Selama menjalankan bisnis, pernah kepikiran gak Superfriends kalau merchandise ternyata bisa menjadi salah satu tools strategi marketing lo? Mungkin terlihat sepele dan dianggap kurang berharga, tapi ternyata merchandise punya peran dan andil besar juga loh sebagai media untuk brand awareness! Gak percaya, baca dulu nih triknya!
Ternyata Merchandise Punya Peran Penting
Image source: shutterstock.com/apops
Kalau menurut lo merchandise gak penting, coba dipikir-pikir lagi, Superfriends! Karena ternyata, merchandise punya peran penting sebagai media promosi bisnis lo. Pertama, merchandise bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan, karena ada kecenderungan di masyarakat dimana mereka membeli sebuah barang hanya untuk membeli merchandise-nya. Kadang karena saking inginnya, meski barangnya mahal, mereka gak menghiraukan hal itu demi mendapatkan merchandise yang mereka incar.
Kedua, merchandise bisa menjadi pembeda antara produk lo dengan produk lainnya yang sejenis. Selain meningkatkan value produk lo, merchandise juga bisa menarik perhatian dan memberikan nilai tambah yang bisa membuat pelanggan lebih memilih produk lo dibanding yang lain.
Selain menunjukkan value, memberikan merchandise juga menjadi cara untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan lo. Dengan cara ini, lo gak hanya bisa membuat pelanggan baru menjadi pelanggan tetap, tapi juga membuat pelanggan tetap menjadi loyal customer lo.
Terakhir, merchandise ternyata mempunyai peran penting sebagai media promosi jangka panjang loh, Superfriends! Dengan memberikan merchandise, itu akan membuat pelanggan lo mengingat tentang produk atau brand lo, dan harapannya mereka akan melakukan pembelian ulang atau retention. Jadi cuan deh!
Apa Aja sih yang Bisa Dijadikan sebagai Merchandise?
Image source: shutterstock.com/melissamn
Ada beragam jenis barang yang bisa dijadikan untuk kebutuhan merchandise. Lo bisa memilih untuk membuatnya dalam jumlah yang besar, atau sedikit. Tapi ingat Superfriends, satu hal yang bisa jadi pertimbangan adalah, kalau lo membuat merchandise dalam jumlah besar, tentu biaya produksinya akan lebih kecil. Dan sebaliknya, jika lo membuat dalam jumlah kecil, maka ongkos produksinya akan besar. Jadi, pertimbangkan dengan baik ya, Superfriends!
Beberapa benda yang biasanya dijadikan sebagai merchandise diantaranya kaos, jaket, totebag atau tas, mug atau tumbler, jam meja atau jam dinding, payung, powerbank, pulpen atau pensil, note atau buku catatan, gantungan kunci dan juga stiker.
Setelah menentukan merchandise apa aja yang akan diproduksi, lo harus memikirkan jenis merchandise apa yang cocok untuk pelanggan lo, dengan melihat demografi dari pelanggan. Kalau kebanyakan pelanggan lo adalah kelas pekerja, maka merchandise yang cocok adalah pulpen, buku, tumbler atau kalender.
Sementara kalau pelanggan lo anak muda, mungkin item seperti kaos, jaket atau totebag lebih menarik perhatian mereka. pokoknya , lo sesuaikan aja dengan karakter pelanggan lo ya, Superfriends, selamat mencoba!
ARTICLE TERKINI
Article Category : News
Article Date : 15/10/2022
Source:https://www.jurnal.id/id/blog/peran-penting-merchandise-sebagai-media-promosi-bisnis/
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :