Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Main keyboard ngasih keseruan dan kepuasan tersendiri karena lo bisa ngehasilin berbagai suara dan melodi yang indah. Instrumen ini serbaguna banget, lo bisa eksplorasi berbagai genre musik mulai dari musik klasik sampai pop modern. Nggak cuma itu, keyboard juga ngasih pengalaman visual yang menarik dengan berbagai tombol, kontrol, dan efek suara yang bisa lo eksplor. Keseruan ini juga bisa bantu ngurangin stres, merangsang kreativitas, dan ngebuka pintu buat eksplor dunia musik lebih dalam lagi. Kalau lo lagi cari cara memainkan alat musik keyboard buat pemula, ini adalah 8 tips yang bisa lo coba!

  1. Posisi duduk yang benar

Hal pertama yang sering dianggap sepele, padahal penting banget adalah posisi duduk yang benar saat bermain keyboard. Penting buat lo untuk duduk dengan posisi yang nyaman dan tegak saat bermain. Pastikan kursi atau bangku yang lo pakai mendukung punggung dan bikin tangan lo mudah mengakses tuts keyboard. Posisi duduk yang baik bantu ngurangin ketegangan pada tubuh dan memungkinkan pergerakan tangan yang leluasa.

Berikut beberapa tips biar duduk lo nyaman pas main keyboard:

  • Duduk dengan posisi tegak

  • Atur ketinggian kursi biar tuts gampang dijangkau tangan

  • Pastikan pergelangan tangan sejajar dengan tuts keyboard

  • Atur posisi kaki agar duduk dengan nyaman

  1. Kenali not-not pada keyboard

Sebelum mulai bermain keyboard, lo perlu mengenal not-not dasar yang terdiri dari tujuh not-natural, yaitu A, B, C, D, E, F, dan G. Kalau lo udah paham notasi musik dasar, ini ngebantu lo buat baca partitur, paham struktur melodi, dan memainkan akor-akor dasar.

Nggak hanya itu, lo juga perlu memahami konsep oktaf, ini adalah jarak antara satu not dengan not yang memiliki nama sama, tapi berada pada tingkatan yang berbeda. Setelah paham not-not dasar dan konsep oktaf, lo bisa bangun dasar yang kuat buat lanjut eksplorasi dunia musik dan ngembangin keterampilan main keyboard.

  1. Posisi jari yang benar

Posisi jari yang tepat ini penting karena bisa ningkatin kecepatan, ketepatan, dan kenyamanan dalam bermain. Biasanya, jari tengah digunakan untuk not-not putih, sedangkan jari lainnya digunakan untuk non-not hitam.

Dengan posisi jari yang benar, lo bisa mencapai kontrol yang lebih baik atas tuts, meminimalkan ketegangan, dan ningkatin presisi permainan. Selain itu, posisi jari yang tepat memudahkan peralihan antar-not dan memungkinkan lo buat ngembangin keterampilan teknis yang diperlukan untuk menghasilkan musik yang baik.

  1. Pelajari skala dasar

Skala dasar adalah serangkaian not-natural yang diatur berurutan dan diulangi pada oktaf tertentu. Buat pemain keyboard pemula, skala dasar yang penting buat dipelajari adalah skala mayor dan skala minor natural.

 

Skala mayor ngasih dasar untuk banyak komposisi musik, sementara skala minor natural ngasih warna dan emosi yang berbeda. Dengan paham skala dasar, bantu lo ngebangun pondasi melodi, harmoni, dan improvisasi. Skala dasar juga menjadi penting karena bantu lo mengenali pola not pada keyboard, ningkatin ketangkasan jari, dan mempermudah pemahaman dasar teori musik, yang esensial buat ngembangin keterampilan bermain keyboard yang lebih dalam.

  1. Latihan chord dan akord

Cara memainkan keyboard buat pemula selanjutnya adalah latihan chord dan akor. Ini penting bagi pemain keyboard pemula karena ngebentuk dasar buat nyiptain harmoni dalam musik. Dengan memahami major dan minor chords, lo bisa memainkan lagu dengan variasi harmonis, ningkatin kemampuan transisi antar-akord, dan memperkaya pengalaman bermain keyboard.

  1. Berlatih ritme

Latihan ritme bantu ngejaga tempo dan timing, juga bikin lo paham pola ritme buat ngembangin permainan keyboard. Dengan sering latihan ritme, lo bisa lebih terampil koordinasi antara tangan, dan bisa main bareng musisi lain atau pake rekaman backing track. Nggak cuma itu, kemampuan ritmis juga bikin musik lo jadi lebih ekspresif dan dinamis, ngebantu banget buat menyampaikan perasaan waktu main keyboard.

  1. Eksplorasi melodi dan lagu sederhana

Setelah lo paham dasar-dasar di atas, lo bisa mulai memainkan keyboard dengan melodi dari lagu yang sederhana. Ini ngebantu lo ngebangun dasar skill musik secara bertahap. Lagu-lagu sederhana punya struktur yang lebih mudah buat lo pelajari dan pahamin. Ini ngebantu lo buat fokus ke teknik dasar kayak posisi jari, transisi antar nit, dan ritme.

  1. Rekam dan evaluasi

Pas udah mulai latihan, coba rekam permainan lo pakai HP atau alat rekam lainnya. Setelah itu, dengerin lagi hasil permainan yang udah lo rekam. Evaluasi apa aja yang kurang dan bisa lo perbaiki di latihan selanjutnya. Lo juga bisa minta pendapat teman yang lebih bisa main keyboard tentang permainan lo. Ini memungkinkan lo buat dapat saran atau masukan dari orang lain.

Jangan lupa buat latihan secara teratur, luangin waktu lo buat latihan setiap hari. Kuasai teknik-teknik dasar yang penting dan eksplor terus berbagai gaya musik biar lo bisa nemuin keunikan gaya main keyboard yang bisa jadi ciri khas lo.

Itu dia 8 cara memainkan alat musik keyboard buat pemula. Intinya lo perlu belajar dan memahami dulu dasar-dasarnya biar bisa memainkan keyboard dengan lancar dan nyaman. Semoga cara di atas bermanfaat, ya! Ikuti terus update tentang dunia musik paling lengkap hanya di SuperMusic!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#keyboard #belajar musik

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Mesin Waktu Lepas Single Perdana Berjudul Senyawa Berlabuh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ruin The Sins Rilis EP Terbaru Berjudul Something To Tell

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

eaJ Bagikan Single Patah Hati yang Ceria Berjudul mad

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nadin Amizah Cerita Kisah Patah Hati Lewat Showcase Akustik Bertajuk Kita Akan Selesai

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

LØLØ Rilis Anthem Putus Cinta Berjudul poser

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Qodir Band Rilis Single Terbaru Berjudul Aku Butuh Dia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mudhofar Masuki Era Baru dengan Merilis Single Berjudul Peran Utama

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pathfinder Kembali dengan Single Terbau Bertajuk Genting

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Reality Club Wakili Indonesia di SXSW Festival 2024 di Amerika Serikat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Fakta Unik Nirvana yang Jarang Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /