Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 23/02/2024

Article Category : News

Nirvana adalah band legendaris yang udah mengubah arah musik rock alternatif secara dramatis. Siapa sih yang nggak kenal band ini? Merintis karir hanya dari manggung di rumah sampai ke panggung-panggung besar, Nirvana udah menorehkan sejarah yang tak terlupakan. Yuk, ketahui profil singkat personel Nirvana dan fakta unik mereka yang jarang diketahui!

Profil singkat band Nirvana

Buat yang belum tahu, Nirvana adalah sebuah band musik rock alternatif dari kota Aberdeen, Washington, Amerika Serikat. Mereka terkenal karena jadi salah satu pionir dan ikon gerakan musik grunge yang muncul pada awal 1990-an di Seattle, Washington. Nirvana sendiri dibentuk pada tahun 1987 oleh Kurt Cobain (vokal dan gitar) dan Krist Novoselic (bass), dengan drummer Dave Grohl kemudian bergabung pada tahun 1990.

Mereka meraih kesuksesan besar dengan album Nirvana yang kedua, "Nevermind", yang rilis pada tahun 1991. Album ini mencapai popularitas yang luar biasa dan ngebawa mereka ke panggung dunia berkat lagu hits "Smells Like Teen Spirit". Musik Nirvana sering dianggap sebagai representasi esensial dari era alternatif dan grunge, dengan lirik-lirik yang jujur dan emosional serta suara yang kasar dan energik.

Meskipun kesuksesan besar mereka, perjalanan Nirvana dipenuhi dengan tantangan, terutama terkait dengan masalah kesehatan mental dan kecanduan narkoba Kurt Cobain. Pada tahun 1994, vokalis Nirvana, Kurt Cobain meninggal dunia secara tragis, mengakhiri karier Nirvana yang singkat namun meninggalkan warisan musik yang kuat dan mempengaruhi banyak band dan musisi di masa depan.

Fakta unik Nirvana

Setelah tahu profil dan perjalanan singkat band Nirvana, yuk ketahui fakta unik tentang mereka yang jarang diketahui berikut ini:

  1. Sering manggung di rumah saat awal karir mereka

Sebelum jadi terkenal, band ini awalnya cuma melakukan pertunjukan di rumah mereka sendiri, lho. Bahkan, pertunjukan pertama mereka dilakukan di rumah Kurt Cobain di Raymond, Washington. Yang bikin unik adalah, pas pertunjukan pertama ini, semua anggota band dalam keadaan mabuk berat. Hal ini bikin sedikit penonton yang datang bersembunyi di dapur karena merasa takut.

Mantan drummer Nirvana, Aaron Burckhard mengungkapkan bahwa anggota band sering mengonsumsi bir murahan, dan kadang-kadang cuma ada beberapa tamu yang datang, yang mereka anggap sebagai penonton mereka.

  1. Sering ganti nama band

Sebelum akhirnya menetapkan Nirvana sebagai nama resmi band mereka, Kurt Cobain dan teman-temannya sempat mencoba beberapa nama yang nggak biasa dan agak kontroversial. Beberapa nama yang mereka gunakan seperti Fecal Matter, Skid Row, Bliss, dan Pen Cap Chew sebelum akhirnya menggunakan nama Nirvana. Gimana, unik-unik banget kan nama yang mereka pilih?

  1. Terinspirasi dari The Beatles

Band Nirvana terinspirasi oleh The Beatles, terutama pada awal karir mereka. Gaya penulisan lagu dan suara Nirvana sangat dipengaruhi oleh The Beatles. Kurt Cobain, vokalis dan gitaris Nirvana udah kagum banget sama The Beatles dari dia masih kecil, dan pengaruh ini tercermin dalam karya-karya mereka.

Meskipun Nirvana terkenal karena aliran musik grunge atau Seattle Sound, jejak The Beatles masih terasa di komposisi musik mereka. The Beatles ngasih inspirasi yang besar buat Nirvana dan kedua band ini punya pengaruh besar dalam dunia musik dan ninggalin warisan yang tak terlupakan sampai hari ini.

  1. Dicemooh penonton saat pertama kali tampil

Di awal kariernya, Nirvana mengalami momen sulit saat tampil di konser pertama mereka di sebuah rumah. Reaksi penonton tidak menyenangkan, mereka mencemooh Nirvana bahkan ngebandingin mereka sama band lain. Hal ini bikin Kurt Cobain, merasa terganggu dan terpengaruh secara emosional akibat cemoohan tersebut.

Meski demikian, rekan-rekan bandnya berusaha nenangin Kurt Cobain dan ngasih semangat buat tetap fokus pada musik. Meskipun awalnya mendapat penolakan, Nirvana terus berkembang dan akhirnya mencapai kesuksesan besar, merubah dunia musik rock, dan meninggalkan jejak yang tak terlupakan.

  1. Album "Nevermind" memecahkan rekor dunia

Album Nirvana yang berjudul "Nevermind", dirilis pada awal tahun 1990-an. Album ini berhasil meraih kesuksesan besar dengan mengalahkan album "Bad" milik Michael Jackson dalam tangga lagu dunia. "Nevermind" mencatat rekor dengan menempati posisi nomor satu dalam daftar tangga lagu dunia selama 252 minggu berturut-turut.

Prestasi ini nunjukin betapa besar pengaruh dan popularitas Nirvana pada masanya, dan keberhasilan mereka dalam mengubah lanskap musik rock alternatif. Album ini nggak hanya jadi ikonik dalam katalog Nirvana, tetapi juga jadi salah satu album paling berpengaruh dalam sejarah musik.

  1. Bukan grunge, tapi punk rock

Meskipun banyak orang mengkategorikan musik Nirvana sebagai grunge, tapi Kurt Cobain menolak label tersebut. Vokalis Nirvana ini secara terbuka menyatakan kalau dia benci terhadap istilah grunge, aliran musik yang ngegabungin elemen punk rock dan heavy metal. Buat Cobain, Nirvana lebih cocok disebut sebagai band punk-rock atau alternative rock. Meski demikian, Nirvana masih sering dikaitkan dengan genre grunge oleh banyak referensi musik. Ini nunjukin kompleksitas dalam mendefinisikan aliran musik mereka dan betapa susahnya membatasi Nirvana ke dalam satu kategori musik tertentu.

  1. Mengaku adanya plagiasi

Fakta yang satu ini sempat heboh dan bikin kontroversi. Kurt Cobain, vokalis dan gitaris Nirvana, ngaku kalau mereka melakukan plagiasi dalam lagu "Smells Like Teen Spirits". Lagu ini diakui mengandung unsur yang mirip dengan lagu "More Than A Feeling" milik band Boston, terutama bagian reff.

Namun, judul lagu "Smells Like Teen Spirits" sendiri terinspirasi dari catatan coret-coretan di tembok apartemen Cobain. Meskipun kontroversial, Nirvana tetap jadi salah satu band paling berpengaruh dalam sejarah musik dengan musik yang menggetarkan dunia dan meninggalkan jejak tak terlupakan.

  1. Kehidupan Pribadi Kurt Cobain

Kehidupan pribadi Kurt Cobain, terutama perjuangannya dengan ketergantungan obat-obatan terlarang dan masalah kesehatan mental, jadi bahan pembicaraan dan inspirasi untuk banyak penggemar dan peneliti. Kematian tragisnya pada tahun 1994, pada usia 27 tahun, meninggalkan warisan yang mendalam dan memicu teori-teori konspirasi serta perdebatan tentang misteri di balik kematiannya.

Nah, itu dia 8 fakta unik tentang band Nirvana, lo udah tahu yang mana aja? Kalau ada fakta seru lainnya, coba share di kolom komentar, ya!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#nirvana #band rock

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Virzha Kembali dengan Single Baru Berjudul Perjalanan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menuju Album Baru, Vaultboy Rilis Single Berjudul you're my moon"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liqua Ajak Bernostalgia Masa Remaja Lewat Single Berjudul Kudapan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Firstrate Lepas Debut Single Berjudul Springtime

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Milledenials Rilis Alternate Version dari Dua Single, Precious Me dan Youth LiFe

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

God Bless Lepas Album Anthology dalam Format Vinyl di Record Store Day Indonesia 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RADWIMPS Bawa Toaka di World Tour Barunya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Blxst Rilis Musik Video dari Single Rewind

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

The Baby Seals Rilis Debut Album Bertajuk Chaos

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sambut Hari Bumi, Navicual dan Endah n Rhesa Rilis Single Berjudul Segara Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /