Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 07/11/2023

Article Category : News

Apakah lo pernah mendengar istilah Jogo Bonito dalam sepak bola? Gaya permainan sepak bola yang unik ini dipopulerkan oleh Timnas Brasil. Tapi apa itu? Nah, tanpa basa-basi lagi, ayo kita berkenalan dengan Jogo Bonito itu, mulai dari penjelasan, ciri-ciri uniknya, serta pengaruh besar yang telah ditinggalkannya dalam dunia sepak bola. Siap-siap untuk terbuai oleh keindahan permainan yang menggetarkan hati!

Apa itu Jogo Bonito?

Image source: bola.com

Jadi Jogo Bonito itu artinya "Permainan yang Indah" dalam bahasa Portugis, dan ini ngebahas gaya main sepak bola yang fokus ke estetika, gaya, dan prestasi individual. Kata-kata keren ini diintroduksi pertama kali sama legenda bola Brasil, Pelé, yang lagi mau ngomongin keunikan gaya bermain Brasil.

Inti dari Jogo Bonito bukan tentang ngitung strategi atau apapun. Yang penting banget di sini adalah cara berpikir yang kreatif. Setiap pemain diharapkan punya skill dan imajinasi masing-masing, gak cuma buat bikin gol, tapi juga buat bikin momen-momen keren di lapangan.

Di balik Jogo Bonito, ada filosofi yang bermain dengan hati, integritas, dan kesenangan beneran. Jadi sepak bola jadi tempat buat nunjukin keindahan. Mereka punya moto keren, "bermain dari hati," yang nggambarin cara bermain yang lebih emosional daripada cuma ngikutin strategi aja.

Ciri-ciri Jogo Bonito

1. Teknik Tingkat Dewa

Jogo Bonito dikenal dengan teknik tingkat dewa yang dimiliki oleh pemainnya. Mereka mampu ngontrol bola dengan keahlian luar biasa, menampilkan trik-trik yang membuat penonton terpana, dan melakukan aksi-aksi akrobatik yang jarang terlihat di lapangan. Contoh pemain yang mengusung teknik tingkat dewa adalah Ronaldinho, lo tentunya tau bahwa legenda Brasil ini dikenal dengan dribel-dribelnya yang mengagumkan dan keterampilan mengolah bola yang luar biasa. Maka sebenarnya gak heran kalau Ronaldinho sering membuat pertandingan semakin menarik dengan trik-triknya yang spektakuler.

 

2. Kreativitas Maksimal

Salah satu ciri khas Jogo Bonito adalah kreativitas yang maksimal dalam permainan. Para pemain ngga hanya mematuhi taktik dan strategi tim, tetapi juga berani menciptakan momen-momen kreatif yang gak terduga. Sebagai contoh, Neymar yang sering menggunakan kreativitasnya untuk mengecoh lawan dengan trik-trik dan gaya bermain yang unik. Kemampuannya dalam menciptakan peluang dan memberikan umpan-umpan brilian adalah contoh nyata dari kreativitas dalam sepak bola.

 

3. Kerjasama yang Sempurna

Meskipun Jogo Bonito sering dikaitkan dengan aksi individu yang mengagumkan, para pemainnya juga mengutamakan kerjasama tim yang sempurna. Mereka memahami betul bagaimana bermain bersama dengan rekan-rekan mereka, sehingga alur permainan terlihat sangat indah. Brasil era Pele adalah contoh sempurna dari tim yang menjalankan Jogo Bonito. Mereka menampilkan serangan-serangan indah dan kerjasama tim yang luar biasa.

 

4. Kepemimpinan Karismatik

Jogo Bonito sering kali dipimpin oleh pemimpin yang karismatik di lapangan. Kapten tim biasanya memiliki pengaruh besar dalam memotivasi rekan-rekannya dan menjaga semangat tim tetap tinggi. Contoh pemimpin karismatik adalah Dunga, yang memimpin tim nasional Brasil pada saat juara Piala Dunia 1994. Selain itu ada juga Cafu yang kepemimpinannya yang tenang dan berkelas, serta kemampuannya dalam menciptakan momen-momen penting, membuatnya menjadi ikon dalam permainan Jogo Bonito.

 

5. Keberanian dalam Menyerang

Jogo Bonito bukan hanya tentang menjaga pertahanan, tetapi juga tentang keberanian dalam menyerang. Gak ada tuh istilah takut pada Jogo Bonito terutama dalam menyerang dan menciptakan peluang.

Perbedaan Jogo Bonito dengan Gaya Bermain Lainnya

Jogo Bonito itu beda banget dari gaya main sepak bola yang lain. Mereka fokusnya bukan cuma pada menang, tapi juga pada aspek-aspek lain yang bikin sepak bola jadi makin keren. Gaya permainan ini berfokus pada aspek keindahan, gaya, dan pencapaian individual, di mana pentingnya kemenangan seolah berada di belakang sebagai prioritas.

Selain itu, Jogo Bonito juga bangga banget sama fair play, kreativitas, kejujuran, dan semangat tim. Mereka tuh nggak cuma mau menang, tapi juga pengen semua orang ngerasain kebahagiaan dan semangat dalam main bola.

Di sisi lain, gaya main lainnya kadang lebih fokus sama menang aja, dan sering lupa tentang aspek-aspek keren lainnya dalam sepak bola. Jadi, Jogo Bonito itu datang buat ngingetin kita bahwa sepak bola itu nggak cuma soal kemenangan, tapi juga soal keindahan yang ada di setiap momennya.

Contoh Tim yang Menggunakan Jogo Bonito

Image source: kompas.id

Lo pastinya udah tau dong, kalu ditanya siapa tim yang menggunakan filosofi Jogo Bonito. Tim nasional Brasil selalu jadi pelopor dalam mengusung konsep Jogo Bonito dan dipandang sebagai perwujudan sejati dari gaya sepak bola Brasil yang unik. Mereka berhasil mengukir sejarah dengan meraih lima gelar Piala Dunia FIFA, dan tim tahun 1970 dianggap sebagai salah satu tim terbaik sepanjang masa.

Yang bikin Brasil begitu spesial adalah permainan yang mereka usung yang selalu menonjolkan keterampilan individu, kreativitas, dan bakat dalam setiap laga. Nonton Brasil bermain selalu seru dan menghibur, karena mereka selalu menampilkan aksi-aksi spektakuler.

Pelatih legendaris Brasil, Tele Santana, adalah salah satu tokoh kunci dalam menciptakan Jogo Bonito. Dia percaya bahwa ketika lawan mencetak lima gol, bukanlah tugas Anda hanya untuk mencetak tujuh gol, tapi tujuannya adalah mencetak tujuh gol dengan cara yang spektakuler. Itulah yang menjadi filosofi mereka.

Meski Brasil belum berhasil meraih Piala Dunia sejak tahun 2002, mereka tetap berpegang pada gaya dan prinsip yang sama. Mereka tetap menjadi salah satu tim yang paling dicintai dalam sejarah sepak bola karena mereka tak pernah mengkhianati akar dan warisan Jogo Bonito. Ini membuat mereka menjadi inspirasi bagi para pemain muda dan penggemar sepak bola di seluruh dunia.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Football History

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Barcelona Tolak Tawaran Manchester United untuk Fermin Lopez

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mungkinkah AC Milan Tergiur? Al Hilal Siap Beli Rafael Leao dengan Harga Fantastis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Mau Marc Guehi? Segini Uang yang Harus Disiapkan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ogah Jual Murah, Bayern Munchen Siap Kehilangan Alphonso Davies Gratis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Disarankan Tidak Menjual Federico Chiesa, Ini Alasannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Erik ten Hag: Manchester United Sudah Punya Pelatih Terbaiknya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Betah, Erling Haaland 1000 Persen Komitmen ke Manchester City

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Dipepet Bayern Munchen, Theo Hernandez Mengaku Gelap Soal Masa Depannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Barcelona Gigit Jari, Manchester City Siap Tebus Klausul Rilis Dani Olmo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi, AC Milan Tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /