Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 23/10/2023

Article Category : News

Media sosial selalu ngasih kita info-info terbaru mulai dari yang lucu-lucu, ngagetin, sampai macem-macem bahasa gaul kayak AFK, bucin, baper, kalcer, barudak well, dan masih banyak lagi.

Nah, di tengah ramainya gempuran bahasa gaul, sekarang SuperMusic mau bahas bahasa gaul yang lagi rame banget nih diomongin di berbagai sosmed terutama TikTok, yaitu Skena dan Polisi Skena. Pernah denger? Mungkin pernah ya tapi masih agak asing sama artinya. Biar nggak kepo lagi, yuk cari tahu selengkapnya soal Skena dan Polisi Skena!

Apa itu Skena dan polisi skena?

Kata Skena akhir-akhir ini lagi sering seliweran di berbagai media sosial, utamanya TikTok. Sebenernya, Skena itu apa sih? Kata Skena punya beberapa arti, ada yang ngaitin kata ini sama band underground atau musik underrated, ada juga yang ngaitin kata ini sama outfit oversize, atau ada juga yang ngaitin skena sama sepatu docmart. Hm jadi makin penasaran sebenernya skena itu apa sih?

Menurut ahli bahasa Ganjar Harimansyah, Skena terdiri dari akronim 3 kata yaitu Sua, cengKErama, dan kelaNA. Sua adalah istilah buat orang yang suka ketemu orang lain. Cengkerama lebih ke percakapan, bercanda atau interaksi sama orang lain. Dan kelana artinya perjalanan. Jadi Skena bisa diartiin juga sebagai orang yang suka nongkrong, ngobrol sama temen, dan jalan-jalan bareng. Kalau dilihat di KBBI sih kata Skena ini belum masuk serapan atau masuk bahasa baku, ya.

Skena ini bisa dibilang kayak perkumpulan atau komunitas yang bikin ruang atau suasana buat interaksi dan berkelana bareng gitu. Misalnya kayak komunitas pecinta musik rock, mereka bisa disebut dengan Skena Rock atau pecinta musik indie disebutnya Skena Indie, dan pegiat skena lainnya.

Banyaknya acara musik di Indonesia akhir-akhir ini, jadi salah satu alasan munculnya istilah-istilah gaul kayak Skena ini. Perkumpulan anak Skena biasanya punya kesamaan dalam selera musik dan musik yang mereka dengerin biasanya yang underrated gitu, yang cuma didengerin sama orang-orang tertentu aja.

Tapi sayangnya, skena ini kadang dinilai negatif karena dianggap sebagai fans musik yang punya kebiasaan mengkritik penikmat musik lainnya. Misalnya, akhir-akhir ini musik indie kan dianggap keren ya sama banyak orang. Jadi mereka yang dengerin musik indie ini juga merasa paling keren, terus musik yang terkenal gitu jadi kurang keren menurut mereka.

Karena mereka dengerin musik underrated alias didengerin sama orang-orang tertentu aja, mereka jadi merasa kalau selera musik mereka paling keren dan nggak pasaran, beda sama yang lain. Orang-orang ini biasanya disebut dengan polisi skena. Hm apa lagi ini? Polisi Skena adalah istilah buat orang-orang yang sering monitorin dan ngasih kritik diskusi tentang musik di media sosial, apalagi kalau genre musiknya nggak sesuai sama definisi musik yang ‘keren’ menurut mereka.

Padahal semua musik bagus-bagus aja karena selera orang kan beda-beda. Misalnya lo suka musik K-Pop tapi sahabat lo sukanya J-Pop, itu bukan masalah yang berarti kan? Meskipun SuperFriend punya musik kesukaan, jangan sampai ngejelekin atau mengkritik berlebihan selera musik orang, ya!

Oh iya, anak-anak Skena biasanya punya ciri-ciri yang bisa dilihat dari penampilan atau outfitnya. Misalnya, pakai celana kargo, pakai kaos band, kacamata, piercing, sepatu docmart atau New Balance, dan punya tato kecil. Tapi, ciri-ciri ini ga saklek atau semua anak Skena pakai, kok. Pasti ada juga anak Skena yang outfitnya beda sama anak Skena lainnya.

Kurang lebih itu penjelasan tentang istilah Skena dan polisi skena yang akhir-akhir ini lagi rame banget di media sosial. Semoga nambah preferensi soal arti kata Skena ya, SuperFriends!

Jadi, Skena itu baik atau buruk?

Skena bukan sesuatu yang buruk. Kumpulan orang-orang dengan selera musik yang sama tentu bisa nambah pengetahuan lo soal dunia musik. Nah, Skena yang dianggap kurang baik itu yang terlalu mengkritik selera penggemar musik lainnya. ‘Si paling ngerti musik’ ini yang merasa tahu soal musik apapun. Skena nggak buruk kok selama kamu nggak jadi polisi skena aja.

Sebagai sesama pecinta musik, lo harus bisa ngehargain dan ngehormatin kalau selera musik tiap orang itu variatif banget. Kalau ada diskusi soal musik yang sekiranya lo nggak suka di media sosial, bisa lo skip aja daripada ngasih komentar jahat atau mancing keributan sama penggemar musik lainnya.

Segitu dulu ya pembahasan soal skena dan polisi skena. Kalau ada istilah gaul lainnya yang lo pengen kita bahas, tulis aja di kolom komentar, ya. Ikuti update soal musik lainnya hanya di SuperMusic! See you~

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Skena Musik

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

FEAST MERILIS MUSIC VIDEO “KONSEKUENS”, MENJELAJAHI SISI TERSEMBUNYI DALAM DIRI MANUSIA

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bentuk "Ceriwis Necis" ala Dongker dalam Album Penuh Pertama!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lama Tertidur, The Sendawa Bangkit Lewat Debut Single Berjudul Bukan Kau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kolaborasi Apik Coldskin dan Outrage di Single Bertajuk Coldrage

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Raissa Anggiani Lepas Single Jika Nanti dalam Format Audio Dolby Atmos

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nosstress Lepas Single Baru Bertajuk Doa Terima Kasih

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RGZY Comeback dengan Single Baru Berjudul Aku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Vessaments Rilis Ulang Lagu Pretend Meant Wasted dalam Versi Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pudar Rilis Karya Terbaru dalam Bentuk EP Self Titled

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lucien Sunmoon Lepas Karya Terbaru Berjudul Reminisce

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /