Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Ada sebuah proses penting untuk meningkatkan kualitas musik sebelum hasil akhirnya, yaitu mixing. Apa itu mixing? Mixing adalah proses ngegabungin berbagai elemen audio seperti vokal, instrumen, dan efek untuk nyiptain keseimbangan suara yang harmonis dalam produksi musik. Ini penting agar lagu terdengar profesional dan maksimalin pengalaman ngedengerin lagu. Kalau lo mau cari tahu soal apa itu mixing dan bedanya sama mastering, baca di sini ya, udah pernah dibahas lengkap.

 

Proses mixing audio yang baik bisa nyiptain keseimbangan suara yang optimal, mastiin setiap elemen audio terdengar jelas dan ningkatin kesan keseluruhan lagu atau musik. Nah, kalau lo pengin belajar cara mixing lagu, ini ada tips dan triknya buat lo!

  1. Penataan sinyal yang bersih

Tips pertama, penataan sinyal yang bersih dalam mixing audio. Ini adalah proses mengatur posisi setiap elemen dalam musik atau lagu. Jadi, setiap rekaman, instrumen, atau vokal ditempatkan di posisi yang pas dalam ruang suara. Tujuannya simpel, sih: biar semuanya seimbang, nggak saling tabrak, dan setiap suara punya ruangnya sendiri supaya kedengeran jelas pas di mix akhir.

  1. Mengatur panning

Panning punya peran yang krusial banget buat nambah dimensi dan ruang dalam mixing audio. Setiap suara ditempatkan di posisi stereo yang beda, bikin suasana audionya jadi lebih lebar dan dalam. Kalau lo atur panning dengan bijaksana, efeknya bisa keren banget, pendengarnya bakal ngerasa kayak ‘ada’ di tengah-tengah suara. Jadi nggak cuma kedengeran aja, tapi berasa audionya ada di sekitar lo. Pendengar bisa dapet experience mendengarkan audio yang lebih hidup dan seru.

  1. Atur frekuensi dengan EQ

Keseimbangan frekuensi dengan equalizer (EQ) adalah aspek kunci dalam mixing audio. Dengan mengatur EQ dengan bijak, lo bisa menyetel karakter suara tiap elemen audio biar setiap instrumen dan vokal punya tempatnya sendiri dalam suara. Jadi, lo bisa ngecilin atau ngeboost level frekuensi tertentu biar ada ruang buat elemen lain dan dapatkan keseimbangan suara yang oke. Proses ini krusial untuk dapat mix yang jelas dan seimbang, biar tiap elemen kedengaran dengan jelas tanpa kehilangan detail penting dalam frekuensi.

  1. Manfaatkan kompresi

Kompresor digunakan untuk ngendaliin dinamika suara, membuat level suara jadi lebih merata. Tapi, penerapannya harus cerdas ya, agar kompresi ini membuat konsistensi dan nggak menghilangkan keaslian suara alaminya.

 

Jadi, dengan meratakan perbedaan level suara, kompresi memberi ketegasan dan mencegah distorsi yang bikin garing. Intinya, kompresi ini bikin performa musik kita lebih mantap dengan sustain tambahan, dan pastinya, bikin elemen-elemen audio tetap terdengar jelas dalam mix.

  1. Atur efek reverb dan delay

Efek reverb dan ngasih warna dan kedalaman dalam mixing audio. Pastikan lo atur kedua efek ini dengan bijak, ngatur level dan durasinya, biar nggak bikin bingung elemen lainnya. Efek reverb nambahin kedalaman dan ruang pada suara. Sedangkan delay memberikan efek pantulan suara yang kreatif dengan mengulur waktu antara suara asli dengan pantulannya. Keduanya saling bekerja untuk menambah dimensi dan karakter pada mix, biar kedengeran seimbang dan bikin penasaran.

  1. Gunakan sidechain compression

Sidechain digunakan untuk memberikan keselarasan di antara elemen-elemen yang bersaing. Misalnya, lo bisa pake sidechain compression buat ngasih ruang pada bass biar kick drum bisa lebih nyata. Teknik ini fokus buat bikin elemen satu ngasih ruang buat yang lainnya. Misalnya lagi, kita bisa kasih ruang pada vokal setiap kali kick drum ketendang. Dengan ngatur dinamika kayak gini, sidechain compression bantu banget buat dapetin keseimbangan yang kita butuhin dalam mix audio.

  1. Monitoring mix pada volume rendah

Mendengarkan mixing pada volume rendah ngebantu lo ngeliat masalah keseimbangan suara dan memastikan semua elemen tetap terdengar bagus meskipun volumenya rendah. Ini ngebantu lo mendeteksi elemen yang terlalu mencolok atau terlalu pelan dalam mix.

 

Dengan merendahkan volume, lo bisa memastikan kejelasan dan keseimbangan suara tetap oke, nggak hanya saat volumenya besar aja, tapi di berbagai situasi.

  1. Mendengarkan mix di berbagai alat

Tips selanjutnya adalah, dengarkan mix di berbagai sistem pemutaran seperti headphone, speaker studio, dan speaker kecil. Dengan lo nyobain di semua sistem, lo bisa memastikan kalau audionya konsisten dan bagus di semua perangkat. Ini membantu banget untuk mengecek masalah atau ketidakseimbangan yang mungkin kelewat. Simple tapi ngebantu kan?

  1. Gunakan automation

Automation digunakan untuk menyesuaikan level, pan, atau efek sepanjang lagu. Jadi, lo bisa bikin perubahan yang dinamis untuk bagian-bagian tertentu. Misalnya, menyesuaikan intensitas vokal atau efek reverb.

  1. Istirahatkan telinga lalu dengarkan kembali

Ketika lo udah selesai mixing audio, coba ambil waktu sebentar buat istirahatkan telinga. Setelah istirahat yang cukup, dengarkan kembali mix dengan telinga yang lebih segar. Ini ngebantu lo buat dapet perspektif yang lebih objektif dan bantu lo mendeteksi masalah atau ningkatin yang mungkin kelewat selama proses mixing.

 

Nah, itulah 10 tips dan trik mixing audio agar kualitas musik atau suara yang lo hasilin berkualitas bagus. Semoga membantu, ya! Ikuti terus update tentang dunia musik paling lengkap hanya di SuperMusic, dapetin berbagai tips menarik lainnya!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#apa itu mixing #proses mixing #Mixing Console

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Mesin Waktu Lepas Single Perdana Berjudul Senyawa Berlabuh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ruin The Sins Rilis EP Terbaru Berjudul Something To Tell

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

eaJ Bagikan Single Patah Hati yang Ceria Berjudul mad

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nadin Amizah Cerita Kisah Patah Hati Lewat Showcase Akustik Bertajuk Kita Akan Selesai

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

LØLØ Rilis Anthem Putus Cinta Berjudul poser

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Qodir Band Rilis Single Terbaru Berjudul Aku Butuh Dia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mudhofar Masuki Era Baru dengan Merilis Single Berjudul Peran Utama

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pathfinder Kembali dengan Single Terbau Bertajuk Genting

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Reality Club Wakili Indonesia di SXSW Festival 2024 di Amerika Serikat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Fakta Unik Nirvana yang Jarang Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /