Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 07/09/2023

Article Category : News

Bagi para pecinta sepak bola, ajang Piala Dunia menjadi momen yang sangat dinantikan. Bagaimana tidak, Piala Dunia adalah kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional dari berbagai negara terpilih untuk menjadi juara dunia. Piala Dunia diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan tahap kualifikasi yang diadakan di negara-negara naungan FIFA, seperti Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia, Asia, Afrika, dan Oceania. 

 

Sejak Piala Dunia pertama yang diadakan di Uruguay pada 1930, sudah ada lebih dari 20 negara lain yang menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola bergengsi satu ini. Bahkan, 5 negara di antaranya, pernah lebih dari satu kali menjadi tuan rumah Piala Dunia, loh! Kelima negara itu antara lain Prancis, Jerman, Italia, Brasil, dan Meksiko.

 

Menjadi negara tuan rumah Piala Dunia juga bukan merupakan hal yang sederhana. Sebab, negara yang terpilih harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai dengan standar internasional. Lalu, siapa sajakah negara-negara yang berkesempatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar yang diselenggarakan empat tahun sekali ini? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Daftar Tuan Rumah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun

 

Berikut daftar negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dari tahun pertama pada 1930 di Uruguay, hingga tahun 2022 di Qatar. 

1. Piala Dunia 1930 - Uruguay

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di awal, Uruguay menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1930 silam. Saat itu, pertandingan Piala Dunia 1930 dimainkan di Estadio Centenario di Montevideo, Uruguay. Stadion tersebut menjadi ikonik dan dianggap sebagai salah satu tempat bersejarah dalam sejarah sepak bola, loh.

 

Turnamen ini hanya diikuti oleh 13 tim nasional, di antaranya Argentina, Chili, Prancis, Meksiko, Yugoslavia, Brasil, Bolivia, Uruguay, Rumania, Peru, Amerika Serikat, Paraguay, dan Belgia. Bermain di kandang sendiri, Uruguay pun menang dan menjadi juara Piala Dunia pertama setelah melumpuhkan Argentina dengan perolehan skor 4-2 di babak final. 

2. Piala Dunia 1934 - Italia

Piala Dunia kedua diselenggarakan di Italia pada 27 Mei sampai 10 Juni 1934. Di tahun ini pun, ada 16 negara yang ikut berpartisipasi, lebih banyak dari Piala Dunia di tahun sebelumnya. Di antaranya Italia, Austria, Belgia, Jerman, Hungaria, Prancis, Rumania, Belanda, Argentina, Brasil, Cekoslovakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Mesir, dan Amerika Serikat. 

 

Di turnamen ini juga pertama kalinya Piala Dunia mengeluarkan peraturan baru. Terdapat babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan final. Pertandingan babak gugur dimainkan dalam satu pertandingan saja. Tim nasional Italia berhasil menjadi juara Piala Dunia 1934 setelah mengalahkan Cekoslowakia 2-1 dalam pertandingan final. 

3. Piala Dunia 1938 - Prancis

Prancis merupakan negara ketiga yang dipilih oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1938. Turnamen diselenggarakan di 11 stadion di 10 kota berbeda. Pertandingan final dimainkan di Stade Olympique de Colombes di Paris. 

 

Terdapat 15 tim nasional yang berpartisipasi, di antaranya Italia, Hungaria, Brasil, Swedia, Cekoslovakia, Swiss, Kuba, Prancis, Rumania, Jerman, Polandia, Norwegia, Belgia, Belanda, dan Hindia Belanda, yang sekarang menjadi Indonesia). Di pertandingan ini, lagi-lagi timnas Italia berhasil menyandang juara bertahan Piala Dunia, setelah mengalahkan Hungaria dengan perolehan skor 4-2 di babak final. 

4. Piala Dunia 1950 - Brasil

Selanjutnya, Piala Dunia sempat terhenti nih di tahun 1942 dan 1946 karena terjadi Perang Dunia II. Piala Dunia keempat kembali diselenggarakan pada tahun 1950 di Brasil. Turnamen ini melibatkan 13 tim nasional, yaitu 6 tim dari Amerika Selatan (Brasil, Uruguay, Chile, Paraguay, Bolivia, Meksiko), Amerika Serikat, dan 6 tim dari Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Swedia, Swiss, dan Yugoslavia). 

 

Piala Dunia 1950 juga mengubah format permainan yang berbeda dari sebelumnya. Turnamen ini menggunakan sistem liga yang dikenal sebagai "Grup Final". Tiga grup terdiri dari empat tim. Tim dengan poin tertinggi di masing-masing grup dianggap sebagai juara grup dan tidak ada pertandingan final. Uruguay meraih kemenangan kedua dalam Piala Dunia 1950 setelah mengalahkan Brasil. 

5. Piala Dunia 1954 - Swiss

Diadakan pada tanggal 16 Juni sampai 4 Juli 1954, Swiss menjadi negara tuan rumah kelima Piala Dunia. Kali ini, terdapat 16 tim nasional yang ikut berpartisipasi. Selain tuan rumah Swiss, ada 10 tim dari Eropa (Austria, Belgia, Inggris, Skotlandia, Hungaria, Italia, Jerman Barat, Prancis, Yugoslavia, dan Turki), 4 tim dari Amerika Selatan (Brasil, Cekoslowakia, Meksiko, Uruguay), dan Korea Selatan.

 

Piala Dunia 1954 mengadopsi sistem gugur dengan format yang berbeda dari edisi sebelumnya. Terdapat babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan final. Pertandingan babak gugur dimainkan dalam satu pertandingan saja, dan jika ada hasil imbang, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Tim nasional Jerman Barat (sekarang dikenal sebagai Jerman), keluar sebagai juara Piala Dunia 1954 setelah mengalahkan Hungaria dengan perolehan skor 3-2 dalam pertandingan final.

6. Piala Dunia 1958 - Swedia

Piala Dunia berikutnya diselenggarakan di Swedia pada 8 - 29 Juni 1958. Terdapat 16 tim nasional yang bermain, di antaranya 12 tim dari Eropa (Swedia, Austria, Inggris, Hungaria, Jerman Barat, Prancis, Uni Soviet, Yugoslavia, Cekoslowakia, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia), 4 tim dari Amerika Selatan (Argentina, Brasil, Meksiko, Paraguay).

 

Babak final antara Brasil dan Swedia menjadi salah satu pertandingan Piala Dunia yang penuh gol. Brasil unggul atas Swedia dengan skor akhir 5-2, yang membuat tim nasionalnya mendapat gelar juara pertama Piala Dunia.

7. Piala Dunia 1962 - Chili

Kemudian, Chili juga pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia yang berlangsung dari 30 Mei hingga 17 Juni 1962. Pertandingan ini diadakan di 4 kota, yaitu Arica, Rancagua, Santiago, dan Vina del Mar. Terdapat 16 tim yang bermain, antara lain Uni Soviet, Yugoslavia, Kolombia, Uruguay, Jerman Barat, Chili, Italia, Swiss, Brasil, Meksiko, Spanyol, Cekoslovakia, Hungaria, Inggris, Argentina, dan Bulgaria. 

 

Tim nasional Brasil keluar sebagai juara Piala Dunia 1962. Brasil mengalahkan Cekoslovakia dengan perolehan skor 3-1 dalam pertandingan final yang diadakan di Santiago pada 17 Juni 1962. Ini adalah gelar juara kedua berturut-turut bagi Brasil dalam sejarah Piala Dunia.

8. Piala Dunia 1966 - Inggris

Di tahun 1966, Inggris menjadi tuan rumah untuk pagelaran Piala Dunia kedelapan. Terdapat 16 tim yang berpartisipasi pada putaran final, di antaranya Brasil, Argentina, Chili, Uruguay, Inggris, Hungaria, Uni Soviet, Jerman Barat, Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Bulgaria, Korea Utara, Meksiko, dan Swiss. Sebagian besar pertandingan Piala Dunia 1966 dimainkan di Stadion Wembley di London. 

 

Pertandingan final Piala Dunia 1966 antara Inggris dan Jerman Barat dianggap sebagai salah satu pertandingan paling kontroversial dalam sejarah turnamen. Setelah melalui pertarungan yang sengit, Inggris akhirnya berhasil mengalahkan Jerman dengan perolehan skor akhir 4-2, dan berhasil meraih Piala Dunia pertamanya.

9. Piala Dunia 1970 - Meksiko

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia diselenggarakan di luar Eropa dan Amerika Selatan. Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia kesembilan di tahun 1970. Terdapat 16 tim yang bertanding, yaitu Meksiko, Brasil, Peru, Uruguay, Inggris, Jerman Barat, Italia, Uni Soviet, Belgia, Bulgaria, Cekoslovakia, Swedia, Israel, Maroko, Rumania, dan El Salvador.

 

Di Piala Dunia kali ini, mulai diperkenalkan kartu merah dan kartu kuning untuk sanksi (peringatan) dalam permainan. Selain itu, sistem pergantian pemain juga mulai diberlakukan. Tahun ini, Brasil kembali berhasil memenangkan Piala Dunia setelah mengalahkan Italia dengan perolehan skor 4-1. Karena kemenangannya yang ketiga, Brasil mendapatkan Piala Jules Rimet untuk selamanya.  

10. Piala Dunia 1974 - Jerman Barat

Jerman Barat resmi dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia kesepuluh yang berlangsung pada 13 Juni sampai 7 Juli 1974. Kini, Piala Jules Rimet yang telah menjadi milik Brasil, digantikan oleh trofi emas berbentuk dua pria yang mengusung bola dunia. Trofi ini dibuat oleh pematung Italia bernama Silvio Gazzaniga.

 

Turnamen Piala Dunia 1974 dihadiri oleh 16 tim nasional yang terbagi ke dalam 4 grup, yaitu Grup 1 (Jerman Timur, Jerman Barat, Chili, Australia), Grup 2 (Yugoslavia, Brasil, Skotlandia, Zaire), Grup 3 (Belanda, Swedia, Bulgaria, Uruguay), dan Grup 4 (Polandia, Argentina, Italia, Haiti). Tim nasional Jerman Barat berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 dan mendapat gelar juara kedua setelah kemenangannya di Piala Dunia 1954.

11. Piala Dunia 1978 - Argentina

Piala Dunia 1978 digelar di Argentina. Turnamen ini diselenggarakan di 6 kota dan dihadiri oleh 16 tim unggulan, yakni Argentina, Italia, Hungaria, Prancis, Jerman Barat, Meksiko, Tunisia, Polandia, Brasil, Swedia, Spanyol, Austria, Belanda, Peru, Skotlandia, dan Iran. 

 

Sebagai tuan rumah, Argentina berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 3-1 setelah perpanjangan waktu di final. Ini adalah gelar pertama bagi Argentina yang menjadi tim keenam pemenang Piala Dunia.  

12. Piala Dunia 1982 - Spanyol

Piala Dunia berikutnya diadakan di negeri Matador, Spanyol. Sebanyak 17 stadion yang tersebar di 14 kota di Spanyol, dipilih untuk menyelenggarakan turnamen ini. Piala Dunia 1982 dihadiri oleh 24 tim nasional yang dibagi menjadi 6 grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 tim yang bertanding.

 

Piala Dunia kedua belas dimenangkan oleh tim nasional Italia, setelah berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan perolehan skor 3-1 dalam pertandingan final di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid. Ini adalah gelar juara ke-3 bagi Italia dalam sejarah Piala Dunia.

13. Piala Dunia 1986 - Meksiko

Selang 16 tahun kemudian, Meksiko kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia 1986. Terpilihnya Meksiko menjadi tuan rumah karena menggantikan Kolombia yang mengundurkan diri setelah dipilih. Turnamen ini melibatkan partisipasi 24 tim nasional, yang kemudian dikelompokkan menjadi 6 grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 tim.

 

Salah satu momen paling kontroversial dalam sejarah Piala Dunia terjadi dalam pertandingan perempat final antara Argentina dan Inggris. Maradona, pemain legendaris asal Argentina, berhasil mencetak gol dengan tangannya, yang kemudian disebut sebagai "Tangan Tuhan". Tim nasional Argentina kemudian berhasil merebut kemenangan keduanya setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2 di babak final. 

14. Piala Dunia 1990 - Italia

Tidak hanya Meksiko, Italia juga kembali dinobatkan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang diselenggarakan pada 8 Juni hingga 8 Juli 1990, setelah 56 tahun lamanya. Terdapat 24 tim finalis yang kemudian dibagi ke dalam 6 grup. Beberapa pertandingan Piala Dunia 1990 dimainkan di stadion-stadion terkenal di Italia, seperti Stadio San Paolo di Napoli, Stadio Giuseppe Meazza di Milan, dan Stadio Olimpico di Roma.

 

Pertandingan perempat final antara Jerman Barat dan Irlandia, terkenal dengan gol cantik yang dicetak oleh pemain Jerman, Timo Hakan Boğaziçi. Gol ini dianggap sebagai salah satu gol terindah dalam sejarah Piala Dunia. Di babak final, Jerman Barat kembali memenangkan pertandingan melawan Argentina 1-0, dan merebut gelar juara ketiganya di tahun ini.

15. Piala Dunia 1994 - Amerika Serikat

Di tahun 1994, Piala Dunia pertama kali diselenggarakan di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Di tahun ini pula, Piala Dunia memecahkan rekor penonton terbanyak, yaitu sekitar 69.000 penonton di setiap pertandingan. Terdapat 24 tim nasional yang bertanding dalam 6 grup berbeda. Di antaranya ada Arab Saudi, Italia, Spanyol, Yunani, dan tim-tim juara bertahan, seperti Brasil, Jerman, Spanyol, dan Italia.

 

Tim nasional Brasil keluar sebagai juara Piala Dunia 1994. Brasil mengalahkan Italia melalui adu penalti dalam pertandingan final. Ini menjadi pertandingan final pertama yang dimenangkan melalui adu penalti. Melalui kemenangan ini, Brasil mendapat gelar juara keempatnya dalam sejarah Piala Dunia.

16. Piala Dunia 1998 - Prancis

Setelah 60 tahun, Prancis kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia yang diadakan pada 12 Juni hingga 12 Juli 1998. Turnamen ini melibatkan partisipasi tim yang lebih banyak dari sebelumnya, yaitu 32 tim nasional yang terkualifikasi. Terdapat 8 grup yang masing-masing terdiri dari 4 tim. Jepang, Afrika Selatan, Jamaika, dan Kroasia menjadi tim nasional baru yang berpartisipasi tahun ini.

 

Zinedine Zidane menjadi bintang Piala Dunia 1998. Ia mencetak dua gol dengan tendangan kepala dalam pertandingan final melawan Brasil, dan menjadi ikon kemenangan Prancis. Di tahun ini, akhirnya Prancis berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya dalam sejarah Piala Dunia.

17. Piala Dunia 2002 - Jepang dan Korea Selatan

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia diselenggarakan di Asia dan dua negara sekaligus, yaitu Jepang dan Korea Selatan. Saat itu, Jepang menjadi tuan rumah untuk babak final. Turnamen ini melibatkan partisipasi dari 32 tim nasional. Sebagai tuan rumah, Korea Selatan dan Jepang otomatis lolos kualifikasi. Meskipun begitu, Korea Selatan berhasil mencapai semifinal, menjadi negara Asia pertama yang lolos, sementara Jepang juga tampil impresif.

 

Di babak final, Brasil mengalahkan Jerman 2-0, membuatnya menyabet gelar juara kelima dalam sejarah Piala Dunia. Selain itu, Ronaldo, pemain dari Brasil juga menjadi pencetak gol terbanyak dalam turnamen ini dengan total 8 gol. Ia dianugerahi Penghargaan Pemain Terbaik Turnamen.

18. Piala Dunia 2006 - Jerman

Jerman kembali dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, setelah tahun 1974 (di tahun ini, Jerman masih bernama Jerman Barat). Ini menjadi tahun kesepuluh Piala Dunia diselenggarakan di Eropa. Diikuti oleh 32 tim nasional, turnamen ini menggunakan sistem eliminasi gugur seperti sebelumnya, di mana tim-tim bersaing untuk maju ke babak berikutnya dengan satu pertandingan di setiap babak.

 

Pertandingan final Piala Dunia 2006 mencatat momen kontroversial ketika Zinedine Zidane, kapten tim nasional Prancis, mendapatkan kartu merah setelah melakukan kepala-buntut kepada Marco Materazzi dari Italia. Ini menjadi permainan terakhir Zidane dalam karirnya. Kemudian, Italia berhasil memperoleh kemenangan dari Prancis dan keluar sebagai gelar juara Piala Dunia 2006.

19. Piala Dunia 2010 - Afrika Selatan

Tahun 2010, pertama kalinya Piala Dunia diadakan di benua Afrika, yakni di negara Afrika Selatan. Untuk mempersiapkan Piala Dunia, Afrika Selatan membangun beberapa stadion baru dan memperbarui infrastruktur olahraga, seperti Soccer City di Johannesburg, Cape Town Stadium di Cape Town, dan Nelson Mandela Bay Stadium di Port Elizabeth.

 

Turnamen ini dihadiri oleh 32 tim nasional yang berasal dari Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Serikat, dan Asia. Di babak final, Spanyol berhasil mengalahkan Belanda dengan perolehan skor 1-0. Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan adalah turnamen yang ditandai dengan momen bersejarah bagi benua Afrika dan kemenangan pertama bagi tim nasional Spanyol dalam sejarah Piala Dunia.  

20. Piala Dunia 2014 - Brasil

Untuk kedua kalinya, Brasil dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Turnamen ini melibatkan partisipasi 32 tim nasional. Format pertandingan tetap menggunakan sistem grup dan eliminasi gugur. Ada delapan grup, masing-masing terdiri dari empat tim. Stadion Maracana di Rio de Janeiro pun kembali dipilih untuk pertandingan final.

 

Tim nasional Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia 2014. Jerman mengalahkan Argentina 1-0 melalui gol kemenangan yang dicetak oleh Mario Götze dalam pertandingan final yang diadakan di Maracanã Stadium di Rio de Janeiro pada 13 Juli 2014. Ini adalah gelar juara keempat bagi Jerman dalam sejarah Piala Dunia.

21. Piala Dunia 2018 - Rusia

Dalam kejuaraan Piala Dunia kedua puluh satu, Rusia menjadi negara di Eropa Timur yang pertama kali menjadi tuan rumah. Turnamen ini dihadiri oleh 32 tim nasional terbaik, seperti Spanyol, Prancis, Argentina, Brasil, Jerman, dan 27 tim lainnya yang lolos kualifikasi.

 

Tim nasional Prancis berhasil menyabet juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia 4-2 dalam pertandingan final yang diadakan di Luzhniki Stadium di Moskow pada 15 Juli 2018. Kylian Mbappé dari Prancis dianugerahi Penghargaan Pemain Muda Terbaik Turnamen. Ia menjadi salah satu pemain paling menonjol dalam turnamen tersebut.

22. Piala Dunia 2022 - Qatar

Nah, di pagelaran Piala Dunia ke-22 tahun lalu, Asia menjadi tuan rumah kedua, tepatnya di negara Qatar, Timur Tengah. Piala Dunia 2022 merupakan yang pertama kalinya tidak diadakan di pertengahan tahun. Mengingat musim panas di Qatar yang cukup intens. Oleh karena itu, turnamen baru dilaksanakan pada 20 November sampai 18 Desember 2022.

 

Sebanyak 32 tim nasional lolos kualifikasi untuk bertanding. Di antara 32 tim tersebut, 24 tim lainnya pernah tampil di Piala Dunia 2018. Piala Dunia 2022 dimenangkan oleh Argentina, setelah Messi mengalahkan tim nasional Prancis lewat adu penalti 4-2. Hasil ini membuat Argentina meraih kemenangan ketiganya dalam sejarah Piala Dunia.

Prediksi Calon Tuan Rumah Piala Dunia Selanjutnya 

 

Penentuan siapa yang menjadi tuan rumah Piala Dunia selanjutnya, sebenarnya sudah dilakukan dari jauh-jauh hari. Dilansir dari Tokopedia, sudah ada beberapa nama yang diprediksi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. 

Piala Dunia 2026 - Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko

Rencananya, Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di 3 negara sekaligus, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Terdapat sekitar 16 kota yang menjadi tuan rumah untuk pertandingan yang akan diikuti oleh berbagai negara dari belahan dunia, di antaranya:

  • Atlanta
  • Boston
  • Dallas
  • Houston
  • Kansas City
  • Los Angeles
  • Miami
  • New Jersey
  • Philadelphia
  • San Francisco
  • Seattle 
  • Guadalajara
  • Mexico City
  • Monterrey 
  • Toronto
  • Vancouver

Oke, itulah daftar negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dari masa ke masa. Dimanapun negaranya, euforia kejuaraan sepak bola internasional yang diselenggarakan empat tahunan ini selalu terasa di antara para pecinta bola, ya. Apakah kamu sudah siap menyambut Piala Dunia 2026? 

 

Sambil menunggu informasi Piala Dunia yang akan datang, yuk, baca artikel menarik seputar sepak bola lainnya di superlive.id!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Football History #Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Diunggulkan, Timnas Indonesia U-20 Ogah Remehkan Maladewa

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Kontrak Segera Habis Di Inter Miami, Lionel Messi Mau ke Mana?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

3 Nama Yang Bisa Gantikan Marc-André ter Stegen di Bawah Mistar Barcelona

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Terkendala Hujan Lebat, Laga Atalanta Vs Como 1908 Terpaksa Ditunda

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Barcelona & Coldplay Bakal Bersatu Lawan Real Madrid di El Clasico

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Simone Inzaghi Blak-blakan Bilang Inter Milan Tampil Kurang Maksimal

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Cedera Lutut, Kiper Barcelona Akhiri Musim Lebih Cepat?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Man City vs Arsenal Berakhir Seri, Pep Guardiola Dan Arteta Kompak Kesal Dengan Wasit

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Katanya Ada Masalah Sama Marcus Rashford? Begini Jawaban Erik Ten Hag

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Tumbangkan Espanyol, Real Madrid Pepet Barcelona Di Puncak Klasemen

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /