Istilah “pembeli adalah raja” ternyata bukan hanya berlaku di masa lampau aja loh Superfriends, karena sampai sekarang pun, pembeli tetap menjadi orientasi seorang penjual dalam mengambil keputusan. Tapi, istilahnya udah lebih keren nih sekarang, jadi 5A Marketing, yang terdiri dari Awareness, Appeal, Ask, Act dan Advocate. Kelima step ini penting banget bagi penjual untuk tau behaviour dari target audience. Yuk, kita pahami satu per satu!
Sederhananya, konsep ini adalah strategi pemasaran yang berorientasi pada manusia atau konsumen terhadap daya tarik akan sebuah merek tertentu. Strategi ini digunakan untuk mengetahui customer journey, dan penting banget dilakukan supaya kita lebih paham dan mengenal lagi siapa dan bagaimana target audience kita berperilaku.
Awareness
Image source: unsplash.com/@alexbemore
Peran media sosial dan “words of mouth” penting banget nih di sini! Di tahap awalan ini, penting bagi seorang konsumen untuk sadar akan kehadiran lo dan bisnis lo, entah bisa dari media sosial yang dimiliki, atau dari strategi pemasaran mulut ke mulut dari orang lain. Kalau orang udah mulai “aware”, tandanya lo harus memanfaatkan channel-channel media sosial dan mulai mengiklankan produk lo nih Superfriends, supaya mereka tertarik untuk datang ke toko online lo.
Appeal
Image source: elements.envato.com/Rawpixel
Wah, ternyata calon konsumen udah datang ke toko dan mulai cari tau tentang lo dan produk lo nih! Kalau gitu, sekarang saatnya untuk terus mengupdate tentang produk-produk lo di semua kanal media sosial, atau di toko elektronik milik lo. Jangan kasih kendor, pokoknya lo harus ada terus dan wajib kasih info penting tentang bisnis dan value lo supaya mereka tetap engage. Di tahap ini, mulai deh soft selling tipis-tipis supaya mereka mulai mempertimbangkan untuk belanja.
Ask
Image source: elements.envato.com/RossHelen
Setelah penasaran, biasanya mereka akan tanya-tanya tentang produk yang lo jual. Ketika mereka udah mulai bertanya, pastikan lo gercep dan langsung penuhi rasa penasaran mereka ya, Superfriends! Maksimalkan customer services lo dengan membuat kesan yang baik, tawarkan solusi dari permasalahan mereka, dan berikan produk terbaik lo!
Act
Akhirnya, yang ditunggu-tunggu terjadi juga, closing nih, Superfriends! Setelah mereka yakin sama apa yang mereka mau beli dengan konten soft selling dan customer services lo saat mereka bertanya, akhirnya konsumen memesan produk lo dan melakukan pembayaran. Eits, tapi gak sampai sini aja loh perjalanan mereka.
Advocate
Terakhir, tapi jadi “customer journey” yang paling penting adalah saat mereka merasa puas dengan segala pelayanan lo mulai dari customer services sampai dengan produk yang mereka dapat, dan mereka akan merekomendasikan toko lo ke orang lain. Tapi begitupun sebaliknya, kalau lo gak memperlakukan konsumen lo dengan baik dan gak serius dalam membuat produk yang berkualitas, maka mereka akan bilang ke orang-orang, bahwa toko dan produk lo gak layak untuk dibeli. Sama-sama direkomendasikan, tapi dalam berbeda hal ya? Nah, udah paham teorinya kan? Yuk, mulai terapkan strategi 5A ini di bisnis lo, Superfriends!
ARTICLE TERKINI
Source:https://kiriminaja.com/blog/menerapkan-konsep-5a-marketing-di-dalam-bisnis-online
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :