Setiap pebisnis pasti punya trik atau strategi marketing yang jadi andalannya untuk memikat datangnya pelanggan yang bisa menghasilkan pemasukan. Salah satu yang paling sering banget dilakukan adalah memberikan diskon, bahkan dalam rentang waktu yang cukup sering, dan diskon yang cukup besar. Tapi, takut boncos gak sih? Supaya gak rugi, coba terapkan trik berikut saat lo menerapkan pemberian diskon ke pelanggan lo.
Harus Dipersiapkan Dulu
Image source: elements.envato.com/Tirachard
Penting nih, sebelum lo bakar duit buat ngasih promo-promo ke pelanggan! Riset dulu, bikin plannya dulu, eksekusi, sambil dievaluasi apakah plan lo berjalan dengan baik. Kalau gak direncanakan, khawatir strategi bagi-bagi diskon lo ini malah bikin rugi karena gak ada lagi kelanjutan rencana setelah memberikan diskon ke pelanggan. Jadi, pastikan rencana lo sudah matang dan benar-benar siap ya, Superfriends!
Jangan Asal dan Kebanyakan Ngasih Diskon
Image source: elements.envato.com/leungchopan
Setelah lo bikin plan di atas, mungkin lo akan ketemu angka diskon yang pas buat dijadikan promo. Ada teorinya sendiri nih, dan cukup rumit perhitungannya. Intinya, kalau margin penjualan lo 20 persen dan lo mau kasih diskon 10 persen, maka lo harus meningkatkan jumlah produksi lo sebanyak 100 persen, dan begitu seterusnya.
Nah setelah tau angkanya, lo harus mempertimbangkan berapa kali lo akan memberikan diskon dalam jangka waktu tertentu. Idealnya nih Superfriends, diskon itu diberikan sebanyak empat kali dalam setahun. Dengan waktu ini, lo bisa mempersiapkan promo diskon selama 3 bulan untuk hasil yang maksimal. Jadi, jangan kebanyakan ngasih harga diskon dan keseringan ngasih diskon ya, Superfriends, karena gak bagus juga buat penjualan produk lo kedepannya.
Mainkan Psikologi Harga
Image source: elements.envato.com/AnnaStills
Gak cuma menentukan harga produk aja yang ada triknya, menentukan diskon untuk produk juga ada triknya loh, Superfriends! Dengan menggunakan psikologi harga, lo bisa membuat pelanggan yang tadinya gak minat untuk beli, jadi tergugah untuk membeli karena kena jeratan psikologi harga ini.
Contohnya, lo punya produk dengan harga Rp20.000, dan lo mau memberi potongan Rp8.000. Apakah dengan harga Rp12.000 orang jadi tertarik? Belum tentu. Supaya orang tertarik, lo bisa gunakan kata “Diskon 40%” untuk memainkan psikologi pelanggan. Tentunya cara ini bisa lo lakukan dengan melakukan riset dulu ya untuk mengetahui behaviour pelanggan lo. Dengan behaviour yang berbeda, bisa menggunakan cara yang berbeda pula tentunya.
Diskon Bukan Akhir dari Segalanya
Image source: elements.envato.com/Pressmaster
Ingat, saat lo bingung kenapa produk lo belum laku juga, memberikan diskon bukanlah cara terakhir, Superfriends. Tentunya, lo harus melakukan effort lebih besar lagi, dan melakukan lebih banyak riset lagi untuk menentukan target lo, dan juga strategi marketing apalagi yang cocok buat menarik customer. Semangat, Superfriends!
ARTICLE TERKINI
Source:https://www.instagram.com/dnvb.id/
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :