Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/09/2023

Article Category : News

Arung jeram adalah aktivitas luar ruangan yang cukup menantang, dengan mengarungi jeram-jeram sungai menggunakan rakit atau perahu. Bagi kamu yang suka dengan aktivitas yang memacu adrenalin, pasti sudah nggak asing dengan arung jeram. Biasanya, arung jeram dilakukan pada arung atau aliran air kasar dengan derajat berbeda-beda.

Selama aktivitas arung jeram ini berlangsung, kamu akan menggunakan perahu karet atau rakit secara berkelompok menghadapi berbagai arus air dan rintangan alami seperti batu-batu besar, jeram-jeram, hingga air terjun.

Tak hanya memacu adrenalin, ternyata kegiatan ini juga menawarkan manfaat bagi penikmatnya. Apa saja manfaat dari arung jeram? Lalu, di mana lokasi arung jeram favorit di sekitar Jabodetabek? Simak pembahasan lengkapnya ya.

Manfaat Arung Jeram

Arung jeram memiliki berbagai manfaat, baik itu secara fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat dari arung jeram.

1. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Arung jeram melibatkan aktivitas fisik yang intens, seperti mendayung dan menavigasi perahu di atas air. Ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, dan daya tahan fisik. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat arung jeram juga dapat membantu membentuk otot-otot inti dan meningkatkan kelincahan tubuh, seperti otot punggung, lengan, bahu, dan dada. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum arung jeram agar otot sendi tidak kaku atau kram.

2. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Aktivitas ini dilakukan dengan banyak gerakan, otomatis jantung juga ikut berpacu, berdetak lebih sehat, dan menjadi lebih sehat. Selain itu, udara segar yang kamu hirup selama arung jeram di sungai juga jauh dari polusi, yang membuat paru-paru lebih sehat karena terisi dengan oksigen yang berkualitas.

3. Stress Relief

Menghabiskan waktu di alam terbuka dan berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang menyenangkan seperti arung jeram dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan. Suara air mengalir, terpaan kehangatan dari sinar matahari, serta udara dan lingkungan alami yang tenang dapat memberikan efek relaksasi. Cara ini bisa membantu menghilangkan stres dan penat dari rutinitas sehari-hari.

4. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama

Arung jeram membutuhkan kemampuan navigasi yang cermat untuk menghindari rintangan dan mengarahkan perahu ke jalur yang benar. Untuk itu, kamu juga harus bekerja sama dengan baik sebagai tim untuk mengatasi arus air dan menjaga keseimbangan perahu. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama dalam kelompok. Secara otomatis, hubungan antara orang-orang yang melakukan aktivitas ini bersama-sama juga menjadi lebih kuat.

5. Menguji Mental dan Emosi

Arung jeram akan mengajarkan kamu cara untuk mengatasi rasa takut, mengambil tindakan dengan cepat dan cermat, serta tetap tenang di bawah tekanan. Kemampuan ini dapat berguna dalam mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan ketangguhan mental.

6. Meningkatkan Percaya Diri

Petualangan dengan arung jeram akan menstimulasi rasa keberanian dan kepercayaan diri. Dengan melakukannya, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri karena telah berani mencoba dan berhasil mengarungi derasnya sungai. Keberhasilan yang dicapai bisa membuat kamu lebih percaya diri dan lebih menghargai diri sendiri.

7. Pengalaman Baru

Arung jeram adalah pengalaman petualangan yang menyenangkan dan berbeda dari aktivitas sehari-hari. Aktivitas ini juga tidak bisa kamu lakukan dengan mudah dan harus dengan panduan profesional. Nah, ini dapat membangkitkan semangat petualangan, rasa ingin tahu, dan keinginan untuk menjelajahi lingkungan baru.

Wisata Arung Jeram Terdekat

Untuk kamu yang tinggal di wilayah Jabodetabek, berikut adalah beberapa rekomendasi lokasi wisata arung jeram terdekat.

1. Sungai Cisadane

Sungai Cisadane menawarkan berbagai tingkat kesulitan arung jeram, mulai dari yang cocok untuk pemula hingga tingkat menengah. Meskipun berada relatif dekat dengan kota, Sungai Cisadane menawarkan pemandangan alam yang asri. Kamu akan melewati hutan, pepohonan, dan pemandangan sungai yang indah.

2. Sungai Cicatih

Sungai Cicatih terletak di daerah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Kegiatan arung jeram di Sungai Cicatih menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan mendebarkan di tengah keindahan alam pegunungan. Terletak sekitar 3-4 jam perjalanan dari Jakarta, Sungai Cicatih memiliki jeram-jeram yang cocok untuk pemula dan menengah. Selain arung jeram, tempat ini juga menawarkan trekking dan aktivitas alam lainnya.

3. Sungai Kalibaru

Untuk warga Jakarta dan sekitarnya, Bogor bisa jadi pilihan wisata arung jeram terbaik. Bogor memiliki banyak sungai dengan kontur yang cocok untuk olahraga yang memacu adrenalin ini. Salah satu sungai yang paling populer untuk arung jeram di Bogor adalah Sungai Kalibaru.

Kegiatan arung jeram di sungai ini biasanya didominasi oleh kalangan pemuda yang masih pemula. Dari segi keamanan, sungai ini memiliki aliran jeram yang lebih tenang dan tidak terlalu deras. Batu-batu yang berada di tengah sungai juga memiliki ukuran sedang alias tidak terlalu besar.

4. Sungai Cimanuk

Sungai yang berada di antara hutan dan persawahan ini cukup terkenal di Kabupaten Garut. Lokasinya indah dan cocok untuk kalangan pemula. Arusnya tidak terlalu besar dan ada pemandu yang siap menemani. Peralatan safety di Sungai Cimanuk juga lengkap, sehingga cocok untuk berbagai kalangan.

5. Sungai Palayangan

Bagi kamu yang sudah berpengalaman, bisa mencoba arung jeram di Sungai Palayangan. Sungai ini memiliki banyak batuan dengan berbagai ukuran yang berada di tengah-tengah sungai. Walaupun memiliki jarak yang singkat, sungai ini memiliki arus air yang sangat deras.

Tanpa disadari, ternyata ada banyak manfaat arung jeram yang bisa kamu dapatkan kan? Tertarik untuk mengikuti arung jeram di liburan mendatang? Kamu bisa mencobanya di salah satu lokasi yang sudah disebutkan di atas ya.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme #sungai

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /