Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 11/10/2023

Article Category : News

Sepeda gunung alias Mountain Bike atau MTB adalah salah satu jenis sepeda yang dirancang khusus untuk mengatasi medan berat seperti hutan, pegunungan, dan jalur berbatu.

 

Karena penggunaannya di medan yang cukup ekstrim, maka kualitas dan performa adalah segalanya. Kalau kualitas MTB lo tidak bagus maka bisa berisiko tinggi bagi keselamatan. Apalagi di keadaan medan berat.

 

Dengan berbagai merek dan model yang tersedia di pasaran, pemilihan jenis sepeda MTB yang tepat menjadi susah-susah gampang. Maka dari itu, sebelum memutuskan beli BTM yang tepat, lo harus melakukan riset dulu. Kira-kira, jenis dan merek MTB mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan lo.

 

Biar nggak makin bingung, yuk simak rekomendasi jenis sepeda MTB terbaik!

 

Apa Itu MTB?

Sebelum lanjut ke rekomendasi sepeda MTB yang cocok, kita harus paham dulu, nih, tentang MTB biar nanti nggak salah pilih. Jadi, apa itu MTB?

 

Mudahnya, kepanjangan MTB adalah "Mountain Bike” atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai sepeda gunung. Sepeda ini awalnya dirancang untuk mengatasi medan yang kasar dan berat seperti pegunungan dan hutan. Seiring berjalannya waktu, MTB berkembang menjadi berbagai jenis yang melayani berbagai kebutuhan pengendaranya.

 

Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang dirancang khusus untuk mengatasi medan berat dan berbagai tantangan alam di luar ruangan seperti pegunungan, hutan, jalur berbatu, dan jalur berlumpur.

 

Selain itu, sepeda gunung memiliki fitur yang membedakannya dari sepeda lainnya, termasuk suspensi yang kuat untuk meredam goncangan, ban yang lebih lebar untuk traksi yang lebih baik, serta rangka yang kokoh dan tahan terhadap tekanan dan beban yang ekstrem.

 

MTB memiliki berbagai jenis model dan spesifikasi yang cocok untuk berbagai jenis pengendaraan, mulai dari pemula hingga profesional, serta berbagai jenis medan. Sepeda gunung sangat populer di kalangan pecinta petualangan alam terbuka dan penggemar olahraga sepeda ekstrim.

 

Jenis Sepeda MTB dan Harganya

Saat lo mulai terjun di dunia sepeda gunung, maka akan menemukan bahwa ada berbagai jenis sepeda MTB yang masing-masing memiliki karakteristik uniknya sendiri. Hal ini terkadang membuat bingung ketika lo ingin beli MTB yang cocok. Nah, ini rekomendasi jenis sepeda MTB terbaik!

 

1. All Mountain

Pertama yang harus lo pertimbangkan adalah jenis sepeda MTB All Mountain. Sepeda All Mountain dirancang untuk menghadapi berbagai jenis medan, termasuk turunan yang curam dan tanjakan yang sulit.

 

Dia memiliki suspensi yang kuat dan ban yang lebih lebar untuk meningkatkan traksi. Sepeda All Mountain adalah pilihan yang sempurna kalau lo pengen menjelajahi berbagai jenis jalur tanpa harus memiliki sepeda yang sangat khusus.

 

Sebagai referensi, di Indonesia, harga sepeda MTB All Mountain dapat mulai dari sekitar 10 juta rupiah hingga lebih dari 50 juta Rupiah untuk model-model premium dengan spesifikasi tinggi.

 

2. Cross Country (XC)

Jenis sepeda MTB selanjutnya adalah Cross Country (XC). Merek sepeda MTB XC lebih ringan dan dirancang untuk kinerja maksimal di jalur yang bervariasi, termasuk tanjakan dan turunan.

 

Cross Country memiliki suspensi yang lebih kecil dibandingkan dengan sepeda All Mountain. Jadi lebih efisien untuk mendaki, deh. Jenis sepeda ini sangat cocok untuk pengendara yang suka kompetisi dan menjelajahi daerah yang lebih datar.

 

Harga sepeda MTB Cross Country sekitar 5 juta rupiah hingga lebih dari 30 juta rupiah untuk model-model premium dengan spesifikasi tinggi.

 

Perlu diingat bahwa harga sepeda gunung dapat berubah seiring waktu dan juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti promo, diskon, dan penawaran khusus dari toko-toko sepeda.

 

3. Trail

Selanjutnya, sepeda MTB Trail menjadi pilihan yang bagus untuk mereka yang ingin menjelajahi jalur yang bervariasi, termasuk jalan setapak dan tanjakan yang menantang.

 

Trail menjadi salah satu jenis ban sepeda MTB terbaik. Merek ini biasanya memiliki suspensi yang cukup untuk mengatasi medan yang kasar, tetapi tidak seberat sepeda All Mountain.

 

Trail MTB adalah pilihan yang populer di kalangan pengendara sepeda gunung yang suka menjelajahi berbagai jalur.

 

Harga sepeda ini cukup bervariasi tergantung jenis dan spesifikasi yang dipilih. Sepeda MTB ini dipasarkan dengan harga sekitar ​​6 juta rupiah hingga lebih dari 30 juta rupiah.

 

4. Downhill (DH)

Jenis sepeda MTB Downhill (DH) adalah pilihan bagi pengendara yang mencari kecepatan dan tantangan ekstrim. Sepeda DH memiliki suspensi yang panjang dan kuat untuk menyerap pukulan besar saat meluncur turunan dengan cepat.

 

Merek ini biasanya memiliki ban yang lebih lebar dan kuat untuk traksi yang maksimal di medan yang curam. Harga sepeda MTB Downhill di Indonesia bisa berkisar dari sekitar 20 juta rupiah hingga lebih dari 100 juta rupiah.

 

5. Fat Bike

Fat bike adalah sepeda MTB yang dirancang khusus untuk mengatasi medan yang sangat berat, termasuk salju dan pasir. Sepeda ini memiliki ban yang sangat lebar yang memungkinkan pengendara untuk mengambang di atas permukaan yang lunak atau berpasir. Fat bike juga sering digunakan untuk menjelajahi daerah yang sulit diakses.

 

Harga sepeda MTB Fat Bike biasanya mulai dari sekitar 5 juta rupiah untuk model-model pemula dengan spesifikasi yang lebih sederhana. Untuk model-model premium dengan spesifikasi tinggi, harga dapat mencapai lebih dari 20 juta rupiah.

 

6. United

Selain merek-merek internasional di atas, merek lokal juga tidak kalah berkualitas, lho. Misalnya jenis sepeda MTB United.

 

United menawarkan berbagai jenis sepeda gunung dengan berbagai spesifikasi dan harga yang bersaing. Beberapa model terkenal dari United adalah United Tracer, United Patrol, dan United Miami. Kalau mencari sepeda MTB yang terjangkau dengan kualitas yang baik, United bisa menjadi pilihan yang baik.

 

United menawarkan berbagai jenis sepeda MTB dengan harga yang cukup terjangkau. Harga sepeda MTB United bisa mulai dari sekitar 3 juta rupiah untuk model-model pemula hingga lebih dari 10 juta rupiah untuk model-model dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

 

7. Polygon

Nah, selain United, jenis sepeda MTB Polygon juga layak dipertimbangkan untuk olahraga ekstrim ini. Polygon dikenal dengan berbagai jenis sepeda gunung berkualitas tinggi yang cocok untuk berbagai tingkat pengendara.

 

Polygon menyediakan sepeda MTB mulai dari model pemula hingga profesional. Beberapa model populer dari Polygon adalah Polygon Siskiu, Polygon Xtrada, dan Polygon Heist. Merek ini juga dikenal dengan harga yang bersaing untuk kualitas yang mereka tawarkan.

 

Harga sepeda MTB Polygon bisa mulai dari sekitar 5 juta rupiah untuk model-model pemula hingga lebih dari 20 juta rupiah untuk model-model premium.

Nah, dari 7 rekomendasi sepeda MTB paling tanggung di atas, mana yang menjadi incaran lo?

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Cycling

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

COD-an Paket, Ditungguin di Darat Malah Datengnya dari Langit!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nyeleneh! Tamiya Amfibi, Balap Tamiya di Air!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Display Diecast Kece Estetis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Marketing Game Ini Paling Anti-Mainstream!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Niat Jalan Sore, Eh Malah Nemu Deck Tony Hawk!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Skater Paling Beda, Nyalinya Tingkat Dewa!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cakep Bener! Gini Caranya Bikin PS5 Lo Makin Kece!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Congrats Pejuang Indonesia, Cornelius Aritonang! Terus Berjuang Untuk Reza dan Yoga!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Demen Hot Wheels? Yakin Pasti Pengan Nonton Hot Wheels versi Real Car!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Evolusi Lagu dan Musik Di GTA Series, Mana Favorit Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /