Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

membersihkan drum

Author : Admin Music

Article Date : 04/09/2023

Article Category : Tips & Gears

Membeli barang atau sesuatu yang kita sukai emang mudah, tapi untuk merawat dan menjaganya untuk tetap selalu bersih seringkali jadi hal yang menantang. Apalagi untuk alat musik, khususnya drum elektrik, yang harus selalu dijaga dengan baik supaya kualitas suara yang dihasilkan tetap bagus. Jika lo punya drum elektrik dan bingung mau mulai membersihkannya dari mana, lo wajib baca panduan merawatnya alat musik gebuk ini dari seorang ekspertisnya langsung. Yuk sikat!

Kenapa sih Harus Rutin Dibersihkan?

Image source: elements.envato.com/Artranq

Sama kayak mobil bersih yang bisa jalan lebih bagus dan kencang, drum elektrik lo juga butuh perawatan dan dijaga agar tetap bersih dan kinclong supaya suaranya tetap apik saat dipakai. Selain itu, merawat drum juga bisa ngebantu melindungi investasi lo, jadi nanti kalo mau dijual atau upgrade, harganya nggak anjlok!

Harus super hati-hati dan sabar supaya kit yang dibersihkan nggak jadi rusak. Sebaiknya, rutin membersihkan sedikit-sedikit dan sering daripada sekali membersihkan malah repot seharian. Jangan lupa untuk perhatikan pembaruan modul, posisi bantalan, dan cek koneksi kabel. Penting juga nih untuk periksa apakah kabel-kabel udah masuk dengan bener dan yang koneksi kabelnya udah tepat. Terus, pastiin bantalan-bantalan terpasang kuat dan pake aksesori yang sesuai, kayak kempa dan dudukan pivot. Ini juga bisa membuat drum lo lebih enak saat dimainkan.

Do’s Saat Membersihkan

Image source: Future

Pertama, cadangkan dan matikan. Penting banget nih buat bikin cadangan semua setelan dan pengaturan di drum elektrik lo, bisa di USB atau SD Card. Just in case lo nanti perlu memulihkan atau mau setting ke pengaturan semula yang kebetulan keubah tanpa sengaja. Terus, pastikan juga buat matiin kitnya sebelum mulai membersihkannya.

Kedua, pindahkan kit buat bersihin, dan yang perlu lo perhatikan lagi, nggak cuma kitnya aja yang dibersihkan, tapi juga debu-debu yang bisa numpuk di belakang kit dan sekitarnya. Jadi, pastikan lo bisa akses semua bagian itu. Angkat dan pindahkan raknya, dan bila memungkinkan, lo bisa melepas bantalan dari dudukannya satu per satu supaya semuanya benar-benar bersih. Ketiga, jangan lupa untuk merapikan kabel menggunakan pita isolasi listrik hitam, supaya semua kabel yang tadinya berantakan pas pertama kali bikin kit bisa disembunyikan. Jadi, tampilan drum lp bakal lebih rapi dan nggak penuh kabel yang acak-acakan.

Don’ts’ Saat Membersihkan

Image source: Future

Sebisa mungkin, hindari menggunakan air saat membersihkan drum elektrik, karena peralatan elektronik, dan air gak boleh bercampur. Untuk alternatif air, lo bisa menggunakan produk pembersih cair tertentu dalam jumlah kecil yang aman untuk membersihkan drum lo. Untuk memastikannya, lo bisa baca petunjuk penggunaan dengan baik ya, Superfriends! Kedua, lo nggak boleh menggunakan bahan-bahan abrasif. Hindari pake sabut gosok, cairan abrasif, pasir, atau pembersih industri yang bisa ngerusak permukaan drum lo, khususnya karet, logam yang dicat, krom, plastik, atau bahan-bahan lunak lainnya. Pakailah bahan pembersih yang lembut aja biar aman. 

Terus, jangan abaikan kerusakan sekecil apapun. Kalo lo menemukan sesuatu yang rusak, rusak parah, atau bisa ngebikin masalah, jangan diabaikan ya! Karena kalau lo lanjut mainin kit dengan kondisi yang kurang baik, nanti malah bisa tambah kerusakan dan biaya perbaikannya makin besar. Kalo lo menemukan masalah atau kerusakan, segera lapor atau minta saran dari toko drum lokal dan bisa langsung beli suku cadang yang dibutuhkan. Jangan biarkan masalah itu ngebikin waktu latihan lo terbuang sia-sia dan bikin frustasi. Semangat bersihkan drum elektriknya, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips #tips membersihkan #drum #drum elektrik

Source:https://www.musicradar.com/how-to/clean-your-electronic-drum-set

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips & Gears

AKAI MPC STUDIO : KOMBINASI KONTROL HARDWARE DENGAN TENAGA SOFTWARE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Hartke HD75: Powerhouse Bass Amplifier untuk Performa Live dan Studio

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Fender Jazz PJ Bass: Gabungan Klasik dan Kemajuan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Roland Octapad SPD-20 PRO: Solusi All-in-One untuk Drum Pad

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Behringer ULtralink In-Ear Monitor Wireless System: Salah Satu Pilihan untuk Cara Manggung yang Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Headrush MX5: Inovasi dalam Dunia Perangkat Efek Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Apocalypse V-1: Kekuatan dan Presisi dalam Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Memahami Kinerja Unggul Behringer BC 100 Drum Microphone

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Midas M32C: Solusi Mixer Digital Profesional dalam Format Compact

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Ini Cara Memilih Gitar Elektrik untuk Pemula, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /