Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 02/01/2024

Article Category : News

Heading dalam sepak bola memiliki daya tarik tersendiri yang menggambarkan keahlian, keberanian, dan keunggulan taktis di lapangan. Lo bisa melihat perbedaan ketika sebuah kejadian krusial lahir dari tindakan ini, misalnya seperti mencetak gol atau penyelamatan. Tapi sebenarnya apakah sundulan merupakan hal yang mudah dilakukan? Tahan dulu friends, supaya lo gak salah dan tentunya tidak cedera, ada baiknya lo simak artikel ini.

Apa Itu Heading dalam Sepak Bola?

Heading adalah teknik di sepak bola di mana lo ngontrol bola pakai kepala buat ngoper, nendang, atau ngebuang bola. Lo bisa lakuin ini pas berdiri, lompat, atau melayang gitu. Biasanya, pemain sering pake teknik sundulan ini di hampir setiap pertandingan. Tapi meskipun terlihat mudah, ternyata sundulan punya dasar dan teknik agar bola terarah dan yang paling penting mengurangi risiko cedera.

Macam-Macam Heading

Penting untuk lo ketahui, bahwa heading bukan sekedar sundulan yang ditujukan untuk mencetak gol. Karena dalam sepak bola, sangat banyak teknik yang sama dan bisa dilakukan untuk tujuan yang berbeda. Nah, agar pengetahuan lo semakin bertambah, berikut ini adalah beberapa teknik dalam heading.

1. Standard Header

Standard header adalah teknik dasar dalam sepak bola di mana seorang pemain menggunakan bagian dahi untuk mengontrol atau menyundul bola. Biasanya, pemain menggunakan teknik ini untuk mengarahkan bola ke suatu tempat yang diinginkan, baik untuk membuat umpan kepada rekan satu tim atau untuk mencoba mencetak gol. Ini adalah jenis heading yang paling umum digunakan dan menjadi dasar bagi teknik-heading lainnya.

2. Glider Header

Glider header lebih fokus pada mengalirkan bola, seringkali digunakan untuk memberikan umpan kepada rekan satu tim. Saat melakukan glider header, pemain cenderung menggunakan kepala dengan gerakan yang lebih terkendali, mengarahkan bola dengan lembut ke samping untuk diterima oleh rekan satu timnya.

3. Flick Header

Flick header melibatkan penggunaan kepala untuk mengatur atau mengarahkan bola. Teknik ini berguna untuk mengubah arah bola dengan cepat atau untuk mengarahkan bola ke arah yang diinginkan, baik untuk mengelabui lawan atau untuk mengirimkan umpan kepada rekan satu tim.

4. Power Header

Power header melibatkan lemparan tubuh yang kuat ke bola menggunakan kepala. Pemain menggunakan teknik ini dengan memanfaatkan kekuatan tubuh dan kepala untuk menghasilkan sundulan yang kuat. Seringkali sundulan ini ditujukan untuk mencetak gol.

Basic Melakukan Heading

Perlu untuk lo ketahui, Teknik dasar sundulan itu lebih pada ke ngeliatin arah bola, posisiin diri dengan bener, lompatan, dan kekuatan kepala lo dalam mendorong (menyundul) bola. Dahi itu adalah bagian kepala yang paling kuat dan paling aman buat menghadapin bola. Lo harus pastiin buat nyetel bagian tengah bola dengan gerakan yang kuat dan terkendali. Gitu bakal bantu buat lo nentuin arah bola dengan tepat. Terus, setelah kena bola, lanjutin aksi dengan kepala dan leher buat dapetin tenaga maksimal.

Cara Latihan Heading

Nah, buat latihan sundulan, lo pertama-tama mulai dari menyundul saat berdiri aja. Ini yang paling gampang dan bakal ngebantu banget buat ngasah skill dasarnya. Setelah udah jago dasarnya, barulah bisa coba yang lebih sulit, misalnya sundulan sambil melompat. Berikutnya lo bisa melatih sundulan dengan melakukan hal cara berikut ini:

  1. Latihan Sundulan dari Berdiri ke Melompat

Mulailah dengan melakukan latihan sundulan sederhana dari posisi berdiri. Gunakan teman atau pelatih untuk melemparkan bola secara teratur kepada kamu dari berbagai sudut. Fokuskan pada teknik mengontrol bola dengan kepala dan arahkan ke target yang ditentukan. Setelah merasa heading lo udah terarah, lo bisa mencoba melakukannya dengan melompat.

  1. Gunain Alat Bantu

Adanya alat bantu seperti bola-bola yang lebih ringan atau bola foam yang bisa membantu lo dalam berlatih tanpa harus mengkhawatirkan risiko cedera atau terluka. Selain itu, alat-alat ini membantu membangun kepercayaan diri lo dalam menghadapi bola.

  1. Latihan Sundulan Menyelam

Setelah menguasai sundulan dari berdiri dan melompat, cobalah latihan menyundul dengan melakukan gerakan menyelam. Biasanya, latihan ini dilakukan dengan melompat ke arah bola dari posisi berlari. Tapi dalam melakukan teknik ini, jangan lupa pastiin posisi lompatan lo benar, dan tempat mendaratnya permukaan yang datar.

  1. Teknik Penguatan Leher

Melakukan latihan penguatan leher dapat membantu dalam meningkatkan kekuatan dan stabilitas leher, yang penting untuk melindungi diri dari cedera saat melakukan heading. Latihan sederhana seperti gerakan "neck bridges" atau menahan beban tubuh dengan leher bisa menjadi pilihan. Tapi jangan lupa perhatikan keamanan tubuh lo.

  1. Berlatih Situasi Game

Buat latihan yang menyerupai situasi permainan nyata. Misalnya, buat permainan kecil antar tim lo yang memfokuskan pada penguasaan dan penggunaan teknik heading di lapangan.

Cara Heading dalam Situasi Berbeda

Saat melakukan sundulan, sangat penting untuk mengutamakan keselamatan lo. Meskipun menyundul bola merupakan bagian integral dari permainan, tapi terdapat risiko, terutama ketika lo dihadapkan dengan situasi yang tidak menguntungkan untuk melakukan teknik ini.

Oleh karena itu, beberapa cara ini bisa lo coba terapin agar bisa melakukan heading di berbagai situasi:

  1. Pahami posisi lo dan situasi sebelum melakukan tindakan.

  2. Ambil aba-aba dengan tepat dan tidak tergesa-gesa

  3. Usahakan untuk tetap membuka mata, mengencangkan otot leher dan punggung.

  4. Perhatikan posisi lompatan dan mendarat setelah melakukan sundulan

Teknik Mendarat setelah Heading

Berhubungan dengan proses melakukan heading di berbagai situasi, posisi lo saat mendarat juga merupakan hal yang penting. Karena posisi mendarat setelah menyundul juga dapat menghindari lo dari cedera. Lo harus berusaha mendarat dengan kedua telapak kaki, menekuk lutut, dan memposisikan badan dengan benar untuk mengurangi benturan. Namun yang terpenting, ketika lo udah biasa melakukan teknik heading, badan dan respon tubuh lo seharusnya sudah bisa memberikan tindakan yang aman.

Kesimpulannya, heading adalah skill penting dalam sepak bola, dan lo harus melatihnya secara teratur untuk meningkatkan performa serta bisa mencetak gol.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Industri Sepakbola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Dipecat Juventus, Massimiliano Allegri Bisa Merapat ke Bayern Munchen?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Euro 2024: Alami Cedera, Mungkinkah Harry Kane Bela Timnas Inggris?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Daftar City Playoff Euro Futsal Esport Championship 2024 Regional Surabaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Aneh, Sekarang Xavi Hernandez Berpotensi Dipecat Barcelona Akhir Musim Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Prediksi Dampak Kylian Mbappe di Real Madrid, Vinicius Junior Bisa Dijual?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Harus Tau, City Playoff Euro Futsal Esport Championship 2024 Regional Bandung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terungkap Alasan Lionel Messi Pilih ke Amerika Serikat, Ternyata Bukan Uang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi, Raphael Varane Tinggalkan Manchester United Akhir Musim Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ini Dia Daftar City Playoff Euro Futsal Esport Championship 2024 Regional Semarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Pede, Erik Ten Hag Yakin Bisa Jadi Penyelamat Manchester United

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /