Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Daya Tarik dari Pulau Wetar yang Merupakan Pulau Terluar di Indonesia!

Author :

Article Date : 12/07/2019

Article Category : Wilderness

Tentunya lo sudah tahu kalau Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar, sehingga ada banyak sekali pulau-pulau di dalam negara ini, mulai dari yang kecil hingga berukuran besar pasti bisa lo dapatkan. Bahkan beberapa dari pulau-pulau tersebut masih belum dihuni loh. Berbicara mengenai pulau, apakah lo sudah tahu Pulau Wetar?

Yaap, pulau yang terletak di provinsi Maluku ini dahulunya masuk ke dalam wilayah administratif Timor Leste, namun sudah menjadi satu dengan Indonesia. Memang ukurannya kecil, namun keindahan alam yang ada di dalamnya sangatlah memukau. Tak heran apabila banyak dari wisatawan yang sangat tertarik untuk datang ke sana.

[readalso url=20189]

Memang pulau ini tidak memiliki eksistensi yang tinggi, untuk itu di dalam artikel ini akan membahas daya tarik seputar Pulau Wetar yang perlu untuk lo ketahui. Karena akan menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan apabila lo berkunjung ke pulau terluar di Indonesia. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat!

Daya Tarik dari Pulau Wetar – Berbatasan dengan Timor Leste

Daya Tarik dari Pulau Wetar – Berbatasan dengan Timor Leste

5 Daya Tarik dari Pulau Wetar yang Merupakan Pulau Terluar di Indonesia! Credit: reargha.com

Yaap, sebagaimana yang sudah diketahui kalau pulau ini terletak paling luar di Indonesia, tak heran apabila dekat dengan Timor Leste. Termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku ini juga memiliki panorama alam nan indah serta mampu memanjakan mata lo.

Selain indah, pulau ini juga berbatasan langsung loh dengan Timor Leste, sehingga kalau lo berkujung ke pulau ini, lo bisa melihat seperti apa Timor Leste itu sendiri. Seru bukan apabila lo memiliki kesempatan untuk merasakan seperti apa berada di pulau terluar Indonesia.

Pulau Wetar sendiri memiliki empat kawasan yang terbagi atas Kecamatan Wetar, Wetar Barat, Wetar Timur dan Wetar Utara. Pulau ini juga memiliki ibu kota loh yaitu Ilwaki. Bentangan alam yang masih asri menjadi daya tarik utamanya ketika lo berkunjung ke sana.

Daya Tarik dari Pulau Wetar – Mengenal Karakteristik Pulau

Daya Tarik dari Pulau Wetar – Mengenal Karakteristik Pulau

5 Daya Tarik dari Pulau Wetar yang Merupakan Pulau Terluar di Indonesia! Credit: kompasiana.com

Danau Tihu merupakan salah satu daya tarik primadona yang ada di sana, sebab danau ini sangat indah beserta menyimpan panorama alam yang belum tentu bisa lo dapatkan di lain tempat. Bahkan lo juga bisa merasakan spesies mangrove di pesisir pantai kawasan ini.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau Pulau Wetar terletak di tengah Laut Banda, sehingga lo bisa mendapatkan ekosistem terumbu karang merata di lautan pulau ini, terutama di pesisir selatan dan utara. Selain itu lo juga menemukan beberapa biota laut sebut saja ikan kembung, kerapu, tuna dan ekor kuning.

Bisa dikatakan pula kawasan pulau ini juga cocok untuk lo bisa memancing ikan-ikan serta melepaskan rasa penat dari kehidupan sehari-hari. Karena kondisi di pulau ini pun sangat jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan masih sedikit kendaraan yang ada di dalamnya. Sehingga udara segar pun menjadi hal yang sangat lumrah di sana.

Daya Tarik di Pulau Wetar – Danau Tihu

Daya Tarik di Pulau Wetar – Danau Tihu

5 Daya Tarik dari Pulau Wetar yang Merupakan Pulau Terluar di Indonesia! Credit: youtube.com

Sebagai tempat wisata primadona, tentunya Danau Tihu memiliki daya tarik yang berbeda dengan lainnya. Perlu untuk lo ketahui pula kalau danau ini merupakan satu-satunya yang ada di Pulau Wetar dan terletak di atas gunug dengan ketinggian 6000 kaki.

Banyak yang mengatakan pula dahulu, danau ini merupakan habitat buaya air tawar. Bahkan juga ada mempercayai kalau danau ini merupakan kawasan keramat. Tak heran apabila kondisnya pun masih sangat terjaga serta masih sedikit warga sekitar yang datang untuk berwisata di danau ini.

Legenda turun menurun menuturkan kalau dahulu di kawasan ini hidup raksasa jahat yang dikalahkan dua saudara kembar. Namun setelah itu, kedua saudara kembar tersebut tiba-tiba menghilang. Dari situlah, diyakinni ada buaya berkepala dua yang hidup dalam danau. Dipercaya pula, kalau buaya tersebut ialah jelmaan kedua saudara tersebut.

Daya Tarik di Pulau Wetar – Kehidupan Warga Sekitar

Daya Tarik di Pulau Wetar – Kehidupan Warga Sekitar

5 Daya Tarik dari Pulau Wetar yang Merupakan Pulau Terluar di Indonesia! Credit: travelingyuk.com/

Setelah sudah mengetahui seputar keindahan serta tempat wisata yang ada di pulau ini, tentunya lo juga perlu tahu bagaimana warga di dalam pulau bertahan hidup. Sebagian besar dari warga yang tinggal di sini ialah penduduk asli.

Sebagian lainnya merupakan pendatang dari Nusa Tenggara Timur, Timor Leste dan kawasan lain. Untuk mata pencaharian mereka sebagian besar ialah melaut, beternak babi atau kambing dan bercocok tanam. Mereka pun hidup dalam kesederhanaan.

Transportasi umum yang masih terbatas beserta belum adanya akses listrik memang membuat pulau ini seperti hidup di masa lampau. Namun setidaknya sudah ada jalan aspal di jalur utama Pulau Werar. Buat lo yang akan datang ke pulau ini pasti akan merasakan keramahan dari para penduduk aslinya.

Mereka pun tidak malu untuk menyambut lo dengan suduhan makanan dan minuman sebagai tanda kalau lo diterima di pulau tersebut. Tak heran apabila pulau ini pun merupakan destinasi yang tepat apabila lo ingin mendapatkan ketenangan serta jauh dari kebiasaan lo sehari-hari.

Daya Tarik di Pulau Wetar – Akese Menuju ke Pulau Ini

Daya Tarik di Pulau Wetar – Akese Menuju ke Pulau Ini

5 Daya Tarik dari Pulau Wetar yang Merupakan Pulau Terluar di Indonesia! Credit: desamoningpulauwetar.wordpress.com

Perlu diakui memang untuk akses ke pulau ini terbilang terbatas, sehingga jangan heran apabila lo menemukan sedikit rintangan. Namun ketika lo sudah berada di Pulau Wetar, rasa lelah lo akan terbayarkan dengan kondisi alamnya serta kebaikan dari warga sekitar.

Kembali lagi angkutan umum yang belum ada hingga juga memiliki jarak cukup jauh dari Provinsi Maluku menjadi kendalanya. Oleh sebab itu, lo bisa memulai perjalanan lo dari provinsi terdekat. Selamat menikmati perjalanan lo, semoga tiba di Pulau Wetar dengan selamat!

**

[readalso url=20186]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pulau Wetar di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian pulau ini yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia!

Source: travelingyuk.com

 

 

Featured Image: ilwaki.desa.id
 
 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /