Di era internet dan popularitas media sosial seperti sekarang, promosi bisnis lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan media online. Artinya, perusahaan tidak hanya mengandalkan televisi, radio, dan media cetak saja.
Tentunya tren ini membawa angin positif bagi pelaku usaha kecil dan menengah karena bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Apalagi semakin banyak media sosial yang menyediakan tempat khusus untuk promosi dan berjualan online.
Oleh karena itu, lo harus memaksimalkan penggunaan media online untuk melakukan promosi bisnis sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang lagi. Dengan demikian, peluang mendapatkan keuntungan akan semakin bertambah.
Lantas, apa saja media online yang bisa lo manfaatkan untuk promosi bisnis? Cek daftar lengkapnya di bawah ini.
Image source: elements.envato.com/LightFieldStudios
Siapa yang nggak tahu facebook? Media sosial milik Mark Zuckerberg ini masih tetap eksis sampai sekarang dan menjadi pilihan banyak orang di Indonesia untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, saudara.
Kalau melihat tren penggunaannya, Facebook sangat bisa dijadikan sebagai media online untuk promosi bisnis. Di sini lo bisa membagikan konten video, foto, hingga cerita untuk mengundang calon konsumen baru.
Selain itu, lo juga bisa membuat grup khusus yang berisi konsumen-konsumen setia bisnis lo untuk memastikan komunikasi tetap terjaga. Dengan begitu, lo bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada konsumen.
Image source: unsplash.com/@brett_jordan
Media promosi online yang banyak digunakan selain Facebook adalah Instagram. Seperti yang lo tahu, sekarang Instagram dimanfaatkan oleh jutaan bisnis di dunia untuk berbagi konten video dan foto.
Selain itu, lo juga bisa memanfaatkan Instagram Ads untuk memaksimalkan promosi dan menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, bisnis lo akan semakin terkenal dan peluang mendapatkan konsumen baru semakin besar.
Nggak cukup sampai di situ, lo bisa memainkan games atau membagikan polling kepada konsumen melalui Instagram Story untuk mempererat hubungan dengan pelanggan setia. Dengan begitu, mereka nggak akan kabur ke kompetitor.
Image source: unsplash.com/@brett_jordan
Seperti Facebook, Twitter termasuk media sosial yang bertahan sampai sekarang, meskipun tren penggunaannya berbeda dengan Facebook atau Instagram. Oleh karena itu, cara promosi bisnis di media sosial yang satu ini agak berbeda dengan yang lainnya.
Lo harus rajin berinteraksi secara langsung dengan pengguna twitter lain melalui fitur-fitur yang disediakan oleh twitter. Dengan meningkatkan interaksi, lambat laun brand perusahaan lo akan mulai dikenal dan mendapatkan perhatian dari pengguna Twitter.
Selain itu, Twitter lebih sering dipakai untuk melakukan promosi secara soft selling daripada hard selling. Jadi siapkan ide kreatif dan strategi tepat untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor, ya!
Marketplace
Image source: elements.envato.com/LunaKate
Media promosi online yang bisa lo manfaatkan selanjutnya adalah marketplace. Sekarang ada banyak sekali situs marketplace untuk lo gunakan, mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan yang lainnya.
Lo bisa fokus melakukan penjualan di salah satu marketplace maupun memanfaatkan semuanya untuk promosi bisnis. Ketika membuat toko online sendiri di marketplace, lo bisa dengan mudah membuat promosi-promosi untuk menarik calon konsumen baru.
Misalnya mengadakan promosi di tanggal kembar seperti 11.11 atau 12.12, atau lo bisa membagikan kupon diskon khusus kepada followers. Yang paling penting, jangan lupa untuk mengaktifkan promo gratis ongkir, ya!
TikTok
Image source: unsplash.com/@solenfeyissa
Dibanding yang lain, TikTok termasuk media online yang baru populer dalam tiga tahun ke belakang. Meski begitu, TikTok berhasil menjadi salah satu media sosial terbesar yang digunakan oleh banyak orang untuk melakukan promosi bisnis.
Terlebih sejak tahun 2021 kemarin, ada TikTok Shop yang secara khusus mewadahi para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya kepada pengguna TikTok. Biasanya promosi di media sosial yang satu ini dilakukan dengan format video pendek berdurasi 1 sampai 5 menit saja.
Cara ini terbilang efektif karena video bisa memuat banyak informasi dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, lo juga bisa berinteraksi secara langsung melalui fitur TikTok Live.
ARTICLE TERKINI
Article Category : Tips
Article Date : 12/12/2022
Source:https://www.harmony.co.id/blog/5-contoh-media-promosi-online
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :