Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 30/11/2023

Article Category : News

Musik udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari, ini bisa nemenin lo buat ngelakuin banyak hal. Ada orang-orang yang suka nikmatin musik, tapi ada juga orang-orang yang mau terjun langsung ke dunia musik dan meniti karirnya. Apalagi kalau lo berbakat nyanyi atau mainin alat musik. Lo bisa ngungkapin perasaan atau pikiran lo lewat lirik lagu dan melodi yang lo buat sendiri.

Ada banyak cara buat berkarir di bidang musik. Lo nggak harus join di label rekaman besar, ada banyak penyanyi yang sukses lewat jalur indie. Nah, ini ada beberapa tips yang bisa lo coba kalau lo mau berkarir di bidang musik. Simak terus, ya!

1. Tingkatkan keterampilan vokal

Penyanyi yang sukses butuh keterampilan vokal yang solid. Kalau lo berencana buat jadi penyanyi, coba pertimbangin buat ambil kelas vokal atau kerja sama dengan pelatih vokal berpengalaman. Meskipun lo udah punya basic dan suara yang oke, nggak ada salahnya buat ningkatin keterampilan yang udah ada biar makin matang, kan?

Latihan rutin penting banget buat ningkatin kontrol vokal, teknik bernyanyi, dan kemampuan interpretasi. Kalau lo punya temen yang jago nyanyi, lo juga bisa belajar dan banyak nanya ke mereka.

2. Riset industri musik

Riset industri musik juga penting buat lo lakuin biar bisa sukses di bidang ini. Lo bisa pelajari tren musik dan pasar musik saat ini. Lo bisa analisis platform musik kayak Spotify atau Apple Music, baca majalah musik, atau web yang ngebahas soal perkembangan industri musik.

Tentuin juga jenis musik yang mau lo hasilin dan siapa target audiensnya. Ini bisa ngebantu lo buat nyusun strategi promosi lagu juga. Ada banyak genre musik, cari yang paling cocok sama kepribadian dan preferensi musik lo. Jadi jangan cuma pilih musik yang sesuai sama tren pasar tapi harus cocok juga sama diri lo sendiri.

3. Bangun portofolio online

Bangun situs web atau portofolio online yang bisa nampilin karya-karya lo, informasi kontak, dan riwayat karir. Lo bisa manfaatin platform musik kayak SoundCloud buat upload audio rekaman yang lo nyanyiin, bisa juga lo upload ke YouTube. Selain ngebangun portofolio, ini juga sekaligus ngebangun hubungan sama audiens lo.

Kalau lo belum punya lagu sendiri, no worry, lo bisa juga kok upload hasil coveran lagu favorit lo. Banyak juga penyanyi yang mulai dari cover-cover lagu buat latihan, bangun porto, dan bangun audiens. Coba juga buat duet sama penyanyi lain, ya. Ini bisa nambah variasi konten lo dan juga dapat atensi dari pendengar musisi yang kolaborasi bareng sama lo.

4. Manfaatkan media sosial