Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pelanggaran Sepak Bola

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 31/03/2024

Article Category : News

Sepak bola, yang terkenal dengan persaingannya yang ketat dan penggemar yang hobi banget, tuh olahraga yang penuh sama aturan dan peraturan. Salah satunya itu pelanggaran, yang bisa bikin beda hasil pertandingan. Nah, penting banget buat pemain, wasit, dan para penggemar buat ngerti macem-macem pelanggaran yang sering terjadi dan konsekuensinya kayak gimana.

Pelanggaran dalam Sepak Bola dan Hukumannya

1. Offside

 

Offside itu aturannya buat hindarin pemain penyerang biar gak dapet keuntungan yang gak adil, dengan cara posisiin diri lebih dekat ke gawang lawan daripada bola dan bek terakhir lawan pas bola dimainin ke mereka. Aturan ini tuh buat seimbangin antara serangan sama bertahan. Nah, kalo pemain ketahuan offside, tim lawan bakal dapet tendangan bebas dari tempat kejadian offside.

2. Handball 

 

Handball itu kalo pemain sengaja pegang bola pake tangan atau lengan. Kalo kebetulan atau gak sengaja, biasanya gak dihukum, kecuali kalo beneran ngasih keuntungan besar buat tim yang melanggar. Pelanggaran handball bisa berakibat tendangan bebas langsung atau tidak langsung, tergantung seberapa parahnya pelanggarannya.

3. Dangerous Play

 

Dangerous Play mengacu pada tindakan yang menimbulkan risiko cedera pada lawan.  Misalnya, tekel tinggi ke arah badan, menendang kaki lawan dengan keras, atau tindakan lainnya yang mungkin bisa mengancam keselamatan pemain. Biasanya kalau pemain udah ngelakuin tindakan ini bakal ribet sih, wasit gak segan-segan ngeluarin kartu merah.  Namun, yang sangat sayangkan jenis pelanggaran ini masih terjadi di pertandingan-pertandingan profesional. 

4. Diving

 

Nah, kalau diving ini lo udah pasti tau lah ya. Karena tindakan ini bisa dibilang lebay sih. Kalau lo suka nonton bola, pasti lo sering gemes sendiri kalau ada yang diving. Secara teknis diving terjadi ketika seorang pemain dengan sengaja menjatuhkan atau melebih-lebihkan kontak dalam upaya untuk menipu wasit agar memberikan pelanggaran atau kartu kepada lawan. Kelakuan nggak sportif ini bisa bikin dapet hukuman, biasanya pemain yang ketahuan diving sama wasit bisa diberi hadiah kartu kuning. 

5. Tekel

 

Bagi lo yang anak bola, pasti tau lah kalau tekel ini merupakan salah satu cara bertahan. Bahkan hampir semua tindakan untuk mengambil bola dari lawan, disebut tekel. Tapi harus dilakuin sesuai aturan biar gak kena hukuman. Tekel yang gak bener termasuk yang kasar, berbahaya buat lawan, atau dari belakang. Kalo wasit liat ada tekel yang gak bener, dia bakal ngasih tendangan bebas atau kartu, tergantung seberapa parah pelanggarannya. 


Kalau lo ingin mempelajari teknik tekel yang baik, lo bisa melihat beberapa pemain seperti, Endo, Van Dijk, Rodri, dan pemain bertahan lainnya. Biasanya mereka memiliki teknik tekel yang baik. 

6. Disipliner

 

Pemain yang kena hukuman disipliner, biasanya karena melakukan berbagai macam pelanggaran, kayak ngomel-ngomel, kelakuannya nggak sportif, atau terus-terusan melanggar aturan. Kartu kuning biasanya diberikan sebagai peringatan, tapi tak jarang juga malah ada yang langsung kena merah. Ya mungkin pemain yang kena kartu itu, gak dengerin peringatan dari wasit. 

7. Ngedelay (Ngelama-lamain permainan)

 

Ngedelay permainan itu kalo pemain sengaja bikin permainan jadi lambat buat gangguin kelancaran jalannya permainan. Contohnya, dengan sengaja ngelambatin gerakan setelah bola berhenti atau pura-pura cedera buat buang-buang waktu. Wasit bisa kasih peringatan buat yang ngelambatin permainan, dan kalo udah sering banget, bisa dapet kartu kuning. Tapi yang kita semua tau, biasanya pemain yang ngelakuin hal ini, di saat timnya lagi menang. 

8. Memprovokasi Keributan (Penghinaan)

 

Memprovokasi keributan biasanya dilakuin lewat kata-kata kasar atau sikap agresif ke lawan, wasit, atau penonton. Tindakan ini tentunya sangat nggak sportif dan bisa kena hukuman. Wasit punya kuasa buat keluarin kartu kuning atau merah buat yang ngelakuin hal kayak gitu, tergantung seberapa parah provokasinya.

 

Daerah Lapangan yang Bisa Berpengaruh Terhadap Keputusan Wasit

 

Dalam pertandingan sepak bola, ada beberapa lokasi di lapangan yang bisa jadi pertimbangan wasit untuk memberikan hukuman yang lebih berat. Dimana aja? Ini penjelasannya

1. Area Penalti

Di area ini, pelanggaran bisa jadi gawat banget. Bayangin aja, kalo ada main kasar atau nekat, bisa-bisa tim lawan dapet tendangan penalti langsung! Dan yang lebih serem lagi, bisa bikin wasit keluarin kartu merah langsung buat si pelanggar.

2. Daerah Pertahanan

Nah, kalo pelanggaran terjadi di sini, berarti resikonya tinggi banget. Terutama kalo cara mainnya nggak fair atau bisa bikin cedera lawan. Wasit biasanya bakal keras dalam memberi hukuman buat tim yang main kasar di sini, biar gak ada keuntungan bagi yang main curang.

3. Luar Lapangan

Siapa bilang wasit cuman bisa memberi pelanggaran di dalam lapangan doang. Tak jarang pelanggaran juga terjadi di luar lapangan. Kayaknya nggak masuk akal ya, tapi kalo ada aksi nggak sportif atau provokatif, bisa bikin wasit keluarin kartu kuning atau merah. Jadi, jangan bermain dengan emosi di luar lapangan, karena bisa bikin masalah!



Kesimpulannya, pelanggaran sepak bola dan hukumannya memainkan peran penting dalam menjaga keadilan dan sportivitas di lapangan. Memahami penyebab dan konsekuensi dari berbagai pelanggaran membantu pemain, pelatih, dan penggemar menghargai pentingnya mematuhi aturan permainan. Dengan mengedepankan rasa hormat dan integritas, sepak bola terus memikat penonton di seluruh dunia sebagai salah satu olahraga yang paling dicintai dan dimainkan secara luas.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Manchester United Terancam Tak Bisa Ikut Europa League Musim Depan, Kenapa?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jangan Tinggalkan Como, Cesc! Eden Hazard Tebar Kode Bahwa Fabregas Bisa Latih Chelsea

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Thiago Motta Datang, 3 Pemain Juventus Ini Tak Boleh Dijual

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Akhirnya Buka Suara, Pemilik Baru Inter Milan Tebar Pesan ke Fans

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Xavi Hernandez: Pelatih Barcelona yang Baru akan Menderita

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Josep Guardiola Tinggalkan Manchester City Tahun 2025?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Katanya Sudah Fix: Manchester United Bakal Pecat Erik ten Hag Usai Final FA Cup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah 5 Tahun, AC Milan dan Stefano Pioli Resmi Berpisah

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sepakat Gabung Juventus? Thiago Motta Umumkan Perpisahan dari Bologna

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sudah Mantap, Thiago Motta Bersedia Gabung Juventus

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /