Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sebuah Identitas: Petualang, Urban Adventurer, Traveller, Atau Turis - yang Mana Diri Lo?

Author :

Article Date : 23/08/2018

Article Category : Wilderness

Sebutan untuk para petualang pada zaman ini sudah semakin banyak. Seakan, akan ada kelas-kelas tersendiri, atau level dari predikat petualang itu sendiri. Sebut saja seperti para petualang, urban adventurer, traveller, dan turis.

Mereka semua suka jalan-jalan, lalu bedanya di mana, ya?

Isu ini ternyata juga berkaitan dengan identitas, atau bahkan narsisme seseorang saat ia tengah keluar dari zona nyamannya, seperti contoh – ketimbang nonton series Netflix, pergi ke pantai dan bereksplorasi di sana.

Tapi sekarang ini, apakah masih ada seseorang yang selalu bereksplorasi di setiap spot petualangan yang ia datangi? Tentu ada, bro! Para petualang, traveller, bahkan urban adventurer, akan mencoba mencari hal menarik lainnya dari brosur atau lembar panduan yang diberikan oleh pihak pengelola dari spot petualangan tersebut. Terkecuali turis, sih. Mungkin mereka hanya menuntut untuk melihat semua keindahan alam yang ada di brosur saja.

Dari sini, sudah bisa melihat bagaimana arah perbedaannya, antara petualang, urban adventurer, traveller, dan turis? Kalau belum, mari dikupas satu persatu.

Petualang, Semacam Indiana Jones?

Sebuah Identitas: Petualang, Urban Adventurer, Traveller, Atau Turis - yang Mana Diri Lo?

Banyak sekali yang mencoba mendefinisikan apa itu petualang. Sebuah subjek dibalik kunjungan ke berbagai spot petualangan yang eksotis atau aksi-aksi ekstrim nan heroik yang dilakukannya, sudah termasuk ke kisi-kisi apa itu petualang.

Tapi apakah cukup hanya itu saja? Karena sebagian beranggapan kalau petualang adalah seseorang yang menikmati perjalanannya keseluruh tempat baru, mungkin yang tidak umum, dan tentu ke tempat-tempat menarik dan eksotis.

Atau, tentang menaklukan tantangan, mempertaruhkan nyawa di tebing batuan yang terjal, curam, serta cadas, atau bahkan mencoba menyebrangi seutas tali di antara jurang yang terpisah – slackline, bisa jadi juga dibilang seorang petualang.

Petualang memiliki arti yang cukup luas juga, bahkan – ada yang mengartikan juga kalau sekedar menghadapi rutinitas, atau melakukan presentasi di depan para pemimpin perusahaan, juga dikenal atau dikategorikan sebagai petualang.

Namun, segala definisi tersebut ternyata mengerucut kepada salah satu faktor yang penting, dan tentu – faktor ini dimiliki oleh setiap petualang. Keberanian, adalah faktor yang mengantarkan passion, dan keinginan kuat untuk mencoba segala sesuatu hal yang baru. Apapun itu, dan seberapa besar resikonya, tentu ia akan terobos demi sebuah tujuan.

Pembuktian diri. Mendapatkan posisi. Pekerjaan yang dicintai.

Urban Adventurer = City Explorer!

Sebuah Identitas: Petualang, Urban Adventurer, Traveller, Atau Turis - yang Mana Diri Lo?

Ini juga merupakan salah satu subjek petualang yang akhirnya digunakan oleh banyak orang sebagai identitas petualangan mereka. Secara harfiah, Urban Adventurer adalah sosok yang menyukai petualangan dalam kota.

Ya, mereka jarang untuk terjun langsung ke alam. Mereka bahkan tidak butuh untuk membuktikan diri mereka sebagai petualang dengan cara memuaskan adrenalin mereka melalui olahraga atau aksi ekstrim seperti kayaking atau panjat tebing.

Mereka mempunyai pemikiran bahwa olahraga dan aksi ekstrem adalah hal-hal yang menarik, namun – mereka justru akan memilih untuk menonton saja di Netflix documenter olahraga atau aksi ekstrem tersebut, dan hanya membayangkan saja kalau suatu hari nanti – entah kapan, mereka akan melakukan itu.

Oleh karena itu, mereka lebih suka berpetualang secara lokal saja ketimbang mereka harus terjun langsung ke alam bebas dan melakukan hal-hal atau aksi ekstrem. Jadi, jangan heran jika mereka lebih suka bereksplorasi di kota-kota, mendatangi museum, bahkan melihat-lihat patung atau monumen bersejarah.

Hal tersebut diperkuat oleh Lucinda Grange, seorang fotografer, dan juga urban adventurer yang akan membuat perut lo merasa mual dan tidak enak karena melihat hasil foto-foto buruannya saat bereksplorasi di kota-kota.

Salah satu fotonya yang terkenal, dengan menggunakan busana ala sekretaris kantoran, ia berada di ujung patung elang yang ada di lantai paling atas dari gedung Chysler – dan ia duduk dengan santai dan serta anggun.

Bisa jadi urban adventurer adalah yang seperti Linda, tetapi bisa juga tidak. Linda pernah mengatakan bahwa memanjat gedung tinggi yang manusia buat mungkin tidak akan dilakukan oleh orang pada umumnya, tetapi dia, selalu suka untuk melihat seberapa jauh dirinya bisa memanjat gedung-gedung pencakar langit.

Oleh karena itu, Linda pernah mengambil foto yang mungkin, orang biasa akan langsung pusing dan merasa tidak enak karena ketinggian yang ekstrem tersebut. Ya, Linda tengah berada di ujung gedung Times Square – NYC.

Urban Adventurer. Petualang Kota, Maybe a City’s Eagle Eyes.

Traveller: Can’t Live Without You (Re: Gadgets)

Sebuah Identitas: Petualang, Urban Adventurer, Traveller, Atau Turis - yang Mana Diri Lo?

Perkembangan teknologi zaman sekarang membuat siapapun melakukan pekerjaannya dengan mudah. Tidak hanya pekerjaan, jalan hidupnya – bahkan jadi lebih mudah, termasuk untuk para traveller. Traveller adalah sebuah subjek atau identitas untuk mereka yang senang datang ke berbagai spot petualangan, tentu dengan menggunakan gadget untuk memudahkan seluruh perjalanan mereka.

Untuk mereka yang akan datang sebuah tempat, semisal – Bali, tentu mereka akan langsung gunakan gadgetnya, atau minimal smartphone untuk melihat atau memprediksi ‘keindahan’ yang ada di sana. Bisa jadi juga, mereka langsung akan buka beberapa aplikasi, untuk memudahkan perjalanan mereka.

Semisal, untuk penginapan murah, mungkin dan bisa jadi – serta walau tidak semua, Airbnb masih menjadi pilihan para traveller untuk mendapatkan penginapan murah. Kemudian, ciri khas traveller yang jelas membedakan mereka dengan turis adalah masih berkeinginan menyatu dengan warga setempat atau lokal.

Traveller masih menjunjung tinggi kearifan lokal yang mereka temukan di sana. Sebagai contoh, mereka tentu akan lebih memilih makanan khas daerah atau spot petualangan tersebut dibandingkan harus berusaha keras untuk mencari junkfood store agar bisa makan. Ups!

Turis: Permisi, Jangan Menghalangi Jalan, Ya!

Sebuah Identitas: Petualang, Urban Adventurer, Traveller, Atau Turis - yang Mana Diri Lo?

Tentu, suka sebal dengan beberapa gerombolan orang yang suka jalan-jalan dengan kelompoknya dan ternyata menutupi jalan umum. Huh!

Turis, subjek terakhir yang akan dikupas kali ini. Tidak ada yang salah dengan subjek ini, walau terkadang perilakunya akan terkesan ‘lucu’ untuk petualang, urban adventurer, dan traveller. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cukup mudah untuk melihat gerombolan tersebut turis atau bukan, bisa dilihat dari pakaian mereka yang santai, biasanya hanya pakai sandal jepit – dan terus memegang brosur spot petualangan tersebut.

Biasanya, dipimpin oleh seorang pemandu, turis akan diarahkan untuk mencoba berbagai macam hal baru di spot petualangan tersebut. Tidak terkecuali saat mencoba makanan lokal. Turis memang berani untuk coba kearifan lokal tersebut walau berakhir dengan akting seperti menaruh granat di dalam mulutnya.

Wah..wah, bagaimana bro? Dari empat subjek yang sudah disebutkan di atas, apakah sudah ada yang masuk dengan kriteria pada dalam diri lo? Petualang, urban adventurer, traveller, atau turis kah diri lo itu?

 

Feature Image - getaway.co.za

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /