Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mengenal Jenis Genre Musik Barat

Author : Admin Music

Article Date : 28/06/2022

Article Category : Super Buzz

Musik barat tidak dapat dilepaskan dari genre yang beraneka ragam dengan karakternya masing-masing. Istilah genre musik barat digunakan untuk menggambarkan perbedaan gaya dan bentuk musik. Selain itu, genre juga dapat dipahami sebagai jenis, kelompok, ciri, maupun karakter musik.

Setiap musik pasti memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Tak hanya itu, genre musik barat juga berkaitan erat dengan perjalanan sejarah di Amerika Serikat dan Eropa yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial, teknologi, hingga media. Itulah mengapa, musik barat sering kali dijadikan sebagai media komunikasi dalam memengaruhi dan mewarnai berbagai musik di negara lain.

Berdasarkan istilah, genre musik adalah pengkategorian konvensional yang mengidentifikasi bagian-bagian musik sebagai milik tradisi bersama atau serangkaian konvensi. Sederhananya, genre musik barat merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perbedaan gaya dan bentuk musik dalam dunia musik di barat. Berikut adalah beberapa genre musik barat yang masih ada hingga saat ini:

  1. Klasik

    Musik klasik termasuk salah satu genre musik barat yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Itulah mengapa klasik merupakan genre musik barat yang eksistensinya sudah sangat lama dalam sejarah permusikan di barat. Bahkan, popularitasnya masih terus berkembang dan diminati oleh banyak orang hingga saat ini. 

    Genre musik klasik memiliki bentuk yang kompleks dan dibutuhkan adanya keterampilan yang baik dalam memainkan musiknya. Selain itu, notasi musik klasik umumnya dituliskan secara lengkap dan detail agar bisa dimainkan oleh banyak orang. 

  2. Jazz

    Jazz merupakan genre musik barat yang pertama kali berkembang dari komunitas Afrika-Amerika di daerah New Orleans pada akhir abad 19 hingga awal abad 20. Secara sederhana, musik jazz adalah percampuran antara tradisi musik klasik barat dan tradisi musik Amerika-Afrika.

    Genre musik barat yang satu ini memiliki beberapa ciri khas, di antaranya irama swing, sinkopasi ketukan, nada bluenote, harmoni yang kompleks, dan permainan improvisasi. Dalam perkembangannya, musik jazz pun terbagi ke dalam beberapa sub genre, seperti blues, swing, fusion, bosanova, dan lain sebagainya. 

  3. Rock

    Genre musik barat selanjutnya yaitu rock yang mengawali popularitasnya dari musik rock and roll di Amerika Serikat pada tahun 1940 silam. Sama seperti genre musik barat sebelumnya, rock termasuk jenis musik yang terus berkembang, terutama sebagai warna baru di Inggris dan Amerika pada kurun waktu 1960-an.

    Beberapa ciri khas dari musik rock, di antaranya efek distorsi pada gitar, pola-pola pukulan drum yang menghentak, serta semangat. Dalam perkembangannya, musik rock terbagi ke dalam beberapa sub genre, seperti hard rock, punk rock, dan lain sebagainya. 

  4. Pop

    Pop merupakan penyebutan bagi musik dengan daya tarik populer setelah adanya musik klasik, jazz, dan folk. Genre musik barat yang satu ini memiliki beberapa ciri khas, seperti irama yang sederhana, mudah diingat, dan mudah diterima oleh berbagai kalangan. 

    Salah satu grup yang mengenalkan musik pop pada tahun 1950-an adalah band The Beatles. Musik pop juga sempat dipopulerkan oleh penyanyi legendaris, Elvis Presley, Michael Jackson, dan Madonna. Sejak saat itu, genre musik ini terus berkembang dan menyebar ke seluruh dunia. 

  5. Reggae

    Reggae merupakan salah satu genre musik barat yang muncul dari kawasan Jamaica, Afrika pada tahun 1960 dan terus berkembang hingga saat ini. Genre musik barat yang satu ini tumbuh dari musik ska, namun dengan style Amerika R&B. Musik reggae memiliki beberapa ciri khas, seperti ritme yang cenderung lamban dan kekuatan vokal yang menonjol. 

  6. Country

    Country merupakan genre musik barat yang muncul dari berbagai musik rakyat di Amerika Serikat. Pada mulanya, genre country populer dan berkembang di daerah Amerika Selatan sekitar tahun 1920-an. 

    Berbeda dengan musik pop, genre musik barat yang satu ini memang memiliki segmentasi yang khusus karena gaya musiknya yang khas. Musik genre sendiri memiliki beberapa ciri, seperti penggunaan gitar akustik, irama rancak, cengkok vokal khas, dan lain sebagainya. 

  7. Elektronik

    Genre musik barat yang lainnya yaitu elektronik. Genre musik ini menggunakan alat musik elektronik, instrumen digital, serta teknologi musik berbasis sirkuit. Pada tahun 1980-an, genre musik elektronik semakin dominan dalam dunia musik populer dan terus berkembang hingga saat ini. 

    Dalam perkembangannya, genre musik elektronik semakin diminati oleh sebagian kalangan, dengan adopsi synthesizer polifonik, drum elektronik, mesin drum, dan turntable, tentunya melalui genre yang bervariasi, seperti disko, krautrock, synth-pop, hip hop, dan EDM. 

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya ada banyak sub genre lain yang memeriahkan dunia musik dunia, seperti metal, hip hop, R&B, dan lain sebagainya. Setiap genre musik ini tentu memiliki penikmatnya masing-masing. Terkadang, genre musik juga dijadikan identitas bagi penikmat musik di berbagai daerah, baik lokal hingga mancanegara. Nah, kira-kira apa genre musik favorit Superfriends?

ARTICLE TERKINI

Tags:

#genre musik #Rock #Pop #Metal # klasik #edm #Country

1 Comments

Comment
SEPTIAN DWI NUGROHO

SEPTIAN DWI NUGROHO

22/09/2024 at 11:32 AM

Mengenal Jenis Genre Musik Barat
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /