Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 01/12/2023

Article Category : News

Parkour dikenal sebagai olahraga urban yang menuntut keahlian melompat, berlari, dan melewati berbagai rintangan dengan gaya yang khas. Jenis olahraga ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Hal ini ditandai juga dengan munculnya banyak komunitas parkour di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Tandanya, ada banyak sekali pecinta olahraga ekstrim ini.

Nah, bagi lo yang tertarik untuk terjun ke dunia parkour atau mungkin sudah memiliki pengalaman dalam olahraga ini, penting untuk terhubung dengan komunitas-komunitas parkour di sekitar lo. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar komunitas parkour di beberapa kota besar di Indonesia yang bisa lo jadikan tempat untuk berkumpul, berlatih, dan menjalin kebersamaan.

Komunitas Parkour Jakarta

Image source: sinyalmagz.com

Di ibukota, Jakarta, terdapat komunitas parkour yang aktif dan memiliki kegiatan rutin. Komunitas parkour Jakarta menjadi wadah bagi para traceur (sebutan untuk praktisi parkour) untuk bertukar pengalaman, teknik, dan juga menjalani latihan bersama. Komunitas ini sering mengadakan sesi latihan di taman-taman kota atau area terbuka lainnya.

Komunitas ini sebenarnya juga merupakan bagian dari Parkour Indonesia yang terdiri dari beberapa regional lain seperti Malang dan Jogja. Dengan kata lain, ini adalah cabangnya yang ada di Jakarta.

Kalau komunitas Parkour Indonesia sendiri sudah terbentuk dari sekitar tahun 2007. Waktu itu, beberapa anggotanya juga tergabung dalam forum internasional. Mereka sering menggelar lokakarya dan event-event yang dapat meningkatkan keterampilan parkour lo.

Komunitas Parkour Surabaya

Image source: facebook.com/ Parkour Surabaya

Jika lo berada di Surabaya, lo bisa gabung di Komunitas Parkour Surabaya. Layaknya Komunitas Parkour Jakarta, komunitas parkour ini juga merupakan bagian dari Parkour Indonesia.

Anggotanya sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Perkembangan olahraga parkour di Surabaya bisa dibilang relatif cepat perkembangannya. Olahraga yang awalnya dipopulerkan oleh David Belle ini banyak sekali diminati oleh kalangan remaja Surabaya.

Pada awal terbentuknya, Komunitas Parkour Surabaya hanya terdiri dari lima anggota saja, yaitu mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tempat latihannya dulu juga lebih sering di kampus ITS.

Semakin lama, olahraga ini pun dikenal banyak orang. Mulai dari latihan rutin di ITS, akhirnya banyak orang lain yang tertarik. Sejak saat itu, anggota komunitas ini terus bertambah, bahkan hingga sekarang.

Anggota yang baru bergabung langsung diberi bekal dengan kemampuan parkour dasar oleh instruktur senior. Sebelum bisa melakukan parkour, setiap peminatnya harus punya mental dan fisik yang kuat. Itulah prinsip yang ditanamkan oleh komunitas ini. Tanpa kepercayaan diri yang tinggi dan fisik yang kuat, maka akan sulit untuk menguasai gerakan-gerakan parkour yang sulit.

Komunitas Parkour Jogja

Image source: facebook.com/ JUMPalitan

Di Jogja, komunitas parkour ini dikenal dengan JUMPalitan. Dalam Bahasa Jawa, “jumpalitan” sendiri berarti “jungkir balik”. Uniknya, nama ini diambil dari obrolan yang sering dibahas oleh pecinta parkour di Jogja saat ingin berlatih. Mereka biasa mengajak rekan-rekan untuk berlatih dengan istilah “jumpalitan”.

Nah, sejak saat itu, mereka sepakat menamai komunitas parkour Jogja sebagai Jumpalitan. Di samping itu, nama Jumpalitan juga punya singkatan sendiri.

Huruf ‘J’ berarti Jogjakarta, di mana komunitas ini berada. Huruf ‘U’ singkatan dari Ubiquitous yang berarti ada di mana-mana. Maksudnya, para anggotanya bisa berlatih di mana saja. Sedangkan huruf ‘M’ merepresentasikan Multitude yang artinya keberagaman. Hal ini menandakan bahwa anggota komunitas parkour Jogja berasal dari daerah yang beragam dengan latar belakang yang berbeda.

Nah, kalau huruf ‘P’ mewakili Parkour alias olahraga ini sendiri. Sedangkan “Alitan” merupakan tambahan yang menunjukkan nuansa Jawa.

Komunitas Parkour Tangerang

Image source: facebook.com

Tangerang, sebagai salah satu kota satelit Jakarta, juga memiliki komunitas parkour yang dapat lo sambangi. Komunitas Parkour Tangerang sering juga disebut dengan Rangers.

Komunitas ini berdiri sejak 20 Agustus 2008 dan berlokasi di Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang. Tim ini percaya bahwa olahraga parkour tidak hanya diciptakan untuk tujuan kesehatan, melainkan juga untuk menjaga pola pikir dalam menghadapi permasalahan dengan cepat dan efisien.

Untuk anggota yang baru saja bergabung dan masih amatir diharuskan melakukan proses pemanasan, belajar lompat, hingga melalui rintangan-rintangan kecil sebelum akhirnya latihan ke rintangan yang lebih rumit. Proses ini dilakukan demi keselamatan para anggotanya.

Komunitas Parkour Bandung

Image source: komunita.id

Bandung, kota kreatif dengan nuansa seni yang kental, juga memiliki komunitas parkour yang berkembang. Komunitas Parkour Bandung sudah ada sejak tahun 2007. Komunitas ini punya pandangan bahwa melalui parkour, problematika duniawi harus bisa dihadapi.

Di Indonesia sendiri, olahraga ini mulai masuk pada tahun 2004. Dan Bandung menjadi kota pertama dari beberapa kota di Indonesia yang memperkenalkan parkour kepada masyarakat Indonesia.

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh David Belle dalam film District 13, para praktisi parkour di Indonesia mulai menjamur. Saat itu, mereka mulai saling berjejaring di internet melalui website parkour.net.

Tiga tahun setelah itu, 23 Agustus 2007 ditetapkan sebagai hari jadi Komunitas Parkour Bandung. Tanggal tersebut juga menjadi awal mula kiprah parkour Bandung. Untuk pertama kalinya, seluruh praktisi parkour di Bandung melaksanakan latihan bersama.

Komunitas Parkour Karawang

Image source: radarkarawang.id

Bagi lo yang berada di Karawang, jangan khawatir, ada juga komunitas parkour yang bisa lo ikuti. Pada tahun 2010 terbentuk Komunitas Parkour Karawang. Awalnya, komunitas ini sering melakukan kegiatan parkour bersama. Namun seiring dengan kesibukan para anggotanya, akhirnya komunitas ini bubar.

Hingga pada tahun 2012, salah satu anggotanya berinisiatif untuk membangunkan komunitas parkour di Karawang kembali. Dengan beberapa anggota lain, akhirnya terbentuklah komunitas parkour Karawang generasi kedua ini yang diberi nama Armadilo Parkour Karawang.

Komunitas ini sering melakukan latihan bersama, menjelajah bersama, hingga kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Gimana? Tertarik untuk beragabung dengan komunitas parkour di kota lo? Bergabung dengan komunitas parkour bukan hanya tentang berlatih fisik tetapi juga membangun komunitas yang solid.

Dengan bergabung dalam komunitas parkour, lo tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan olahraga lo tetapi juga menjalin persahabatan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Jadi, jangan ragu untuk mencari dan bergabung dengan komunitas parkour di kota lo, biar makin eksis dan makin enjoy berlatih parkour!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme Sports #Urban Culture

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Let Me Solo Her Is Back! Tapi, Sekarang Jadi Let Me Solo Him!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Siap-Siap, Budi Dan Jordan Kembali Beraksi di Troublemaker 2: Beyond Dream

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Berhasil Tumbangkan Poirier di UFC 302, Makhachev Tolak Rematch Dengan Poirier!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

COD Warzone Rilis di Mobile, Nih Tips Buat Lo Yang Pemula!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HASIL JUARA SERI 4 SUBANG SUPERCHALLENGE SUPERMOTO RACE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Grafik PS 2 Udah Ketinggalan Jaman? No, 3 Game Ini Jadi Buktinya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HASIL QTT SERI 4 SUBANG SUPERCHALLENGE SUPERMOTO RACE

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Kaleng-Kaleng, Yuk Kenalan Sama Sirkuit Gery Mang, Subang!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terkesan “Sepele”, Tapi, Seberapa Penting Sesi Warm-Up di Race Supermoto?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Misi di Call of Duty Yang Paling Bikin Tegang Versi Superchallenge

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /