Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

MENGENAL AKSESORIS MIKROFON

Author :

Article Date : 30/03/2021

Article Category : Tips & Gears

Bersamaan dengan mikrofon yang baru saja sobat beli, tampaknya tidak berhenti sampai disitu karena sobat tetap membutuhkan berbagai aksesoris agar penggunaan mikrofon untuk menangkap suara instrumen musik dapat berjalan optimal. Beberapa aksesoris yang seringkali sepaket dengan mikrofon ialah kabel mikrofon , stand mikrofon , dan pop filter. Mari kita bahas aja satu-satu ya guys.

Kabel Mikrofon 

Dari segi harga kabel khusus mikrofon ini cukup beragam dari puluhan ribu sampai dengan jutaan. Barangkali sobat akan bertanya-tanya, apakah memang terdapat perbedaan signifikan diantara kabel yang selisih harganya cukup jauh? Jawaban saya adalah sudah seharusnya ada perbedaan, namun kesempatan sobat untuk mendengarkan perbedaan akan cukup sulit. 

Izinkan saya menjelaskan lebih jauh, pada dasarnya kita harus setuju bahwa kabel mikrofon tidak sepenting mikrofon itu sendiri, tapi kabel tetap punya peranan penting untuk mengantarkan sinyal yang baik. Faktanya, kabel mikrofon merupakan topik penting bagi sebagaian besar musisi, baik pemula atau profesional, bahkan terkadang pemula akan sedikit frustasi ketika mereka mengetahui betapa sulitnya untuk menentukan mana yang kabel yang baik dan tidak baik atau menemukan kabel yang sesuai dengan anggaran, Jadi dalam bahasan hari ini, itulah yang akan kita bahas.

Sebelum mempelajari detail yang lebih baik tentang kabel mikrofon, akan sangat membantu jika sobat memulai dengan pengetahuan dasar tentang kabel studio secara umum .

Kabel Murah vs kabel 

Perbedaan kabel murah dan kabel mahal terletak pada anatominya. Pada dasaranya desain kabel standar terdiri dari 5 bagian utama:

 

  • Dua Konduktor (+/-)
  • Insulation
  • Pengisi (Fillers)
  • Perisai (shielding)
  • Jaket luar (outer jacket)

 

Sementara untuk kabel premium terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap harga dan penggunaannya. Beberapa aspek tersebut antara lain: Strand Count, The Lay, Shielding, Impact Absorption, Connector Conductivity, Star Quad Cabling. Pada intinya beberapa aspek ini yang membedakan dari jenis kabel yang murah. Kualitas dari berbagi aspekini pula yang mempengaruhi harganya. Lengkapnya nanti kita akan bahas pada artikel selanjutnya. 

Setiap orang pasti mempunyai pendapatnya masing-masing dalam memilih kedua jenis kabel ini, namun saran paling umum ialah:

  1. Hindari yang terlalu murah karena biasanya kabel murah ini tidak akan rusak dalam beberapa minggu atau jika rusak akan sulit untuk dikembalikan.
  2. Hindari juga yang terlalu mahal, kecuali memang anggaran sobat tidak terbatas, karena kabel premium yang terlalu mahal memang bagus tetapi terkadang bagi sebagian orang performa yang didapatkan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Saya merekomendasikan kabel antara 500 rb-an samapi dengan 1 jt-an karena sobat akan mendapatkan kombinasi anatar kualitas dengan biaya terjangkau.

Jika tujuan akhirnya adalah mendapatkan kabel terbaik dengan harga minimum, maka ini adalah kabel yang saya rekomendasikan: 

  1. Pro Co AQN 
  2. Mogami Silver 
  3. Rapco Horizon N1M1

 

Stand Mikrofon 

Stand mikrofon yang kokoh sangat penting untuk studio atau kebutuhan manggung. Stand mikrofon relatif murah, jadi tahan godaan untuk membeli yang tipis. Dudukan mikrofon yang bagus memiliki dasar yang kokoh dan dapat menahan mikrofon kesayangan sobat dengan aman. Sebagai seseorang yang bijak, sudah seyogyanya kita merawat mikrofon dengan menggunakan stand mikrofon berkualitas karena merupakan investasi terbaik bagi sobat.

 

Pop Filter 

Pop filter adalah benda berbahan nilon berbentuk bulat yang disimpan di depan mikrofon yang berfungsi menghilangkan "pop" dari vokal penyanyi yang diproduksi (secara teknis disebut plosives). Plosif adalah nsonan yang dihasilkan udara yang keluar (nasal atau oral) tertutup secara sempurna dan terbuka (tutupnya) dengan tiba-tiba. Letupan ini biasanya diproduksi oleh penyanyi saat menyanyikan huruf-huruf konsonan. Jika kita merekam vokal, pop filter merupakan aksesoris yang wajib dimiliki.

 

Yang harus diingat adalah mikrofon yang bagus akan tahan seumur hidup jika sobat pintar merawatnya. Jaga mikrofon kalian karena mereka akan melayani bertahun-tahun.

Selamat belanja……

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#aksesoris mikrofon #kabel mikrofon #stand mikrofon #pop filter

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips & Gears

Hartke HD75: Powerhouse Bass Amplifier untuk Performa Live dan Studio

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Fender Jazz PJ Bass: Gabungan Klasik dan Kemajuan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Roland Octapad SPD-20 PRO: Solusi All-in-One untuk Drum Pad

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Behringer ULtralink In-Ear Monitor Wireless System: Salah Satu Pilihan untuk Cara Manggung yang Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Headrush MX5: Inovasi dalam Dunia Perangkat Efek Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Apocalypse V-1: Kekuatan dan Presisi dalam Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Memahami Kinerja Unggul Behringer BC 100 Drum Microphone

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Midas M32C: Solusi Mixer Digital Profesional dalam Format Compact

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Ini Cara Memilih Gitar Elektrik untuk Pemula, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Synyster Gates: Gitar yang Menggoda

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /