Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Copa Del Rey

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 31/03/2024

Article Category : News

Bagi Superfriends yang merupakan fans Real Madrid dan Barcelona pasti sudah gak asing lagi dengan Copa del Rey. Gak bisa dipungkiri, Piala Copa del Rey itu memang jadi ajang yang penting banget di Spanyol setelah La Liga.

 

Karena di ajang ini, klub yang memiliki kelas yang lebih rendah juga bisa ikut.  Tapi yang kita yakini, banyak talenta-talenta cemerlang yang lahir dari sini, bikin nama Spanyol makin dikenal di dunia bola. Jadi, bisa dibilang, Copa del Rey tuh kayak tempat ajaib buat ngasah kemampuan pemain-pemain bola di sana. Nah, kali kini kita akan membahas lebih dalam mengenai turnamen ini. 

Sejarah Copa del Rey

Sebuah fakta menarik, bahwa Copa del Rey adalah turnamen sepak bola nasional Spanyol sebelum La Liga didirikan pada tahun 1928. Turnamen ini telah dimulai dari tahun 1903 dan berlangsung sampai sekarang. Setiap pertandingan pada Copa del Rey adalah pertandingan tunggal, dimana tim divisi lebih rendah biasanya menjadi tuan rumah. 

 

Semua klub teratas Spanyol biasanya ikut serta mulai dari ronde pertama. Semifinal dimainkan dalam dua pertandingan. Pemenang dari Copa del Rey lolos ke Supercopa de España dan Liga Europa UEFA. Di samping itu, turnamen ini juga telah mengalami beberapa perubahan format, termasuk menggunakan babak grup. 

 

Dikutip dari Sportmonks, selama sejarah kompetisi, ada total 12 trofi yang diberikan secara permanen kepada klub-klub yang berhasil memenangkan Copa del Rey. Trofi tersebut diberikan baik karena memenangkan kompetisi tiga kali berturut-turut atau sebanyak lima kali secara terpisah, serta alasan-alasan khusus lainnya. Barcelona telah dianugerahi lima trofi permanen, sementara Athletic Bilbao telah menerima tiga trofi, dan Real Madrid satu trofi. 

Perbedaan La Liga dengan Copa del Rey

Ok, jadi La Liga sama Copa del Rey itu kayak dua acara beda di dunia sepak bola Spanyol.

 

La Liga tuh liga sepak bola nomor satu di Spanyol. Di situ, tim-tim terbaik dari seluruh negeri beradu skill dalam satu musim yang panjang. Biasanya, ada 20 tim yang saling bentrok dua kali, sekali di kandang dan sekali di luar kandang. Di akhir musim, tim dengan poin tertinggi jadi juara La Liga.

 

Copa del Rey, itu turnamen piala. Semua klub, dari yang besar sampe yang kecil, bisa ikutan. Mulai dari babak kualifikasi, semua pertandingan dimainkan dalam satu leg. Cuma semifinal aja yang dimainkan dalam dua leg. Jadi, tim yang menang final, dialah yang bawa pulang gelar Copa del Rey.

 

Jadi, intinya, La Liga itu tentang musim reguler, sementara Copa del Rey lebih ke turnamen piala yang seru tiap tahunnya.

Daftar tim yang Paling Banyak Juara Copa del Rey

Beberapa tim ini telah sering memenangi Copa del Rey. Nah, bagi lo yang penasaran, berikut tim-tim tersebut.

1. Barcelona

 

Yap, tim dengan total kemenangan terbanyak Copa del Rey adalah Barcelona. Tim ini memang udah menjadi kekuatan utama di Copa del Rey dengan prestasi yang mengesankan. Mereka bukan cuma sekadar memenangkan gelar juara sebanyak 31 kali, tapi juga meraih posisi runner-up sebanyak 12 kali. Konsistensi mereka dalam meraih sukses di turnamen ini mencerminkan keunggulan klub ini dalam sepak bola Spanyol.

 

Dominasi Barcelona di Copa del Rey memang luar biasa. Klub ini telah menorehkan sejarah panjang dengan pencapaian-pencapaian gemilangnya di turnamen ini. Dengan skuad yang penuh talenta dan performa yang konsisten, Barcelona terus menjadi ancaman serius bagi tim-tim lawan dalam setiap pertandingan.

2. Athletic Bilbao

 

Athletic Bilbao juga pantas diacungi jempol atas pencapaiannya di Copa del Rey. Mereka telah menjadi juara turnamen ini sebanyak 23 kali, menegaskan posisi mereka sebagai salah satu kekuatan utama dalam sepak bola Spanyol. Prestasi ini menunjukkan konsistensi dan dedikasi klub ini dalam kompetisi piala nasional.

 

Namun, ketika dibandingkan dengan performa mereka di La Liga, Athletic Bilbao mungkin terlihat lebih tidak konsisten. Meskipun klub ini memiliki sejarah yang kaya dalam kompetisi sepak bola Spanyol, termasuk menjadi salah satu pendiri La Liga pada tahun 1928, prestasi mereka di liga tersebut tidak sehebat di Copa del Rey. Mereka lebih sering berada di tengah-tengah klasemen daripada bersaing di puncak, meskipun kadang-kadang mereka bisa meraih hasil yang menonjol di musim tertentu.

3. Real Madrid

 

Ini yang kalian cari-cari kan? Yap, Real Madrid berada di posisi ketiga dalam jumlah trofi Copa del Rey.  Meskipun terkenal karena dominasi mereka di La Liga dan Liga Champions, Real Madrid ternyata tidak semengerikan di liga ketika memainkan turnamen ini. Di ajang ini mereka telah menang sebanyak 20 kali dan apakah kalian tau? Real Madrid juga menjadi Runner Up terbanyak di Copa del Rey. Mereka telah kalah di final sebanyak 20 kali. 

 

Di sisi lain, ketika dibandingkan dengan performa mereka di La Liga, Real Madrid biasanya lebih unggul. Mereka adalah salah satu klub paling sukses dalam sejarah La Liga, seringkali bersaing di puncak klasemen dan meraih gelar juara secara teratur. Real Madrid terkenal dengan skuad bintangnya dan gaya bermain menyerang yang menghibur, yang sering membawa mereka meraih kesuksesan di tingkat domestik. 



Sebagai salah satu turnamen sepak bola tertua, Copa del Rey telah menyajikan berbagai momen bersejarah, khususnya bagi pecinta klub-klub Spanyol. Melalui perjalanan panjangnya, turnamen ini telah banyak menciptakan penampilan yang apik dari setiap klub yang berlaga. Itulah pembahasan mengenai Copa del Rey. Ayo tetap upgrade informasi bola lo dengan selalu mengunjungi Supersoccer dari Superlive. 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Liga Internasional

Source:Copa del Rey: Melacak Apiknya Turnamen Sepak Bola Spanyol

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Balik Latihan di Man United, Jadon Sancho dan Erik ten Hag Sudah Akur

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United dan Matthjis de Ligt Bisa Bersatu, Tapi Ada Satu Kendala

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tiba-tiba Gantung Sepatu? Kingsley Coman Ingin Pensiun dari Timnas Prancis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sale XI! Juventus Siap Lepas 11 Pemain di Bursa Transfer Musim Panas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kontroversi Kah? Ini Alasan Inggris Dapat Penalti Saat Bertemu Belanda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Berencana Rekrut 3 Pemain Lagi, Termasuk Jadon Sancho

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Berkorban Demi Chelsea, Mykhailo Mudryk Langsung Ikut Latihan Perdana

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pecah Rekor di Pesta Bola Eropa 2024, Begini Respon Lamine Yamal

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pesan Pertama Thiago Motta: Kalian Bisa Bangga Kepada Juventus!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Siap Lepas Greenwood ke Marseille dengan Satu Syarat

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /