil seri dan nihil dari kekalahan. Taktik ini benar-benar memberikan banyak keuntungan yang membuat Ajax disorot dan banyak digemari oleh penggemar sepak bola seluruh dunia.

2. Timnas Belanda

Rasanya kurang lengkap jika tidak membahas timnas Belanda karena negara satu ini termasuk yang menerapkan taktik total football dalam permainannya. Pada tahun 70-an, timnas Belanda yang dilatih oleh Rinus Michels, Ernst Happel, dan Frantisek Fadrhonc yang banyak menyajikan bentuk permainan yang benar-benar hidup dan memukau pada masa itu.

Adanya strategi tersebut memberikan banyak perubahan dengan beberapa keseruan yang dimainkan, sehingga membawa kemenangan bagi timnas Belanda kala itu. Tidak tanggung-tanggung, tahun 1974 dan 1978, Belanda mampu mencapai kemenangan hingga final di piala dunia. Strategi ini juga semakin hidup dengan dukungan dari para pemain hebatnya.

Ada beberapa pemain yang ada dalam permainan tersebut, mulai dari Sweeper yang diisi oleh Blankenburg, Penyerang diisi oleh Cruyff, dan Neeskens sebagai gelandang tengah. Dengan adanya beberapa pemain tersebut, strategi yang diterapkan memberikan hasil yang luar biasa buat Belanda.

3. River Plate

Termasuk dalam klub yang besar di Argentina yaitu River Plate yang memberikan banyak kemenangan dalam sepak bola pada masa itu. Klub ini mencatatkan sejarah besar pada tahun 1940-an yang dianggap sebagai La Maquina atau disebut juga sebagai mesin. Karena permainan yang ada dalam klub tersebut terus menyerang dan memberikan lawan hantaman yang bertubi-tubi.

Total football termasuk strategi lama dan berkembang pesat yang dikenal tiki-taka sekarang. Taktik ini sangat memukau dan memberikan tontonan yang luar biasa.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Football History #Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Dipecat Juventus, Massimiliano Allegri Bisa Merapat ke Bayern Munchen?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Euro 2024: Alami Cedera, Mungkinkah Harry Kane Bela Timnas Inggris?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Daftar City Playoff Euro Futsal Esport Championship 2024 Regional Surabaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Aneh, Sekarang Xavi Hernandez Berpotensi Dipecat Barcelona Akhir Musim Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Prediksi Dampak Kylian Mbappe di Real Madrid, Vinicius Junior Bisa Dijual?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Harus Tau, City Playoff Euro Futsal Esport Championship 2024 Regional Bandung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terungkap Alasan Lionel Messi Pilih ke Amerika Serikat, Ternyata Bukan Uang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi, Raphael Varane Tinggalkan Manchester United Akhir Musim Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ini Dia Daftar City Playoff Euro Futsal Esport Championship 2024 Regional Semarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Pede, Erik Ten Hag Yakin Bisa Jadi Penyelamat Manchester United

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /