Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

AWAS CELAKA! Begini Cara Benar Teknik Cornering di Motocross yang Berbeda Dari Motor Sport Lain!

Superfriends, penasaran kenapa teknik cornering di motocross berbeda dengan teknik cornering di motor sport lainnya? Teknik cornering adalah keterampilan penting bagi setiap rider motor, baik di lintasan off-road maupun di sirkuit aspal. Namun, teknik ini nggak selalu universal. Cornering di motocross, sangat berbeda dari motor sport lainnya.

Motocross cornering on dirt track

Dirt Bike

So, kenapa teknik cornering di motocross berbeda dengan teknik cornering di motor sport lainnya? Sebenarnya, teknik cornering motocross bisa berbeda dengan motor sport lainnya, dikarenakan semua bermuara pada kondisi lintasan, desain motor, dan kebutuhan gaya berkendara. Nah, simak ulasan ringkasnya dibawah ini:

 

Faktor-Faktor Yang Bikin Teknik Cornering Motocross Berbeda

Karakteristik Unik Motocross

  • Kondisi Lintasan Motocross

Motocross dilakukan di lintasan tanah atau pasir dengan banyak tikungan tajam, gundukan, dan rintangan alami. Kondisi ini membuat lintasan lebih nggak stabil dibandingkan sirkuit aspal. Oleh karena itu, rider membutuhkan teknik cornering yang selalu memungkinkan mereka untuk selalu bisa menjaga keseimbangan di atas permukaan yang licin atau nggak rata.

Motocross electric pertama Amerika Serikat

New Atlas

  • Jenis Motor yang Digunakan

Motor motocross dirancang lebih ringan dengan suspensi panjang dan ban bertapak besar untuk mencengkeram tanah. Performa motor ini berfokus pada kelincahan dan stabilitas di medan off-road, bukan kecepatan tinggi seperti motor sport aspal.

 

Teknik Cornering pada Motocross

  • Posisi Tubuh yang Ideal

Ketika mengambil tikungan, rider motocross harus memindahkan berat badan ke luar motor, berbeda dengan motor sport yang lebih sering mengandalkan leaning ke dalam. Teknik ini memberikan traksi tambahan pada ban belakang, dan menjaga motor tetap stabil di permukaan tanah.

Posisi tubuh yang benar saat melakukan cornering di motocross

Yo Eddy

  • Penggunaan Throttle dan Rem

Rider motocross menggunakan throttle secara agresif untuk menghindari kehilangan momentum di tikungan. Sementara itu, rem depan dan belakang digunakan bersamaan untuk menjaga keseimbangan, terutama di lintasan yang licin.

  • Pengaruh Suspensi Motor

Suspensi pada motor motocross lebih empuk untuk menyerap guncangan saat melintasi rintangan. Hal ini memungkinkan rider tetap memiliki kontrol yang baik saat menikung di lintasan bergelombang.

 

Teknik Cornering pada Motor Sport Lain

  • Cornering di Sirkuit Aspal

Di sirkuit aspal, rider biasanya mengambil tikungan dengan cara leaning in, yaitu memiringkan tubuh dan motor ke dalam tikungan. Teknik ini memaksimalkan aerodinamika dan menjaga kecepatan tinggi di lintasan lurus dan mulus. Plus teknik knee down yang berbeda daripada rider motocross yang selalu meluruskan kaki.

Cornering pada motor sport dengan teknik knee down

RoadRunner Travel

  • Peran Kecepatan Tinggi dan Aerodinamika

Motor sport didesain untuk stabil pada kecepatan tinggi. Cornering mengandalkan ban dengan daya cengkram tinggi dan distribusi bobot motor yang optimal. Kombinasi ini memungkinkan rider untuk menikung di lintasan dengan presisi dan kecepatan yang tinggi.

 

Faktor-Faktor yang Membuat Teknik Cornering Berbeda

1. Jenis Lintasan

Lintasan motocross lebih dinamis dengan berbagai rintangan, sedangkan sirkuit aspal menawarkan permukaan yang stabil dan konsisten.

Motocross menaklukan medan berlumpur

Motocross Action Mag

2. Desain dan Spesifikasi Motor

Motor motocross fokus pada kelincahan, sementara motor sport dirancang untuk kecepatan tinggi dan stabilitas aerodinamis.

3. Gaya Berkendara yang Dibutuhkan

Motocross membutuhkan gaya berkendara agresif dengan banyak gerakan tubuh. Sebaliknya, motor sport lebih menekankan presisi dan teknik aerodinamika.

Motocross cornering di lintasan tanah

Maxxis.com

Overall, perbedaan utama teknik cornering di motocross dan motor sport lainnya terletak pada kebutuhan serta adaptasi terhadap lintasan dan motor. Motocross menuntut kelincahan dan penguasaan medan yang sulit, sedangkan motor sport membutuhkan presisi dan aerodinamika.

Memahami perbedaan ini adalah kunci bagi lo untuk bisa menjadi rider yang kompeten di masing-masing disiplin motor sport! So, gimana nih Superfriends? Sudah siap buat melatih teknik cornering ini biar jadi bekel trabas lo? Share pendapat lo via kolom komentar dibawah!

 

 

ARTICLE TERKINI

Author : Admin Challenge

Article Date : 02/12/2024

Article Category : News

Tags:

#Extreme Sports

Source:https://www.tvsmotor.com/media/blog/motocross-basics-dirt-riding-techniques-explained-and-how-they-are-different-from-street-riding

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan AI Dalam Industri Game!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

WAJIB TAHU! Tips Jitu Anti Ngantuk Saat Touring!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Game Adaptasi Anime Kenapa Kurang Laku?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Fortnite OG Returns! Balikin Map dan Konten Klasik Desember Ini

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Pensiun dari MotoGP, Ternyata Ini yang Dilakukan Para Juara Dunia!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Early Access inZOI Diundur Ke Maret 2025!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

HARUS BAYAR MAHAL! Blunder Fatal Ini Bikin Rider Kehilangan Juara!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Profil Karier Jose Aldo: Rekor dan Julukan The King of the Rio

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Pembalap MotoGP dengan Gaji Termahal: Siapa Mereka?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Sirkuit MotoGP Terkeren yang Paling Mendunia

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive