Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 13/11/2023

Article Category : News

Hai SuperFriends, tentunya lo pasti tau, bahwa di sepakbola ada banyak peraturan yang menghasilkan kesempatan bagi tim untuk melakukan tendangan secara bebas. Bicara tendangan bebas, kali ini kita akan membahas apa itu sebenarnya peraturan yang kita kenal dengan free kick. Mulai dari penjelasan, aturan, cara melakukannya.

Apa Itu Free Kick?

Jadi gini guys, tendangan bebas itu kayak momen yang buat permainan bisa berhenti sejenak dan bisa menjadi peluang untuk mencetak gol. Ini diberikan setelah ada pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan. Ketika terjadi pelanggaran tersebut, tim yang dilanggar berhak melakukan sebuah tindakan berupa tendangan dengan kondisi bebas atau bisa diartikan tanpa ada gangguan dari pihak lawan.

Selain itu, ada dua jenis tendangan bebas, yang langsung dan nggak langsung. Nah, biasanya dua jenis tendangan bebas ini sakan sering kamu lihat di pertandingan sepak bola. Tendangan bebas langsung ini biasanya dilakukan sepersekian detik setelah terjadinya pelanggaran dan pemain langsung mengambil bola dan mengumpan ke rekan timnya. Sedangkan tidak langsung, pemain akan mengambil posisi tetap setelah terjadi pelanggaran. Untuk detail kita akan bahas di poin selanjutnya.

Penyebab Tendangan Bebas

Tendangan bebas, bro, biasanya kita dapetin pas ada pemain yang main kasar atau melanggar aturan, atau mungkin ada pemain yang keceplosan berada di posisi offside. Nah, tendangan bebas ada dua jenis, langsung dan nggak langsung, dan tendangan penalti. Ini hanya bisa diberikan kalo pelanggaran terjadi waktu bola lagi dimainin. Tendangan bebas nggak langsung kita dapetin kalo penjaga gawang di kotak penalti melanggar aturan kayak nyentuh bola lebih dari enam detik, menyentuh bola dengan tangan setelah dilempar, atau nyentuh bola dengan tangan, kecuali penjaga gawang dengan jelas-jelas mencoba nendang bola biar masuk dalam permainan.

Aturan Tendangan Bebas

Buat tendangan bebas, ada aturannya guys. Jadi, bola harus dalam posisi diam, dan lawan kita harus jaga jarak minimal 10 yard dari bola sampai bola mulai bergerak. Selain itu, jika posisi pelanggaran semakin dekat dengan gawang, maka akan ada pagar penghalang (pagar betis) yang terdiri dari pemain lawan. Semakin deket dengan gawang, maka jumlah pagar penghalang semakin banyak.

Misalnya posisi pelanggaran terjadi di dekat garis tengah lapangan bagian tim lawan, maka tidak ada pagar penghalang. Sebaliknya, jika lebih dekat dengan kotak penalti lawan, maka akan beberapa pemain lawan akan diminta untuk menjadi pagar penghalang.

Selain itu, bola dianggep mulai dimainin begitu kita tendang dan bola jelas-jelas udah bergerak. Kalo kita mau tendang cepat dan lawan ada yang nyamperin kurang dari 10 yard, hakim lapangan bakal ngizinin kita. Tapi, kalo ada lawan yang sengaja ngehalangi tendangan bebas yang kita lakuin cepat, dia bisa dapet peringatan karena bikin permainan tertunda. Kalo waktu tendangan bebas dilakukan lawan lebih deket dari yang seharusnya, tendangan itu diulang, kecuali kalo ada situasi tertentu.

Jenis Tendangan Bebas

Ada dua jenis tendangan bebas dalam sepak bola: langsung dan tidak langsung.

1. Tendangan bebas langsung

Tendangan ini diberikan ketika seorang pemain melakukan pelanggaran serius, seperti tersandung atau mendorong lawan. Tendangan bebas langsung dapat dilakukan dengan cara menembak langsung ke gawang atau dengan mengoper bola kepada rekan satu tim tanpa harus mengambil posisi yang pas.

Jadi intinya ketika terjadi pelanggaran, pemain langsung yang dilanggar atau rekan timnya langsung mengambil bola dan melakukan tembakan atau sebuah umpan. Di samping itu, ini bisa menjadi salah satu bagian penting dalam strategi tim, seperti menerapkan permainan cepat dan efektif.

2. Tendangan bebas tidak langsung

Sama halnya dengan tembakan bebas langsung, tendangan bebas tidak langsung juga dapat berasal dari sebuah pelanggaran. Namun, yang membedakannya setelah pelanggaran terjadi, pemain akan mengambil posisi terlebih dahulu sebelum melakukan tendangan.

Cara Melakukan Tendangan Bebas

Lo tentunya pasti tahu bahwa tendangan bebas bisa menjadi momen untuk mengaktifkan peluang baik yang dilakukan untuk tenaga langsung ke arah gawang ataupun merupakan umpan kepada rekan tim.

Tapi untuk melakukan tendangan ini dibutuhkan keterampilan dan teknik. Nah jika kamu masih belajar untuk melakukan hal ini berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam melakukan tendangan bebas:

  1. Penempatan bola

Tempatkan bola pada posisi yang tepat. Bola harus ditempatkan pada posisi yang nyaman bagi penendang.

  1. Posisi Kaki

Jaga agar kaki berdiri tetap dekat dengan bola. Semakin dekat kaki Anda yang berdiri ke arah bola saat melakukan kontak, semakin baik kendali yang Anda miliki terhadap kemana arah bola.

  1. Run-up

Mundur beberapa langkah dan berlari menuju bola. Perjalanannya harus lancar dan konsisten.

  1. Awasi bola

Awasi bola sepanjang run-up dan tendangan.

  1. Tindak lanjut

Ayunkan kaki Anda seperti pendulum dan tindak lanjuti. Ini akan membantu Anda menghasilkan kekuatan dan akurasi.

Pemain-pemain yang Memiliki Tendangan Bebas Luar Biasa

1. David Beckham

Siapa yang gak tau David Beckham. Pada masanya pemain ini juga dijuluki dengan "Golden Balls" karena kemampuannya dalam menendang dan mengirim bola ke sasaran dengan presisi yang luar biasa.

Kalau lo sering nontonin dia dulu, lo pasti tau Beckham memiliki teknik khusus dalam menendang bola, termasuk posisi unik kakinya dan gerakan ketika dia mengambil tendangan bebas.

Selama karirnya, ia mencetak banyak gol dari tendangan bebas, yang membuatnya dikenal juga sebagai salah satu pemain terbaik dalam melakukan hal ini.

2. Lionel Messi

GOAT yang satu ini juga memiliki teknik khusus dalam mengeksekusi tendangan bebas, termasuk kemampuannya untuk melakukan tendangan dengan arah yang melengkung. Dalam masa premier-nya Messi sering mencetak gol penting dari tendangan bebas, dan ia sangat mahir dalam mengatur pergerakan bola.

3. Cristiano Ronaldo:

Selanjutnya adalah GOAT yang juga memiliki skill tendangan bebas yang luar biasa. Yap, Cristiano Ronaldo juga memiliki kemampuan dalam mengeksekusi tendangan bebas.

Ia terkenal dengan tendangan bebas kuat dan akurat, yang tentunya yang lo kenal dengan knuckle shot.

4. Andrea Pirlo

Berikutnya ada legenda sepakbola Italia. Andrea Pirlo bisa dibilang sebagai gelandang yang mampu menciptakan gol-gol indah dari tendangan bebasnya. Akurasi yang luar biasa dan kemampuan untuk mengirim bola ke sudut gawang membuatnya cukup dikhawatirkan ketika mengambil peran sebagai eksekutor.

5. Juninho Pernambucano

Akan menjadi hal yang serius ketika kita membahas free kick tanpa menyebut nama Juninho. Dia bisa dibilang sebagai pemain dengan kemampuan tendangan bebas terbaik

Memiliki kemampuan untuk menghasilkan efek yang sulit diprediksi pada bola, membuatnya sulit ditangkap oleh kiper. Lo bayangin aja, rata-rata gol tendangan bebasnya termasuk yang paling banyak di kalangan pemain sepak bola yang ada saat ini.

Itulah pembahasan mengenai tendangan bebas SuperFriends. Jangan lupa update informasi mengenai sepak bola hanya di Supersoccer.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Football History

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Barcelona Tolak Tawaran Manchester United untuk Fermin Lopez

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mungkinkah AC Milan Tergiur? Al Hilal Siap Beli Rafael Leao dengan Harga Fantastis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Mau Marc Guehi? Segini Uang yang Harus Disiapkan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ogah Jual Murah, Bayern Munchen Siap Kehilangan Alphonso Davies Gratis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Disarankan Tidak Menjual Federico Chiesa, Ini Alasannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Erik ten Hag: Manchester United Sudah Punya Pelatih Terbaiknya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Betah, Erling Haaland 1000 Persen Komitmen ke Manchester City

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Dipepet Bayern Munchen, Theo Hernandez Mengaku Gelap Soal Masa Depannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Barcelona Gigit Jari, Manchester City Siap Tebus Klausul Rilis Dani Olmo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi, AC Milan Tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /