Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

6 Elemen Desain Studio Musik yang Esensial

Author : Admin Music

Article Date : 27/02/2022

Article Category : Super Buzz

Untuk membuat karier menjadi musisi lebih nyaman, tentu kalian membutuhkan adanya studio musik milik pribadi, Superfriends. Baik hadir dalam ukuran kecil maupun besar, desain studio musik alangkah baiknya disesuaikan dengan kebutuhan kalian saat ini. Jika kalian baru mulai merambah ranah produksi musik, desain studio musik minimalis bisa jadi opsi baik untuk juga diselaraskan dengan anggaran yang ada. Semakin besar karier kalian berkembang, opsi menghadirkan desain studio musik yang variatif nantinya bisa kalian coba aplikasikan.

Baik minimalis maupun masih, desain studio musik memiliki elemen esensial yang perlu kalian perhatikan. Elemen esensial yang hadir pada desain studio musik ini berfungsi agar proses rekaman dan produksi musik yang kalian lakukan bisa berjalan dengan maksimal, Superfriends. Perlu dipahami, bahwa dalam merancang desain studio rekaman, tidak hanya sekadar mementingkan peredaman saja, ya, Superfriends.

Layaknya merancang sebuah ruangan pada rumah, desain studio musik juga perlu perhitungan yang matang. Tidak hanya dari sisi desain saja, kalian juga perlu memikirkan material dan budget yang perlu dipersiapkan.

Elemen desain studio musik

Perlu dipahami bahwa merealisasikan desain studio musik baik kecil maupun besar membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, hal tersebut bisa kalian siasati dengan merancang ruangan dengan perlahan. Untuk bisa merealisasikan desain studio musik, berikut adalah tahapan yang perlu kalian perhatikan, Superfriends.

  1. Luas ruangan

    Dalam merealisasikan desain studio musik, kalian perlu memerhatikan luas ruangan yang dialokasikan. Baik besar maupun kecil, luas ruangan jadi hal penting dalam desain studio musik. Luas ruangan yang tepat memengaruhi aspek akustik yang dapat membantu kalian mendengarkan frekuensi musik lebih jelas, Superfriends. 

    Di luar dari fungsi akustik, desain studio musik dengan luas yang sesuai juga akan membantu sirkulasi gerak di dalam jadi lebih baik. Sebagaimana yang kalian ketahui, bahwa dalam studio musik kalian memerlukan furnitur dan juga elemen pendukung seperti instrumen, audio interface, komputer, speaker monitor, dan hal lainnya yang cukup memakan tempat. Untuk itu, luas ruangan yang tepat perlu kalian perhatikan dengan baik terkait merancang desain studio musik.

  2. Bentuk dinding asimetris

    Luas bangunan yang tepat juga akan membantu aplikasi desain studio musik jadi lebih efisien. Pasalnya, dalam desain studio musik dianjurkan kehadirkan dinding asimetris. Jika ruangan di rumah kalian umumnya berbentuk persegi atau membulat, studio musik memerlukan elemen satu ini.

    Dinding asimetris dalam desain studio musik berguna untuk meredam pantulan suara. Sebagaimana yang kalian ketahui, pantulan suara dapat mengurangi akuransi frekuensi yang diterima oleh telinga yang dapat membuat proses produksi musik jadi tidak optimal, Superfriends. Dinding asimetris memiliki sudut yang berperan untuk menghentikan pantulan suara. Jadi membuat peredaman ruangan studio lebih baik jika dibandingkan dengan ruangan pada umumnya. Selain itu, peletakan furnitur juga bisa jadi salah satu opsi untuk membantu meredam pantulan suara dan juga frekuensi pada desain studio musik kalian.

  3. Bentuk plafon

    Bentuk atau konstruksi plafon yang sesuai juga bisa membuat desain studio musik yang kalian rancang jadi optimal, Superfriends. Umumnya, dalam desain studio musik dianjurkan memiliki bentuk plafon yang tinggi. Untuk menopang plafon tinggi, kalian juga bisa menggunakan panel kayu dalam konstruksi ini. Hal tersebut dilakukan agar peredaman pantulan suara bisa terjaga dengan baik. 

  4. Peredam suara

    Meskipun dinding asimetris dan juga peletakan furnitur bisa jadi salah satu upaya untuk meredam pantulan suara. Desain studio musik tentu akan lebih efektif jika kalian menambah peredam suara khusus. Peredaman suara pada desain studio musik ini tidak sekadar melapisi dinding dengan karpet atau material tertentu saja, Superfriends. Proses pengaplikasian peredam suara pada desain studio musik bisa dibilang salah satu elemen yang cukup kompleks.

    Peredam suara selain di dinding juga bisa diaplikasikan di bagian dasar lantai dan juga plafon desain studio musik kalian, Superfriends. Hal ini dilakukan agar ruangan studio musik yang kalian rancang bisa punya kekedapan maksimal. Desain studio musik yang kedap berguna agar frekuensi suara yang keluar dari speaker tidak memantul ke sembarang area yang dapat mengganggu pendengaran. Selain itu, kekedapan tersebut juga dibutuhkan agar ruangan di sekitar studio musik kalian tidak terganggu dengan bisingnya suara dari speaker maupun amplifier.

  5. Aliran listrik yang baik

    Perihal teknis lainnya, kalian perlu memastikan bahwa aliran listrik yang ada di lokasi studio musik punya kualitas yang baik. Aliran listrik dalam perancangan desain studio musik harus beroperasi dengan baik. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak ada suara bising dari alat-alat elektronik di dalam ruangan yang dapat menggangu frekuensi keluarnya suara. Selain itu, aliran listrik yang beroperasi dengan baik juga bisa membantu kalian menjaga elektronik yang digunakan dengan baik. 

    Sebagaimana yang kalian pahami, bahwa dalam studio musik biasanya perangkat elektronik, seperti komputer, amplifier, speaker, lampu, dan pendingin ruangan akan terus digunakan dalam waktu yang lama. Maka, aliran listrik yang stabil cukup penting untuk diperhatikan.

  6. Lantai kayu

    Panel kayu jadi salah satu material yang cukup sering digunakan dalam desain studio musik. Pasalnya, material satu ini dinilai jadi salah satu elemen peredam suara yang efektif. Untuk menjaga kekedapan suara tetap optimal, kalian juga bisa mengaplikasikan lantai kayu pada desain studio musik. Pastikan untuk diaplikasikan secara rapat dan tidak meninggalkan rongga udara sedikit pun agar peredaman terjaga dengan baik.

Image courtesy of Metech-Multimedia/Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#studio musik #desain studio musik #produksi musik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /