Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Hal Unik Ini  Bisa Lo Lakukan di Gunung Parang, Purwakarta!

Author :

Article Date : 04/08/2018

Article Category : Wilderness

Keindahan alam di Indonesia memang sudah sangat terkenal, baik itu lautan, dataran rendah hingga dataran tinggi memang terdapat di negara ini. Pegunungan juga merupakan sebuah wisata alam yang banyak diminati oleh para pecinta alam. Nah, salah satu gunung di Purwakarta yang bernama Gunung Parang merupakan sebuah tempat wisata yang patut untuk lo datangi.

Kawasan Gunung Parang pun menyediakan beberapa fasilitas yang mampu membuat liburan lo semakin menyenangkan. Seperti aktivitas petualang panjat tebing yang memang banyak diburu oleh pendaki lokal maupun mancanegara. Oleh sebab itu, tak heran apabila gunung ini banyak sekali diminati oleh penyuka tantangan panuh adrenalin.

[readalso url=18330]

Bukan hanya itu saja yang bisa lo dapatkan, tentunya dengan keindahan alam yang memikat akan membuat lo sekaligus dapat menghilangkan rasa penat lo akibat hiruk pikuk perkotaan yang terus lo dapatkan selama keseharian lo. Daripada semakin penasaran mengenai gunung ini, langsung saja simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini dan langsung rencanakan waktu lo untuk langsung berkunjung ke Gunung Parang bro!

Wisata Gunung Parang

Pendakian Tebing di Gunung Parang. Credit: blog.traveloka.com

Ada baiknya sebelum membahas lebih jauh mengenai gunung ini sendiri, untuk mengetahui dimana letak dari tempat wisata alam ini. Wisata Gunung Parang terletak di Desa Sukamulya, Kecamtan Tegalwaru atau sekitar 28 km dari Kota Purwakarta dan 79 km dari Bandung. Nah, untuk bisa sampai di lokasi ini lo bisa memilih salah satu dari dua jalur alternatif.

Jalur pertama yang bisa lo lalui ialah melalui gerbang tol Jatiluhur, kemudian masuk ke jalur arteri Sulatani. Kemudian masuk ke kawasan Cilalawi, lalu mengarah ke Desa Tajur Sindang. Jalur kedua yakni melewati Kecamatan Plered. Sayangnya di jalur kedua ini lo akan melewati jalan rusak di kawasan Cisalada namun pemandangan alamnya sangat indah.

Nah, untuk masuk ke dalam kawasan Gunung Parang ini, lo tidak akan dikenakan biaya alias gratis, namun bilaman lo ingin menggunakan beberapa fasilitas yang ada di kawasan wisata ini tentunya terdapat sebuah harga yang harus lo bayar. Untuk nominal harganya pun cukup beragam, mulai dari Rp. 150 ribu hingga Rp. 750 ribuan tergantung dengan pilihan fasilitass yang hendak lo gunakan.

Spot Panjat Tebing Tertinggi

Pendakian di Gunung Parang. Credit: rovinida.wordpress.com

Satu hal yang membuat Gunung Parang cukup menarik di mata para pemanjat tebing ialah dengan tersedianya sebuah medan yang cukup menantang. Yaap di Gunung Parang terdapat sebuah spot panjat tebing tertinggi di Indonesia. Hal itu pun diperkuat dengan kondisi kalau Gunung Parang sendiri memiliki ketinggian sekitar 930 mdpl.

Gunung Parang juga termasuk ke dalam jenis gunung batu andesit, bukan hanya di Indonesia ternyata juga merupakan spot tertinggi panjat tebing tertinggi kedua di Asia. Oleh karena itu tak heran apabila Gunung Parang menjadi arena panjat tebing favorit para pendaki.

Nah, Gunung Parang memiliki tiga puncak yang berbeda, yaitu Tower I, Tower II dan Tower III. Dari setiap puncak tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sebagai jalur panjat tebing dan pendakian. Apakah lo sudah memiliki tekad yang kuat untuk menaklukan tantangan ini bro?

Pemandangan yang Indah Dari Puncak

Pemandangan dari Puncak Gunung Parang. Credit: liburmulu.com

Pada saat lo sudah bisa menaklukan tantang utama di Gunung Parang ini, tentunya keindahan alam yang memukau akan menanti. Di atas titik tertinggi di gunung ini pun lo dapat melihat sebuah panorama ata pemandangan alam yang sangat indah. Bahkan di atas puncak ini juga bisa mendapatkan lanskap Kota Purwakarta seperti hamparan persawahan yang hijau dan pemukiman warga.

Selain itu pula, lo juga dapat melihat Sungai Citarum, Waduk Jatiluhur serta gunung-gunung batu andesit lainnya seperti Gunung Bongkok dan Gunung Lembu dari kejauhan. Bukan hanya itu saja keunikan dari Gunung Parang ini, apabila lo bisa mendaki gunung ini pada saat dini hari dengan cuaca yang cerah, maka lo bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari pinggir tebing. Walaupun diperbolehkan untuk mendaki pada sat dini hari, namun lo tetap harus mendapatkan pengawasan dari pelatih setempat yaa.

Aktivtias Lainnya di Lereng Tebing

Suasana di Lereng Gunung Parang. Credit: blog.traveloka.com

Di Gunung Parang sendiri bukan hanya dengan pendakian yang cukup ekstrem, namun lo bisa melakukan aktivitas lainnya di lereng tebing. Lo bisa melakukan tyrolean traverse. Tryolean traverse merupaka aktivitas menyeberang antar puncak dengan menggunakan seutas tali. Lo pun bisa membentangkan hammock pada tali tersebut untuk menikmati pesona alam dari ketinggian puncak.

Namun tenang saja bro, mengenai keamanan, tentunya aktivitas ini sudah terjamin keamanannya karena ada pemandu professional yang akan mengawasi segala aktivitas lo. Kegiatan tersebut pun akan memberikan pengalaman berbeda dan tak terlupakan. Jadi pada saat berkunjung ke Gunung Parang, jangan lupa untuk mecoba aktivitas satu ini yaa bro.

Fasilitas dan Akomodasi di Gunung Parang

Fasilitas dan Akomodasi Di Gunung Parang. Credit: blog.traveloka.com/

Mengenai fasilitas, di Gunung Parang sendiri sudah cukup memadai bro. Karena memang di sekitar base camp, lo akan menemukan lokasi parkir, toilet umum dan warung-warung kecil yang menyediakan beragam camilan dan minuman.

Buat lo yang tidak membawa perlengkapan pendakian pun tak perlu khawatir. Di sekitar kaki guung, banyak operator aktivtias outdoor yang menawarkan jasa penyewaan fasilitas pendakian dan memanjat tebing. Belum lagi lo akan ditemani oleh seorang pemandu sehingga pendakian akan terasa lebih aman.

[readalso url=18347]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Parang di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari setiap tempat wisata alam yang telah lo kunjungi yaa. Semangat selalu bro!

 

Source

 

Featured Image: piknikdong.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /